Bagaimana rasanya kena tifus

image

“Mau makan apa” tanya temanku sepulang dari bezuk ibunya teman kuliah
“Pingin yang berkuah” jawabku
“Kalau gitu ke sup iga sapi ya?” Tawar temenku
“Oke” jawabku
Maka temenkupun memgarahkan jalannya kendaraan menuju warung sup iga sapi di daerah terban.
Dan pilihan temanku memang tepat, begitu sup iga sapi disajikan dimeja menggunakan panci yang dibawahnya dinyalakan apinya…rasanya segera pingin segera melahap sampai habis.

image

Kami meninggalkan warung dengan kesan yang sangat puas, dalam hati bilang, suatu saat aku akan kembali lagi. Dan saat kami dalam perjalanan pulang kamipun sepakat untuk langsung tidur, hehehehe

Saat kubangun dari lelap tidur siangku, badanku bukannya terasa bugar, tapi justru rasa ga enak dan agak sedikit mriang, kupikir kecapekan, pasti nanti setelah makan dan cukup istirahat pasti akan pulih sebagaimana biasanya.

image

Namun perkiraanku salah, karena saat bangun keesokan harinya aku masih demam, dan berlanjut sampai malam saat aku harus rapat ke kantor di hari minggu. Karena badan terasa mriang, aku pamit pulang duluan ketika jam di dinding menunjukkan pukul 21.15.

Hari ke 3 aku bangun pagi, badan masih terasa agak demam, tapi karena harus masuk kelas, rasa itu kuabaikan. Setelah ashar baru kurasakan suhu tubuhku mulai meningkat,  maka segera aku mandi dan istirahat berbaring di tempat tidur dengan menggunakan kaos kaki.

image

Hari ke 4 aku bangun pagi, masih terasa agak deman, maka kuputuskan untuk membawanya ke dokter. Setelah diperiksa, diagnosis dokter mengatakan aku kena tifus, dan agar lebih tepat maka aku harus cek darah. Sore hari setelah ashar suhu tubuh mulai meningkat, maka kuminum obat dari dokter yang mencakup obat penurun panas, antibiotik dan untuk lambung. Akupun bisa tertidur, namun tengah malam aku terbangun dan menggigil, suhu tubuhku meninggi, tetapi aku merasa kedinginan.

Rasa menggigil tengah malam berlangsung selama 3 malam berturut-turut, yaitu hari ke 4, 5 dan 6.
Hari ke 7, aku masih demam, namun tidak lagi menggigil di tengah malam.

Dan itulah rasanya demam karena tifus. Suhu tubuh berkisar antara 39 -40. Sangat tinggi. Kalau sore berkisar 37-38. Kalau pagi serasa sehat cuma agak demam.

Semoga bermanfaat.

image

Tinggalkan Balasan

