Apakah tandanya kena tifus

image

“Hai dah selesai, itu tak bawakan lumpia basah, enak lhoo” sambut kawanku yang sekarang jadi atasanku, begitu aku masuk kamar.
“Oya, boleh juga nich lumpia basah” jawabku
“Tadi waktu masih panas enak” lanjutnya
“Oke, nanti kucoba, tapi aku pingin majan malam sup buntut” timpalku

image

Dan akupun memutar nomor restaurant, berulang kali deringnya tidak diangkat. Kuulang lagi sampai 3x menelpon tidak ada yang ngangkat juga. Pantesan hotel ini tidak banyak tamu lha menelpon sampai 3x saja tidak ada yang mengangkat.

Akhirnya malan itu aku hanya makan malam dengan lumpia basah yang sudah dingin dan secangkir kopi kreamer. Entah karena sudah dingin atau karena besarnya, aku tak mampu menghabiskannya, apalagi pada gigitan terakhir aku merasa ada yang tidak enak rasa dan bentuknya.

image

Tengah malam tiba-tiba aku terbangun karena perutku rasa diaduk-aduk, aku berlari ke kamar msndi untuk BAB, dan kembali tidur, namun tidak sampai 30 menit kembali perutku serasa di aduk-aduk dan akupun kembali buang hajat, kali ini lebih encer. Karena aku tidak ingin terbangun lagi, maka aku membuat teh panas tanpa gula, dengan harapan gejolak perutku mereda. Alhamdulillah, resep itu berhasil membawaku tidur sampai pagi.

Namun karena efek lumpia basah semalam, seharian aku tidak ada selera makan, bahkan ketika menghadiri pernikahan di gedung pertemuan dengan menu yang sangat mengundang selera kebanyakan orang, akupun hanya mampu makan bakso dan segelas air putih.

image

Rasa perut yang tidak nyaman ini bertahan sampai 3 minggu, namun aku tidak begitu memperhatikan, hanya aku merasa setiap kali makan agak banyak, pasti langsung perut teraduk-aduk dan tidak lama kemudian akan BAB.

Ketika kubaca artikel dari lapak mbah google aku menemukan artikel yang mengatakan bahwa tifus akan menunjukkan gejala setelah 4-14 hari setelah terpapar bakteri.

Kalau dihitung-hitung, demamku mulai timbul akhir minggu ke dua setelah tragedi lumpia basah di Bandung.

image

Dan apa yang kurasakan selama ini ternyata memang tanda-tanda orang terkena tifus, atau demam tiphoid yaitu:
Demam dimalam hari sampai 39-40
Sakit perut
Nafsu makan berkurang
Lidah berwarna putih
Bau nafas tak sedap
Sakit kepala
Badan serasa melayang

Dan ternyata cek darah membuktikan aku kena tifus.

image

3 thoughts on “Apakah tandanya kena tifus

  1. elyakimsinaga Mei 1, 2014 / 4:53 am

    nice to meet u😉
    (foll my blog ya) mampiran ditunggu😀

    • purwatiwidiastuti Mei 1, 2014 / 5:10 am

      Iya mas elyakimsinaga
      Ma kasih dah mampir

Tinggalkan Balasan

