Tip bugar selama puasa

azka“Ayo yang kita renang, khan sudah lama tidak berenang” rengek Azka minta renang

“Emang Azka mau renang kemana” jawabku

“Yang ada prosotannya” Jawab Azka

Itu sepenggal percakapan dengan Azka beberapa saat lalu, sepulang dia sekolah TK, sayangnya minggu lalu tidak sempat berenang karena Azka wisuda TK dan sorenya less ngedrum. Mudah-mudahan akhir minggu ini bisa berenang sebelum memasuki bulan suci Ramdahan minggu depan.

Ya, puasa dan berhenti berolahraga adalah bak dua bersaudara yang sangat akrab, sehingga kemana saja mereka akan bergandengan.

NaifaTapi apa mungkin sich, puasa tapi tetap berolah raga dan badan tetap bugar tidak lemes, loyo, lungkrah dan sejenisnya. Jawabnya adalah kenapa tidak. Meski puasa dan badan lemas itu bersaudara tetapi tidak berarti kita tidak bisa bugar meski sedang puasa. Kita perlu mengatur pola, makan, tidur dan gerak sebaik-baiknya agar badan bisa tetap terasa bugar. Trus bagaimana caranya.

Berikut beberapa tips yang bisa dijalani:

  • Tetap makan sahur. Adikku paling malas kalau sahur, sehingga biasanya dia cuma bangun minum segelas teh manis yang sudah disiapkan ibuku.Ya, sering kali kita merasa males bangun untuk makan sahur, kalaupun sahur selera tidak ada sehingga kita hanya makan sedikit atau bahkan hanya minum segelas teh manis seperti yang dilakukan adikku. Tidak sahur berarti tidak punya cadangan energi untuk aktivitas seharian, maka badan jadi lemas. Tetaplah makan sahur meskipun mata terasa lengket tidak mau dibuka.
  • Tetap berolahraga. Meski puasa, jangan tinggalkan olah raga. Saat aku masih senang olah raga tenis lapangan, biasanya kulakukan sehabis sholat shubuh setelah cukup terang untuk melihat larinya bola, namun pasti tidak akan bermain lama dan berlarian karena takut kelelahan. Olah raga tidak harus yang berkeringat sampai bercucuran seperti kalau tidak sedang menjalankan ibadah puasa. Justru aktivitas fisik tetap dibutuhkan untuk menjaga kelancaran peredaran darah agar kita tidak mudah loyo. Bahkan sholat tarawih selain ibadah juga sebagai sarana menjaga kebugaran jasmani karena saat melakukan sholat tarawih sama dengan membakar kalori. Kapan waktu berolahraga, disesuaikan dengan masing-masing kondisi kita, pilih yang enak dan nyaman untuk dilakukan.
  • makan bersamaMengakhirkan waktu sahur. Sebagaimana tuntunan Rasul untuk mengakhirkan waktu sahur, kalau kita tinjau dari sisi cadangan energi bisa kita pahami bahwa yang sahur duluan cadangan energinya lebih dulu habis dibanding yang mengakhirkan waktu sahur. Tapi meski menjaga cadangan tidak perlu makan sampai kekenyangan.
  • Perbanyak serat. Serat akan menahan kenyang lebih lama dibanding dengan gula dan karbohidrat, sehingga meski susah untuk mengkonsumsi buah dan sayur pada waktu sahur, sebaiknya kita menjaga agar konsumsi serat kita cukup.
  • Konsumsi buah dan sayur. Saat kita puasa, porsi makanan yang kita santap tidak akan sebanyak saat tidak puasa, sehingga gizi dan ragam vitamin dan mineral perlu kita cukupi dengan mengkonsumsi buah dan sayur yang beraneka warna. Mengkonsumsi buah dan sayur saat berbuka dan sahur adalah merupakan salah satu strategi mengatur makan selama puasa.
  • Kurangi minum kopi dan teh. Kopi dan teh bersifat diureik, sehingga cadangan air kita lebih cepat habis bagi orang yang minum kopi dibanding yang tidak minum kopi. Begitupun yang lagi diet dengan minum teh pelangsing sebaiknya dikurangi, karena dikhawatirkan tubuh kita akan kekurangan caira, atau dehidrasi.Yoga
  • Cukupi kebutuhan air. Agar cadangan air kita tidak kekurangan maka usahakan untuk minum air 8 gelas antara waktu buka dan sahur. Lebih baik cukupi kebutuhan air dengan minum air putih daripada teh dan kopi yang bersifat  diuretik. Ayahku selalu mengajari putra-putrinya untuk memperbanyak minum air putih saat menunggu imzak. Memperbanyak minum air putih juga bisa digunakan untuk mengurangi masalah bau napas/bau mulut.
  • Konsumsi vitamin jika dirasa perlu. Kebutuhan vitamin tubuh bisa dipenuhi dari komposisi makanan dan minuman yang kita konsumsi, namun apabila kita merasa bahwa kombinasi makanan kita kurang beragam, bisa menutupnya dengan mengkonsumsi vitamin yang dirasa perlu.

Selamat menunaikan ibadah puasa

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s