Kapankah waktu untuk berolah raga selama bulan puasa

Yoga“Kapan yoganya dimulai lagi, sudah mau  puasa nich?” tanya kolegaku yang mengurusi yoga

“Sudah lama kita berhenti karena guru yoganya tidak punya asisten mengurusi pekerjaan rumah tangga” lanjutku beberapa saat lalu.

Kebanyakan orang akan berpikir ulang untuk melakukan olahraga saat sedang berpuasa, lha menahan rasa lapar dan haus saja sudah bikin lemes, mau dapat energi darimana untuk dapat melakukan olahraga.

Waduch…mana mungkin olahraga, kita khan lagi puasa. Mungkin itu yang ada dalam benak pikiran banyak orang, bahwa puasa berarti berhenti berolahraga.

YogaPadahal olahraga tidak mengenal puasa atau tidak, olahraga tetap penting, hanya jenis dan waktu yang perlu disesuaikan dengan kondisi tubuh. Meskipun tidak makan dan minum seharian, tubuh kita masih menyimpan cadangan energi dalam bentuk glikogen, lemak dan protein.

Kapan waktu berolah raga.

Pagi hari. Awali hari dengan peregangan ringan atau jalan kaki keliling kompleks perumahan atau kampung setelah sholat subuh, sebelum melakukan aktivitas lain dirumah. Bahkan dulu aku main tenis sebelum berangkat kerja, tapi sekarang sudah kuganti dengan yoga ringan dan senam punggung untuk syaraf kejepitku diantara lumbal 4 dan 5 tulang belakang.

Siang hari. Ketika badan mulai terasa lemas disiang hari, lakukan peregangan atau olahraga ringan setelah sholat dhuhur sebelum melanjutkan aktivitas kerja berikutnya. Atau bisa juga dilakukan olah raga ringan di kursi kerja anda, sambil mengistirahatkan mata dari layar komputer. Nach, aku sering mengayunkan kedua tangan (kayak saran dr Hembing dan juga salah satu kolegaku yang menekuni pengobatan timur) sambil duduk dikursi.

yoga at the beachSore hari. Banyak tulisan menyarankan untuk berolahraga di sore hari setengah atau satu jam menjelang berbuka. Karena menjelang berbuka maka olahraga bisa dilakukan lebih berat dibanding kalau dilakukan di pagi atau siang hari. Begitu selesai olahraga, kita bisa meneguk minuman karena waktu berbuka telah tiba. Tapi perlu diingat meskipun bisa melakukan olahraga lebih berat dari pada pagi atau siang hari, jangan terlalu dipaksakan karena kondisi tubuh dalam keadaan vakum selama seharian. Kayaknya puasa ini aku juga akan menerapkan gerakan ayunan tangan sesaat menjelang mandi, hitung-hitung untuk menghangatkan badan, maklum cuaca di Yogya beberapa minggu ini lumayan dingin. Ya itu akan kulakukan sebagai ganti karena dua kali jumat ini aku belum bisa gabung beryoga disore hari selepas kantor.

Malam hari. Setelah sholat tarawih tidak sedikit orang yang pergi ke fitness center, dengan alasan badan sudah tidak lemas lagi untuk berolah raga. Dan memang tidak sedikit pusat kebugaran yang buka malam hari selama bulan ramadhan, seperti yang dilakukan pak andi purnama kolegaku di Medan.

Selamat berolah raga selama puasa.yoga under the sunset

Iklan

7 thoughts on “Kapankah waktu untuk berolah raga selama bulan puasa

  1. punyahannawilbur Juni 11, 2015 / 4:11 am

    Oh iya, ya? Ternyata berpuasa pun masih bisa olahraga? Aku gak kepikiran seperti ini sebelumnya. Mksh tips-tipsnya :D.

    • purwatiwidiastuti Juni 11, 2015 / 4:16 am

      mbak punyahannawilbur,
      betul, puasa tetap bisa olahraga, cuma disesuaikan dengan kondisi dan situasinya
      salam sehat

  2. andipradan Juni 12, 2015 / 2:13 am

    Padahal baru mau tanya mba, sudah di paparkan lengkap, gamblang, matur suwon mba…. oh iye bukankah olahraga malam itu kurang bagus mba? Soale kata temen ada salah satu organ kita yang namanya hati /liver bekerja maksimal bahsnya metabolisme appa gitu. Jadi ya katanya jgn begadang, kalo fitnes ato futsal kan kadang snp jam 11 malam lebih..

    • purwatiwidiastuti Juni 12, 2015 / 4:26 am

      mas andipradan,
      lha kalao sampai jam 11 malam masih futsal yaa sudah kemalaman khaan…organ tubu khan sudah punya jadwal masing2 untuk “maintenance” dan bekerja.
      salam sehat

  3. andipradan Juni 12, 2015 / 6:15 am

    okelah bude terima kasih paparannya, saya pribadi sih menghindari olahraga malam, paling sering ya pagi, karena melatih metabolisme tubuh, kalo sudah 2-3 hari off tak rapel sore itupun jarang, penak ngudang anak soale.. hehe..oh itu mba ada saraf kejepit juga ya? yang dirasakan apa sih ? kebetulan punggung kiri saya nyeri, kadang berasa sampe ketiak nyerinya, udah diurut kadang sembuh trus balik lagi dah nyerinya.dan curiga sih apa ini yang menyebabkan saya agak limbung… hehe

    • purwatiwidiastuti Juni 12, 2015 / 6:45 am

      naachhh sudah baguslah itu…olah raga pagi saat oksigen banyak…hehehehe…kayak gajian saja pake rapelann segala…
      rasanya syaraf kejepit….kalau serangan hebat tak mampu menggerakkan anggota badan meski hanya menoleh…kalau serangan/kambuh biasa sich cuma nyeri-nyeri gitu….
      memang tidak akan selesai dengan pijat, itu butuh terapi
      sepertinya syaraf kejepit nggak menyebabkan limbung sempoyongan kecuali sakit tak tertahan sampai ga bisa jalan dech
      salam sehat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s