Apakah tifus itu

image

“Apa yang dirasakan” tanya dokter
“Demam dok” jawabku
“Sejak kapan” lanjut dokter
“Sejak hari sabtu” jawabku lagi
“Berarti ini sudah hari ke 4 ya, keluhan lain yang dirasakan apa?  Tanya dokter lebih lanjut
“Kepala pusing, perut sakit” jawabku lebih lanjut.
“Tolong baring ditempat, saya akan periksa” perintah dokter lebih lanjut.
Itu sepenggal percakapanku dengan dokter yang memeriksaku dan kemudian mendiagnodis aku kena tifus.

image

Tifus? Kata itu sering kudengar tapi tak pernah sedikitpun terbayang aku yang sudah bukan anak-anak lagi kena tifus. Maklum dikepalaku ini yang kuingat cuma adik bungsuku yang pernah kena tifus saat masih SD, itupun sudah berlalu puluhan tahun lalu. Jadi tidak terbayang, aku akan bisa kena tifus, karena kupikir itu adalah penyakit pada anak-anak.

Apakah tifus itu? Tifus atau demam tiphoid adalah suatu infeksi yang disebabkan oleh bakteri salmonella typhi. Bakteri ini masuk kedalam tubuh manusia melalui makanan dan minuman.
Bakteri ada didalam tinja dan air kemih orang yang kena tifus. Sehingga bisa menular saat dia tidak mencuci tangan dengan bersih setelah buang air besar maupun setelah berkemih. Bakteri ini juga bisa ditularkan oleh lalat yang hinggap dikotoran dan terbang berpindah hinggap di makanan atau minuman.

image

Pada orang yang terkena tifus atau demam tiphoid dan tidak diobati, bakteri bisa bertahan ditubuhnya hingga lebih dari setahun. Dan orang yang membawa bakteri ini belum tentu menunjukkan tanda-tanda yang jelas.

Mungkinkah orang yang sudah terkena tifus akan terkena kembali? Pada kenyataannya, orang yang susah pernah terkena tifus akan mudah terkena kembali apabila tidak berhati-hati dalam memilih makanan dan minuman yang dikonsumsi.

image

Sehingga untuk yang pernah terkena demam tiphoid disarankan untuk tidak mengkonsumsi sayuran mentah, makanan yang sudah lama terpapar udara. Usahakan untuk mengkonsumsi buah yang berkulit sehingga sedikit kemungkinan terpapar bakteri salmonella typhi.

Semoga bermanfaat,

image

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s