Dosis aman mengkonsumsi daun sirsak

“berapa sich dosis mana mengkonsumsi daun sirsak”

“berapa lama saya harus mengkonsumsi daun sirsak”

“apa efek samping mengkonsumsi daun sirsak”

Itu 3 dari beberapa pertanyaan yang berkelebatan dikepala saya, begitu mendengar ampuhnya daun sirsak atau graviola untuk pengobatan kanker beberapa waktu lalu, dan ditemukan bahwa daya kerjanya 10.000 kali lebih kuat dalam memperlambat pertumbuhan sel kanker dibandingkan dengan Adriamicin dan terapi kemo (kemoterapi) yang biasa di gunakan.

3 Pertanyaan ini berkelabatan lagi saat pagi tadi duduk diteras sambil mengamati 3 buah sirsak yang masih kecil bergelantungan di pohon sirsak yang luruh daunnya dalam 2 bulan terakhir.

Dosis yang pas dan aman bagi seseorang akan berbeda satu dan lainnya, karena dosis ini dipengaruhi oleh kondisi tubuh, jenis penyakit dan stadium penyakitnya.

Ada herbalis yang menyatakan 7 lembar, karena beliau memang penganut angka 7, sehingga ramuannya selalu memakai 7, seperti 7 lembar daun, 7 buah, ataupun 7 butir.daun sirsak

Namun ada juga yang menggunakannya beragam dari 7, 10, 15, 20, 21, 30 lembar daun sirsak dan bahkan 31 lembar daun sirsak dalam sekali perebusan.

Ada herbalis yang menyarankan diminum 1 gelas sehari, ada 2 gelas sehari, dan ada yang 3 gelas sehari. Cara minumpun berbeda-beda, ada yang menyarankan segelas langsung habis, tapi ada yang menyarankan dosisnya dalam satu hari sehingga mau diminum segelas atau seteguk dua teguk nggak masalah.

Satu hal yang penting diketahui bahwa kondisi tubuh masing-masing orang berbeda-beda, sehingga satu gelas dari merebus 7 lembar daun sirsak bagi seseorang pas, tetapi bagi orang lain tidak pas karena dia membutuhkan 10 lembar untuk direbus jadi satu gelas. Sehingga yang lebih penting diketahui adalah seberapa pas dan aman dosis yang harus dikonsumsi dengan keondisi tubuh kita, bukan kondisi tubuh orang lain, meski tidak menutup kemungkinan bahwa 7 lembar daun sirsak direbus dengan 3 gelas air menjadi satu gelas lebih banyak cocok untuk sebagian besar orang.

Berapa lama waktu untuk mengkonsumsi air rebusan daun sirsak, inipun juga beragam, ada yang 2 minggu sudah menunjukkan hasil yang positif, namun ada juga yang 3 bulan mengkonsumsi belum menunjukkan efek pengobatan dengan daun sirsak ataupun tanda-tanda penyembuhan ataupun peningkatan kesehatan seseorang, dan karena merasa terlalu lama kemudian berhenti mengkonsumsi. Hal ini bisa terkait dengan dosis yang mungkin kurang, pas atau bahkan berlebih.

Menurut beberapa herbalis, herbal tidak mempunyai efek seperti obat-obatan kimia, namun ada juga yang setelah mengkonsumsi kemudian mual, pusing ataupun sesak napas. Apabila ada efek tersebut, maka sebaiknya dosis dikurangi atau dinetralisir dengan akar pohon sirsak, atau berhenti bila tidak mampu mengatasi keluhan.

Daun sirsakSelamat mengenal diri dan menentukan dosis yang pas untuk kondisi tubuh, tentu saja tidak lupa berkonsultansi pada ahlinya.

Salam sehat

179 thoughts on “Dosis aman mengkonsumsi daun sirsak

  1. evakasih Mei 17, 2013 / 5:12 am

    aset yang paling berharga dalam diri kita adalah karakter kita

    • purwatiwidiastuti Mei 20, 2013 / 1:34 am

      mbak evakasih,
      betul….daaan saat ini kita perlu untuk membangun karakter bangsa ya
      salam sehat

  2. Allison Johns Mei 27, 2013 / 8:23 am

    ini satu gelas dua kali minum, atau sehari dua gelas? kalo dua gelas, kita rebus sekalian 20 lembar daun sirsak 6 air gelas sampe tinggal 2 gelas, biar sehari sekali rebus aja bisa gak gan?

    • purwatiwidiastuti Mei 29, 2013 / 12:41 am

      Allison Johns,
      rebus sekali saja sampai tinggal 2 gelas untuk 2 kali minum
      bisa juga rebus sekali sampai tinggal 3 gelas untuk 3 kali minum
      sesuaikan dengan kondisi tubuh dan kebutuhan
      salam sehat

  3. Wanda O. Kramer Mei 27, 2013 / 11:38 am

    Mulailah dengan 21 lembar daun sirsak. Lalu, pada bulan ke-3 digunakan 41 – 50 daun sirsak. Rebus air 5 gelas hingga mendidih dan tersisa 3 gelas. Penggunaan daun sirsak maksimal 70 lembar jika tidak dicampur herbal lain.

    • purwatiwidiastuti Mei 29, 2013 / 12:42 am

      Mbak wanda o kramer,
      terima kasih tambahan infonya
      salam sehat

  4. dian Juni 21, 2013 / 4:13 pm

    klo untuk penyembuhan tumor jinak apa sja ya yg gk bleh d konsumsi dlu wktu qt msh konsumsi rbusan air daun sirsak

    • purwatiwidiastuti Juni 21, 2013 / 9:45 pm

      Mbak dian,
      Kurangi lemak dan bahan “tiruan” yaitu pemanis, pengawet, pemutih, msg. Jalani gaya hidup sehat dg menjaga keseimbangan pola makan, pola tidur dan pola gerak.
      Salam sehat

  5. Ruri Agustus 1, 2013 / 7:31 pm

    Salam kenal Mba, nama saya Ruri. Saya terdeteksi memliki kista, belum menjadi concern namun saya mau tindakan awal saja. Menurut Mba bolehkah saya minum rebusan daun sirsak ini hanya sebagai tindakan preventatif? Mohon pendapatnya, terima kasih.

    • purwatiwidiastuti Agustus 2, 2013 / 1:09 am

      mbak ruri,
      menurut penelitian dan beberapa testimoni daun sirsak efektif untuk pengobatan kanker maupun kista
      salam sehat

  6. hanafi Oktober 8, 2013 / 2:56 am

    Salam kenal mba, rebusan daun sirsak bisa untuk wasir gak yach ??? Makasih mba..

    • purwatiwidiastuti Oktober 8, 2013 / 3:00 am

      Mas Hanaf,
      salam kenal kembali
      sejauh yang saya baca dan alami, wasir lebih cocok dengan jeruk nipis
      sedangkan daun sirsak lebih manjur untuk kanker dan yang sejenis
      salam sehat

  7. lupita Oktober 8, 2013 / 3:03 pm

    sya ada benjolan dipayudara mau mengkonsumsi daun sirsak gimana caranya

    • purwatiwidiastuti Oktober 9, 2013 / 1:39 pm

      Kakak Lupita,
      rebus 5-7 lembar daun sirsak dengan 3 gelas air menjadi 2 gelas air, diminum pagi dan malam sebelum tidur
      salam sehat

  8. Nasifha Oktober 28, 2013 / 2:19 am

    . slm knl Mba… ;)

    . saya nashifa. knp setelah minum rebusan daun sirsak,, payudara saya yg sebelahny membesar. tulang-tulang pegal” ,, apkh ini swtu proses atau efeksamping….

    . trmksh mba

    • purwatiwidiastuti Oktober 28, 2013 / 2:25 am

      Mb nashifa,
      Daun sirsak tdk membawa efek samping spt itu. Mungkin ada penyebab lainya
      Salam sehat

  9. Nasifha Oktober 28, 2013 / 2:20 am

    . slm knl Mba… ;)

    . saya nashifa. knp setelah minum rebusan daun sirsak,, payudara saya yg sebelahny membesar. tulang-tulang pegal” ,, apkh ini swtu proses atau efeksamping….

    . trmksh mba mhon jwbnny

    • purwatiwidiastuti Oktober 28, 2013 / 2:23 am

      Mb nashifa,
      Daun sirsak tdk membawa efek samping yg mbak sebutkan itu.
      Mungkin ada faktor lain penyebabnya
      Salam sehat

  10. dita Oktober 30, 2013 / 10:38 am

    sy dulu teriindikasi ada penyumbatan di saluran indung telur sebelah kiri dan ada riwayat penebalan dinding rahim… klo sy konsumsi rebusan air daun sirsat bs nggak mbk?? dan brp kali dalam sehari untuk konsumsinya, dan untuk mengobati kanker payudara bs nggk mbk?? minta tlong dijelaskan brp lmbar dan berapa kali minumnya dalam sehari?!!… maaf mbk klo sy bnyk tanya…trima kasih

    • purwatiwidiastuti November 2, 2013 / 8:12 am

      Mbak dita,
      Daun sirsak efektif untuk kanker, termasuk kanker payudara.
      Dosis tergantung pada kondisi tubuh masing2 orang. Cobalah mulai dengan merebus 7lembar daun sirsak dalam 3 gelad air diminum pagi dan malam. Bila terasa kebanyakan kurangi dosisnya, bila kursng berefek tambah dosisnya,
      Silahkan coba cara bu ida untuk menyiasati efek negatifnya.
      Salam sehat

  11. ida nurdiani November 2, 2013 / 6:42 am

    Saya sudah lama ada serviks. sebelumnya sudah pernah tau ttg daun sirsak tp lom pernah coba. sudah 2 minggu ini rutin setiap hari minum air rebusan daun sirsak. Efek pertama yg saya rasakan setelah 3 hari mengkonsumsi adalah badan saya langsung ngedrop, lemas, pegal2, mata berkunang-kunang, jerawat keluar di wajah dan daun telinga, kepala sakit. tekanan darah saya turun drastis. tapi positifnya adalah saya bisa haid kembali. akhirnya saya akali dengan minum air rebusan daun sirsak setelah makan terlebih dahulu. sampai sekarang saya tetap mengkonsumsinya dengan mengurangi kadarnya jadi lebih ringan dan hanya sekali sehari. semoga bermanfaat buat yg lain.

    • purwatiwidiastuti November 2, 2013 / 8:07 am

      Terina kasih sharingnya bu ida. Semoga bermanfaat buat yg lain

    • rofi November 1, 2014 / 1:09 am

      Mba Ida…..saya juga sdh 3 th lbh ga pernah haid…..sy mau mencoba tips ini,semoga haid saya bisa lancar kembali,tks

      • purwatiwidiastuti November 1, 2014 / 2:31 pm

        Mba rofi,
        Aamiin yra

  12. bundaonank@yahoo.co.id November 3, 2013 / 7:10 am

    Mba saya didiaknosa hipertensi, trus saya minum daun sirsak seminggu 3sampai 4kali, berbahaya ngak, soalnya ada yg bilang bisa membunuh ion negatif dn positifnya, jd takut, padahal klu sy minum sesak sy berkurang dn sakit di punggung jg berkurang, tp kadang datng lg, sya minum lg, infonya ya

    • purwatiwidiastuti November 5, 2013 / 10:26 pm

      Bundaonank,
      Kelebihan daun sirsak dibanding kemoterapi karena daun sirsak hanya membunuh sel kanker saja, sedangkan kemoterapi sel sehatpun ikut terbunuh.
      Salam sehat

      • m. farik akbar April 14, 2015 / 1:48 am

        Untuk yang diet di minum sebelum apa sesudah mkan sih ??? Mohon di balas ya.. Soalnya lgi butuh banget
        Salam sehat

      • purwatiwidiastuti April 14, 2015 / 2:43 am

        mas farik akbar
        bisa diminum setelah makan selang satu jam
        salam sehat

      • liliss Mei 13, 2015 / 9:16 am

        bak saya seorang ibu rumah tangga saya ada benjolan dipayudara kanan dokter bilg tu tumor jinak uda 5cm ap bisa komsumsi daun sirsak ,,takaranny berapa lembr n diminum selagi hangat ato gmn,,tks

      • purwatiwidiastuti Mei 13, 2015 / 11:37 am

        Mba liliss,
        Bisa saja mba liliss mengkonsumsi rebusan daun sirsak pagi dan sore serta menghindari makanan berbahan kimia seperti pengawet, penyedap, pewarna, pemutih, pemanis
        Salam sehat

  13. eggie November 12, 2013 / 1:00 pm

    numpang tanya mbak, ibu saya setelah minum ekstrak daun sirsak (kapsul) mukanya bengkak2, tapi kakinya terutama lutut gak sakit lagi, kenapa ya….. apa efek sampingnya

  14. rizki Desember 18, 2013 / 10:07 am

    assalamualaikum mbk
    mau tanya mbk daun sirsak bisa menyembuh kan penyakit kelenjer getah bening ngk…?
    trmkasih

    • purwatiwidiastuti Desember 19, 2013 / 3:48 am

      mas/mbak rizki,
      saya belum pernah membaca hasil penelitian manfaat daun sirsak dengan penyakit kelenjar getah bening.
      tetapi daun sirsak efektif untuk pengobatan beragam kanker
      selamat mencoba, semoga bermanfaat
      salam sehat

  15. wawan Desember 21, 2013 / 12:41 am

    slmt pagi, dear mba purwatiwi….saya mau tanya nich…saya menderita penyakit gondok tp msh kecil. setelah 2 bulan mnm daun sirsak hasilnya sudah ada makin kecil . tp untuk saat ini saya hentikan dl…krn saya susah buang air besar,badan kadang terasa panas,serta mual dan pusing….apakah ini merupakan efek samping…informasi ini saya baca dr internet juga. mohon informasinya….

    • purwatiwidiastuti Desember 21, 2013 / 1:43 am

      Met pagi mas wawan,
      Berarti cocok itu, imbangi dengan banyak minum air putih. Klo msh pusing, kurangi dosisnya, smp tdk terasa pusing.
      Salam sehat

      • neno surisman Desember 21, 2013 / 1:35 pm

        mba klo untuk leukemia dan mengecilkan limpa bengkak dosisnya berapa lembar daun sirsak dan berapa kali minum dalam sehari

      • purwatiwidiastuti Desember 21, 2013 / 2:01 pm

        Mas/mbak neno surisman,
        Dosis umum 7-9lbr, dg 5 gelas direbus jd 3 gelas, diminum 3x sehari selama 2 minggu, lalu turun dosisnya jd 2x sehari.
        Salam sehar.

  16. neno surisman Desember 21, 2013 / 11:07 pm

    maaf mba mau tnya lgi, itu yang 3 gelas d minum sekaligus apa di minum pagi siang sore, trz di minumnya sesudah apa sebelum makan

    • purwatiwidiastuti Desember 22, 2013 / 12:51 am

      Neno suharisman,
      Maaf kurang jelas ya, diminum 3x sehari, pagi, siang, malam dlm keadaan perut isi/ sesudah makan.
      Salam sehat

      • neno surisman Desember 22, 2013 / 5:14 am

        merebusnya bisa nggak dengan menggunakan panci almunium klo nggak dengan panci stainless steel, maaf kebanyakan nanya, soalnya takut salah

      • purwatiwidiastuti Desember 22, 2013 / 11:31 am

        Mas Neno surisman,
        Agar kandungan yg ada bisa diambil maksimal maka merebusnya harus pake wadah bukan alumunium, seperti stainless steel, kaca, gerabah, keramik.
        Salam sehat

  17. milaa alfikas putri Desember 26, 2013 / 5:49 am

    saya menderita kista ovarium,sudah harus di operasi,karena pnjang udh smpai 8 cm,saya gk mau d operasi,dn sya lbih mmlih minm daun sirsak,yg ingin sy tny kan brapa lma sya hrs mngkonsumsi daun srsak?,mhon blsn nya y mbak,thak,s

    • purwatiwidiastuti Desember 26, 2013 / 5:53 am

      Mbak milaa alfikas putri,
      Konsumsi 20hari pertama lalu cek perkembangan..bila dah membaik dosis dikurangi utk 20 hari berikutnya.
      Salam sehat

      • milaa alfikas putri Desember 26, 2013 / 6:21 am

        maaf y mbak tnya lgi,brpa lmbar y mbak mnum nya.?thank,s

      • purwatiwidiastuti Desember 26, 2013 / 1:58 pm

        7 – 9 lembar mbak

  18. budi Desember 31, 2013 / 7:35 am

    dok saya mau nanya kalo minum daun sirsak di minum setiap jam bagus gx.apabila di barengi dengan makan buah sirsak nya lebih bagus gx?makasih dok

  19. Hafiz Januari 10, 2014 / 7:55 am

    Asslm. Sy hafiz, sudah 3 bulan sy merasakan nyeri, panas di tubuh sy. Terakhir (november 2013), kadar ASTO sy 400. Apakah sy terkena rematik jantung? Apakah bs rebusan sirsak sembuhkan semua jenis rematik??? Brp dosisnya? Brp lama?

  20. Imas Januari 28, 2014 / 3:58 pm

    Asslm. Bu ,sy mint sranny dosis aman wt brusia ±45 thn brp lembr. Cos ibu sy dh 3bln ngeluh skit kpl dh berobt jln ttp z hslny sm serig kmbuh smp gbs jln jrak jauh. Dn lum lm ini ibu sy Xtray dn kt dokter ibu sy trkn radang otak dn menyrankn melkkan terapi. Bgimn menrut ibu?? Sblmny sy ucpkn trmksh.

    • purwatiwidiastuti Januari 29, 2014 / 1:53 am

      wa’alaikum salam mbak Imas,
      dosis disesuaikan dengan kondisi tubuh masing-masing.
      bisa dimulai dengan 9lbr sekali rebus, klo kebanyakan dikurangi, kalau kurang bisa ditambah.
      Minum 3x sehari selama 2 minggu, trus turun jadi 2x sehari selama 2 minggu, dan sekali sehari sampai sembuh.
      salam sehat

  21. rika Februari 7, 2014 / 9:01 pm

    Dear mbak pratiwi, saya sudah sebulan ini meminum rebusan daun sirsak. Karena saya merasa ada tdk nyaman dg payudara saya. Ibu dan tante saya meninggal krn kanker payudara, jd saya waswas sekali.
    Dosis saya: 21 lembar daun sirsak+ 21 daun salam segar+3 sendok kulit manggis+ 6 gelas air direbus jadi 2 gelas. Untuk 2 hari jadi perhari minum 1 gelas.
    Benarkah dosis saya ini. Saat awal saya merasa pusing dan lemas, skrg sudah biasa.

    • rika Februari 7, 2014 / 9:01 pm

      Eh maaf, maksud saya mbak purwati

      • purwatiwidiastuti Februari 7, 2014 / 11:13 pm

        Ngga papa mb rika,
        Ma kasih sharingnya yaa
        Semoga bermanfaat bagi yg lain
        Salam sehat

  22. rika Februari 7, 2014 / 9:06 pm

    Saya ingin sharing, ibu teman saya menderita kanker usus. Sudah melakukan operasi pemotongan kemudian timbul lagi. Krn sudah capek kemo akhirnya mencoba meminum rebusan daun sirsak. Setelah setaun rutin minum kemudian periksa Alhamdulillah sel kankernya hilang tdk bersisa.

    • purwatiwidiastuti Februari 7, 2014 / 11:11 pm

      Mb rika,
      Alhmdlh, semoga sharing keberhasilan ibu temen mba rika bisa menjadi semangat yg membutuhkan.
      Bisa dishare dosis dan lama mengkonsumsi sampai berhasil sembuh.
      Salam sehat

      • rika Februari 8, 2014 / 8:14 am

        Setahun mbak lama konsumsinya. InsyaAllah takarannya 11 daun sirsak (kalo org jawa berkeyakinan untuk obat selalu angka ganjil) direbus dg 3 air gelas hingga menjadi 1 gelas.
        Diminum setiap hari
        Mau tanya juga, saya kan merebusnya daun salam dan daun sirsak. Kok jadi sering buang air kecil ya. Apakah mmg begini efeknya?

  23. umar puyuh Maret 25, 2014 / 11:38 pm

    Hasil CT Scan menunjukkan pembengkakan prostat dan sebaran kista di abdomen. Saya rutin mengkonsumsi jus sirsak . Beli sirsak 3-4 Kg, dikupas dan dibuang bijinya, dimasukkan kantong plastik ukuran 250 cc disimpan di freezer, selanjutnya setiap hari diambil/minum 1 kantong. Pertanyaannya apakah masih harus minum rebusan daun sirsak?

    • purwatiwidiastuti Maret 25, 2014 / 11:45 pm

      Pak umar puyuh,
      Untuk pengobatan memang khasiatnya ada di daun sirsak.
      Salam sehat

  24. tiur April 1, 2014 / 4:04 am

    mba, saya punya tumor payudara sejak jan 14 sebesar telur puyuh. saya lgi pake bubuk daun sirsak. 1sdm X 3 = 3 sdm. apakah dosisny dh tepat?
    dari mana kita tau klo kita overdosis atau kurang dosis? tks

    • purwatiwidiastuti April 4, 2014 / 9:58 am

      Mbak tiur.
      Klo mbak tiur mengkonsumsi bubuk daun sirsak, ikuti petunjuk yg diberikan.
      Salam sehat

  25. Mukhlis Jie April 7, 2014 / 3:30 am

    mbak apakah air rebusan daun sirsak dapat mengobati pembengkakan kelenjar prostat? klu ya dosisx brapa lembar?

  26. Erfandy April 9, 2014 / 12:52 pm

    Mbak,saya mau tanya. Ibu saya terkena tumor hati,beliau saya sarankan minum rebusan daun sirsak dg dosis 10 lembar di rebus dg 3 gelas air hingga tinggal 1 gelas,di minum pagi 1/2 gelas dn malam 1/2 gelas. Tp kira2 setelah minum 10 hari,beliau mual,perut perih,susah BAB,dan sulit untuk makan. Usia ibu 73 th. Saya minta saran bagaiman cara mengatasi efek nya. Dan apakah baik mengkonsumsi rebusan daun sirsak yg sdh di keringkan.
    Mohon sarannya dan terimakasih mbak.

    • purwatiwidiastuti April 11, 2014 / 12:45 am

      Mas erfandy,
      Klo reaksi baru 10hari kemudian, mungkin karena ada faktor lain penyebabnya, coba dicek lagi.
      Bisa juga dosisnya diturunkan.
      Daun sirsak tang sudah dikeringkan sama saja dengan yang segar.
      Semoga bunda cepat sembuh
      Salam sehat

  27. mayasarihamdani April 11, 2014 / 7:43 am

    Mbak untuk anak usia 1thn adakah efek samping dgn pertumbuhan badannya jika minum air rebusan daun sirsak? Anak saya slalu saya kasi air daun sirsak jika demam..

    • purwatiwidiastuti April 11, 2014 / 11:55 pm

      Mbak mayasarihamdani,
      Saya belum pernah baca hubungannya daun sirsak dg tumbuh kembang balita…
      Nti klo nemu artikel, akan sy share
      Salam sehat

  28. Yus Roni Juli 24, 2014 / 3:31 am

    Kalau untuk kesehatan berapa dosisnya? terus kalau setiap hari di konsumsi ada efek sampingkah?Mohon solusinya Terimakasih.

  29. hary ismail Agustus 11, 2014 / 4:44 am

    mba, adik saya terkena kanker otak stadium 4 dan kanker usus stadium 2, sudah beberapa hari ini saya coba kasih rebusan daun sirsak dan sarang semut ( saya rebus jadi satu ) untuk dosis nya dalam 750ml saya kasih 25 – 30 lembar daun sirsak dan 25gr sarang semut. saya rebus selama -/+ 30 menit. menurut mba apakah dosis saya sudah benar? dan berapa lama air rebusan daun sirsak dapat bertahan dalam satu hari, setelah di cek oleh dokter HB darah adik saya turun drastis apakah ini salah satu efek nya atau gmana mba? atau perlu saya kurangi dosis nya?

    terima kasih

  30. citra utami Agustus 29, 2014 / 3:52 am

    mbak sy mau tanya, syadabenjolan di perut. tapi saya sedang menyusui, bayi saya umur ! bulan. adakah efek samping minum rebusan daun sirsak bagi ibu menyusui?

    • purwatiwidiastuti Agustus 29, 2014 / 5:27 am

      mbak Citra Utami,
      selamat atas kehadiran sang buah hati.
      daun sirsak sebaiknya tidak dikonsumsi oleh ibu menyusui dan balita
      salam sehat

      • citra utami Agustus 30, 2014 / 5:14 am

        tpi saya takut benjolan di perut makin besar , saya minta solusi dong…, apa akibatnya bagi bayi mba?

      • purwatiwidiastuti Agustus 30, 2014 / 10:57 am

        Mba citra utami,
        Sebaiknya periksakan ke dokter, agar diketahui secara jelas
        Salam sehat

  31. puji lestari September 3, 2014 / 3:48 am

    salam kenal mba..di ketiak ku ada benjolan & klo di pencet keluar cairan putih seperti susu tapi berminyak..klo kta dokter sih bilang ny kbocoran kelenjar susu..tp saya g di kasi obat krna sedang menyusui..kira” daun sirsak bisa g?? dosis/aturan minum ny bgaimana y mba??

    • purwatiwidiastuti September 3, 2014 / 9:27 am

      Bu Puji Lestari,
      Daun sirsak sebaiknya tidak dikonsumsi oleh ibu hamil, menyusui dan balita
      salam sehat

  32. mina September 13, 2014 / 10:41 am

    Mbk salam sehat
    nenek saya sakit kanker paru2 ….
    Seberapa dosis yg tepat mbk ?

    • purwatiwidiastuti September 15, 2014 / 2:38 pm

      Mbak mina,
      Stadium berapa kanker nenek
      Salam sehat

  33. ibu atun September 15, 2014 / 7:38 pm

    mbak anak saya umur 9 tahun kena kanker lidah bolehkah minum rebusan daun sirsat. tks

    • purwatiwidiastuti September 16, 2014 / 2:21 am

      ibu atun,
      anak umur diatas balita bisa minum rebusan daun sirsak
      semoga putra ibu makin sehat
      salam sehat

  34. Lia September 29, 2014 / 11:33 pm

    Slmt pagi mbak Pur.. Sblmny sy m menympaikn trmksh utk jwbn mbak ats pertnyaan sy. O y mbak, sy sdh start konsumsi rebusn daun sirsak. Awlny 10lbr pg+sore, lalu sy kurangi 7lbr pg sj. Tdny perut sblh kanan mengeras & ad benjolan. Skrg Alhmdllh sdh agk mengecil. Sy blm cek k doktr, tp tiap m tdr sy sll pegang perut yg skt utk membandingkn sblm & ssdh minum daun sirsak. Sy m menanyakn setiap buang air kecil ad keluar spt lendir bareng air pipis. Apa itu kista yg mulai rontok y mbak?

    • purwatiwidiastuti September 30, 2014 / 12:29 am

      selamat pagi mbak Lia,
      alhamdulillah, daun sirsak cocok untuk mbak Lia
      yang bisa memastikan apakan lendir itu dari kista atau bukan harus dengan uji laboratorium, mudah-mudahan itu bagian dari proses penyembuhan mbak Lia
      ditunggu sharing kemajuannya ya
      salam sehat

  35. Lia September 30, 2014 / 3:41 am

    Mbak, m nanya lg boleh y.. Klu sdg terapi minum air daun sirsak boleh ndak sy minum vitamin penambh darah? Mtrswn sblmny..

    • purwatiwidiastuti September 30, 2014 / 9:48 am

      Mba lia,
      Minum daun sirsak dan minum vitamin lain boleh saja, tetapi perlu diberi jeda waktu 2 jam
      Salam sehat

    • purwatiwidiastuti September 30, 2014 / 9:52 am

      Mba lia,
      Boleh saja mengkonsumsi daun sirsak dan juga vitamin, tapi perlu diberi jeda waktu 2 jam ya.
      Salam sehat

    • purwatiwidiastuti September 30, 2014 / 9:55 am

      Mb lia

    • purwatiwidiastuti September 30, 2014 / 9:56 am

      Boleh saja mengkonsumsi daun sirsak dan vitamin, tapi harus dikasih jeda waktu 2 jam
      Salam sehat

  36. komala Oktober 3, 2014 / 5:15 am

    mbak untuk mengobati tumor pda sluran nfas itu dosisnya berapa ya mbak untuk membuat rebusan daun sirsaknya?

    salam sehat mbak :)

    • komala Oktober 3, 2014 / 5:17 am

      air rebusan daun sirsak ditambahin gula buat diminum bs mempengaruhi khasiatnya ga ya mbak?

      • purwatiwidiastuti Oktober 5, 2014 / 1:08 am

        Mba komala,
        Lebih baik ditambah madu
        Salam sehat

      • Komala Oktober 9, 2014 / 10:11 pm

        Kalo untuk pengobatan tumor dosis pembuatannya berapa ya mbak? Kira” hrus brapa lama baru ada perubahannya mbak? Syukron mbak sbelumnya

  37. sunaryo Oktober 13, 2014 / 1:38 am

    Mba,untuk pengobatan tumor untuk anak anak umur 14 bulan pake reusan daun sirsak aman ga ya mba?.

    • purwatiwidiastuti Oktober 13, 2014 / 1:40 am

      Bapak Sunaryo,
      Sebaiknya daun sirsak tidak dikonsumsi oleh anak balita
      salam sehat

  38. Siborong Able Oktober 30, 2014 / 9:58 am

    Terimakasih untuk semua postingan jawaban dan pertanyaannya, ,,
    Dan bila ada kesaksian diposting lagi,dong , saya juga ada ksta udah dioperasi dengan cara tube,dalam arti dimasukkan tube untuk menyedot,tapi ahir” ini timbul keluhan sakit dibawah pusar sebelah kanan,apakah bisa tumbuh lagi,,,, , , , ,
    Tapi saya masih mengkomsumsi meski saya jaraki wktunya,
    Makasih

    • purwatiwidiastuti November 1, 2014 / 2:32 pm

      Siborong able,
      Semoga segera diberi kesembuhan.
      Tetap berusaha dan berdoa
      Salam sehat

      • luliyana November 3, 2014 / 3:44 pm

        Assalamualaikum…. bu purwatiwidiastuti…. mau nanya saya di sebelah kanan payudara ad benjolan kira” 7cm berapa lembar daun sirsak yg saya minum….diminumny berapa lama setelah di rebus…. trs boleh kah daun sirsak masih segar di simpan di lemari es… terimakasi sebelum ny : )

      • purwatiwidiastuti November 5, 2014 / 6:05 am

        Wa’alaikum salam mbak luliyana,
        Jumlah lembar daun sirsak yang digunakan tergantung kondisi mbak luliyana. Bisa dimulai dengan 7 lembar, bila terlalu berat bisa dikurangi, jika terasa kurang bisa ditambah.
        Daun sirsak bolek disimpan di almari pendingin/kulkas.
        Mengingat benjolannya sudah 7cm sebaiknya diperiksakan ke dokter.
        Salam sehat

  39. luliyana November 5, 2014 / 2:03 pm

    Bu saya sudah pernah ke dokter kt dokter tumor bhs dokterny saya lp sudah di usg jg dan kt dokter hrs di angkat dgn oprasi kecil. Saya tkt denger kt oprasi, pengen yg herbal aja, benjolan ini dah lama banget. Maaf bu kl dah minum rebusan daun sirsak ad pantangan mkn apa aja… dan brp bln minum rebusan daun sirsak…

    • purwatiwidiastuti November 5, 2014 / 10:17 pm

      Mbak luliyana,
      Jalani gaya hidup sehat, seimbang antara pola makan, pola gerak dan pola istirahat.
      hindari makanan minuman yang mengandung pemanis, pengawet, penyedap, pemutih.
      Kurangi makanan berlemak dan manis. Perbanyak buah dan sayur.

      Oya, coba konsumsi juga setiap bangun pagi sebelum makan untuk minum segelas air hangat yang diberi perasan air jeruk nipis tanpa dikasih gula.

      Lama waktu konsumsi daun sirsak sampai benjolan sudah bersih.

      Salam sehat

      • luliyana November 6, 2014 / 1:01 am

        Terimakasi info ny bu…

      • purwatiwidiastuti November 6, 2014 / 1:06 am

        sama sama mbak luliyana

  40. yasir November 22, 2014 / 1:18 am

    assalamualaikum.wrwb
    saya lukman. pnderita varikokel stadium 3. apakah baek mengkonsumsi daun sirsak dan kulit manggis (kulit manggis d tumbuk).
    minta tolong bantuannya. cara minum. brapa kulit manggis yg sdah tumbuk? & brapa lmbar daun sirsak? brapa kali minum dlam shari.
    sangat btuh jawabn dr anda.
    wassalamualaikum.wr.wb

  41. lukman November 22, 2014 / 1:23 am

    assalamualaikum.wrwb
    saya lukman. pnderita varikokel stadium 3. apakah baek mengkonsumsi daun sirsak dan kulit manggis (kulit manggis d tumbuk).
    minta tolong bantuannya. cara minum. brapa sendok kulit manggis yg sdah d tumbuk? & brapa lmbar daun sirsak? brapa kali minum dlam shari.
    sangat btuh jawabn dr anda.
    trimakasih
    wassalamualaikum.wr.wb

    • purwatiwidiastuti November 25, 2014 / 6:25 am

      terima kasih mas hajarmutahir1994

  42. dnanoeng65 Desember 20, 2014 / 6:49 am

    Salam kenal mbak Purwati,, :)
    Saya tertarik sekali dengan posting-posting anda. ☺:)

    • purwatiwidiastuti Desember 20, 2014 / 8:48 am

      Dnanoeng65.
      Salam kenal kembali
      Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya
      Salam sehat

  43. nurhalima Desember 23, 2014 / 4:16 pm

    Assalamualaikum….Mb mau tanya saya ada keluhan di ketiak terasa nyeri jika saya angkat tangan tapi saya raba tdk ada benjolan dan satu lagi keluhan saya yaitu banyak mengeluarkan lendir bening divagina..pertanyaan x apa bisa sy mengkonsumsi teh sirsak tersebut??? Dan aturan minum x gimana??tolong dijawab ya mb…trimaksh ya mb…

    • nurhalima Desember 23, 2014 / 4:19 pm

      Mb boleh minta pin bb untuk konsultasi ??

      • purwatiwidiastuti Desember 23, 2014 / 11:14 pm

        Mbak nurhalima,
        Sy tidak punya bb…
        Pake blog ini saja nggih, biar pengalamannya bisa utk pelajaran pembaca lainnya
        Salam sehat

    • purwatiwidiastuti Desember 23, 2014 / 11:18 pm

      Wa’alaikum salam mbak nurhalima,
      Nyeri di ketiaknya bisa dirunut dulu kapan dan penyebabnya apa
      Utk lendir vagina, bisa di cek bening atau kental, berbau atau tidak, terjadi sepanjang waktu atau pada saat2 tertentu….karena kalau pada masa/tanggal2 produktif, vagina bisa terasa lendirnya banyak.
      Salam sehat.

      • yudha Desember 25, 2014 / 11:34 pm

        Mau tanya.. saya mengidap hepatitis B apakah cocok minum daun sirsak dan berapakah dosisnya tks

      • purwatiwidiastuti Desember 26, 2014 / 1:21 pm

        Mas yudha,
        Saya pernah baca tentang hepatitis b dan daun sirsak, cuma lupa dosisnya. Nanti klo ketemu artikelnya saya info ya
        Salam sehat

      • purwatiwidiastuti Desember 26, 2014 / 1:22 pm

        Kalau yang masih ingat produksi interferon bisa di bantu dengan mengkonsumsi temu lawak.

      • dani saputra Desember 26, 2014 / 1:07 pm

        assalamuaalaikum mbak,, mbak saya mau tanya, kalau untuk penyakit varikokel bisa gak mbak,, trus kalau bisa.. kira2 dosis nya gmana y mbak,,???

      • purwatiwidiastuti Desember 26, 2014 / 1:19 pm

        Wa’alaikum salam Mas dani saputra,
        Saya belum pernah dengar tentang varikokel…apa yaa itu?

  44. eka Desember 27, 2014 / 6:19 am

    Selamat siang mbak :)
    Saya mau tanya mbak, payudara saya mau terasa nyeri dan saya raba sepertinya ada benjolan tapi belum terasa jelas.
    sebaiknya dosis rebusan saya gimna mbak?
    bantu jawab yh mbak.
    mAkasi

    • purwatiwidiastuti Desember 27, 2014 / 8:44 am

      Mbak eka,
      Selamat siang.
      Rebus 7lembar daun sirsak dg 4 gelas air sampai tinggal 2. Diminum pagi dan sore.
      Semoga bermanfaat
      Salam sehat

  45. widy alviansyah Desember 27, 2014 / 7:07 am

    mbak apakah daun sirsak dapat menurunkan hemoglobin. jika iya berapa lembar daun

    • purwatiwidiastuti Desember 27, 2014 / 8:42 am

      Mbak widy alviansyah,
      Saya belum pernah membaca hubungan daun sirsak dg penurunan hemoglobin. Nanti kalau ketemu saya posting di blog ini
      Salam sehat

  46. evi Januari 8, 2015 / 7:25 pm

    Mbk, sy baca di internet untuk sakit punggung, sdiakan daun sirsak 20 lembar dgn air 5 gelas ϑȋ rebus, sampai menjadi 3 gelas, trus ϑȋ minum sekali sehari.. Trus sisa untuk 2 gelasx itu gmn mbk, apaa ϑȋ biarkan ϑȋ panci trus ϑȋ angetin lg bwt ϑȋ mnum bsokx, trimakasih mbk

    • purwatiwidiastuti Januari 8, 2015 / 10:25 pm

      Mba evi,
      Sisa utk diminum berikutnya dimasukin botol, masukkan ke almari es
      Salam sehat

  47. ucha Januari 19, 2015 / 5:08 am

    mbak purwati ..saya sangat berkesan denga blog anda.sya ingin menanyakan..saya ada kista skitar 2.5 cm ..jdi sya sangat ingin berikhtiar lwat daun sirsak ini..tpi sya msih bingung dengn dosisnya mbak…mhon pnjelasan.

    • purwatiwidiastuti Januari 19, 2015 / 1:39 pm

      Mbak ucha,
      Kistanya dimana? Sudah berapa lama?
      Ambil 7-13 daun sirsak direbus dg 3 gelas air sampai tinggal 1 gelas. Minum tiap pagi dan sore.
      Jumlah daun bisa dikurangi atau ditambah sesuai kondisi tubuh.
      Salam sehat

      • ucha Januari 19, 2015 / 3:43 pm

        Kista di area perut / rahim…sya juga kurang tahu., oa jdi sya minum 2 x sehari jadi dua gelas mbak yaa…pagi 1 glas dan sore 1 gelas.?apakah bgtu mbak

      • purwatiwidiastuti Januari 19, 2015 / 8:56 pm

        Mbak ucha,
        Apa sudah diperiksakan kedokter untuk kepastian kistanya atau hanya dugaan? Sebaiknya periksakan untuk kepastian kista, baru dipilih alternatif pengobatannya.
        Iya, 2x sehari.
        Daun sirsak direbus dengan wadah selain alumunium ya
        Salam sehat

  48. nurhidayat Januari 22, 2015 / 6:08 am

    Sy mau nanya,sy udah lama hbs keguguran tp sy tdk d kurek krn sy takut,apa sy bisa minum rebusan daun sirsak

    • purwatiwidiastuti Januari 26, 2015 / 12:59 pm

      Mbak nurhidayat,
      Sebenarnya di kurek akan lebih baik.
      Mbak bisa saja minum rebusan daun sirsak. Tapi tujuannya sebenarnya mau untuk apa?
      Salam sehat

  49. femmyactive Januari 27, 2015 / 9:28 am

    Artikelnya Menarik dan bermanfaat.

    • purwatiwidiastuti Januari 27, 2015 / 11:09 am

      Femmyactive,
      Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya
      Salam sehat

  50. elcahyo Januari 28, 2015 / 5:51 am

    Mmmm…. mantab info artikelnya baru tau kalo manfaatnya daun sirsak sangat baik, tapi ulat keketnya itu lho… ngaeriiii…..hehehe!!!
    ubiaod.wordpress.com

    • purwatiwidiastuti Januari 28, 2015 / 6:11 am

      mas elcahyo,
      terima kdan kasih atas kunjungan dan komentarnya
      semoga bermanfaat
      salam sehat

      • elcahyo Januari 28, 2015 / 6:31 am

        Masama…

  51. Yosep Ocep Hermanto Februari 3, 2015 / 2:21 pm

    Dear Mba Purwati…….
    Tolong minta pencerahan’y mba!
    Ayah saya diVonis Kanker Usus Stadium 3, Dokter bedah menyarankan operasi (pengangkatan) dan Harus menggunakan Kantong pembuangan (bukan sementara).
    Akhir’y saya memilih cara Tradisional, dgn cara Mengkonsumsi Daun Sirsak (Resbusan). sudah 3 hari berjalan smpai saat ini (03 Feb 2015) dgn cara tersebut, Alhasil ayah saya jd sering BAB (Mencret) dan keluar Lendir……
    ASK :
    1. Apakah Penyebab mencret-mencret pengaruh dari Daun Sirsak tsb?
    2. 3 x sehari, dgn merebus daun itu sbyk 7-10 lbr cukup / byk ?
    3. Dalam penyakit kanker usus ini, apakah BAB keseringan (Lendir) sangat berbahaya?
    TKS

    • purwatiwidiastuti Februari 12, 2015 / 6:20 am

      pak yosep ocep hermanto,
      1. bisa jadi karena dosis daun sirsak terlalu tinggi, bisa juga karena hal lain
      2. 3x sehari untuk seminggu awal cukup, 2 minggu berikutnya cukup 2x sehari dan kemudianmenjadi 1x sehari
      3. untuk BAB keseringan dan hubungannya dengan bahaya kanker usus bisa ditanyakan kepada dokternya
      salam sehat

  52. maswanto aceh Februari 12, 2015 / 8:16 am

    ooooo rupanya bisa buat obat juga ya….??? bagus juga ya… trims info nya

    • purwatiwidiastuti Februari 12, 2015 / 1:34 pm

      Maswanto aceh,
      Terima kasih kunjungannya
      Salam sehat

    • purwatiwidiastuti Februari 13, 2015 / 3:40 pm

      Salam sehat

    • purwatiwidiastuti Maret 10, 2015 / 8:21 am

      Salam kenal kembali
      Semoga bermanfaat

      • Adhella Komaladewi Maret 15, 2015 / 6:28 am

        Salam Sehat mbak, sya mau nanya klo buat pengobatan kanker getah bening yg sudah cukup parah sebaiknya dosis konsumsi daun sirsaknya gmna mbak? Apakah baik jika dilakukan operasi kanker tersebut? Terimksh mbak dimohon jawabannya :)

  53. Adhella Komaladewi Maret 15, 2015 / 6:27 am

    Salam Sehat mbak, sya mau nanya klo buat pengobatan kanker getah bening yg sudah cukup parah sebaiknya dosis konsumsi daun sirsaknya gmna mbak? Apakah baik jika dilakukan operasi kanker tersebut? Terimksh mbak dimohon jawabannya :)

    • purwatiwidiastuti Maret 15, 2015 / 6:58 am

      Mbak adhella komaladewi,
      Menurut saya, ikuti saran dokter dan barengi juga dengan mengkonsumsi daun sirsak. Beri jeda 2 jam setelah minum obat.
      Beberapa dokter mengijinkan pengobatan medis dan herbal berjalan berdampingan.
      Salam sehat

  54. adriagita Maret 20, 2015 / 3:22 am

    Sangat bermanfaat infonya :) thanks

    • purwatiwidiastuti Maret 20, 2015 / 5:11 am

      Dik Adriagita,
      Terima kasih sudah mampir dan memberi komentar
      Salam sehat

  55. Asih Maret 24, 2015 / 3:52 pm

    Aku ada kelenjar dileher…gak tau kanker, gak tau mungkin hanya benjolan biasa…tp intinya aku ikut2an minum rebusan daun sirsak..daun sirsak yg aku rebus, gak pake aku hitung..langsung aja petik sebanyak’nya, taruh panci, tuang air Dan rebus sampai mendidih, setelah mendidih biarkan terus dgn api kecil, sampai air berwarna coklat kehitaman…biasanya 1 panci itu bisa aku minum utk 4 hari..1 hari, aku minum 2x pagi Dan malam…Alhamdulillah, emang blm hilang benjolannya…tp sdh agak mengecil…mungkin salah Cara aku merebus Dan menakar banyak’nya daun sirsak, tp selama hasil’nya ada…aku capcus terus aja dech…hehehehhehe

    • purwatiwidiastuti Maret 24, 2015 / 9:46 pm

      Mbak asih,
      Terima kasih sharing pengalaman mengkonsumsi rebusan daun sirsak dan optimismenya berusaha sembuh.
      Salam sehat

  56. Naiah April 4, 2015 / 10:06 am

    7 lmbr untuk 1x rebusan atau bisa direbus berulang-ulang????

    • purwatiwidiastuti April 6, 2015 / 12:27 am

      mbak Naiah,
      sebaiknya rebusan daun sirsak digunakan sekali rebus saja, meski kalau mau direbus berulangkali juga boleh tetapi manfaat utama ada pada rebusan pertama
      salam sehat

      • yenny April 11, 2015 / 6:47 am

        Saya ada kista 10.3 cm vol 370 cc saya takut dioperasi

      • purwatiwidiastuti April 13, 2015 / 2:19 am

        Mbak Yenny,
        kista apa dan dimana? Tidak semua kista harus operasi koq. Apa sudah diperiksakan ke dokter? apa advisnya?
        saya ada kista di ginjal sejak tahun 1995, kata dokter tidak perlu dioperasi dan alhamdulillah sampai sekarang ginjal saya masih baik-baik saja dan semoga tetap akan begitu.
        salam sehat

      • Umar April 16, 2015 / 11:41 pm

        Tahun 1988, kista disekitar ginjal (kanan) saya pernah diambil/operasi (1500 cc). Kondisi sekarang masih tersebar kecil-kecil di sekitar ginjal. Secara fisik tidak mengganggu kesehatan saya. Pertanyaannya apakah daun sirsak bias mengurangi kista, dan adakah hubungannya dengan cegukan. Terkadang kalau cegukan bias berhari-hari.

      • purwatiwidiastuti April 17, 2015 / 12:54 am

        Pak Umar,
        Saya belum pernah baca artikel hubungan daun sirsak dengan kista kecil2 tersebar disekitar ginjal.
        tetapi sebagai manusia kita wajib berusaha, semoga Allah menyembuhkan penyakit kita.
        Untuk hubungan kista dan cegukan bisa konsul ke dokter, tapi sejauh pengalaman orang disekitar saya, kolega teman tetangga koq nggak ada yang cegukan karena kista ya
        salam sehat

  57. m. farik akbar April 14, 2015 / 1:51 am

    Klo untuk yang diet di konsumsi kapan mbak.. ?? Sebelum apa sesudah makan nihh
    Takutnya salah…
    Mohon di balas dan d tunggu blsannyaa.
    Lg buttuh bgt nih
    Salm sehatt

    • purwatiwidiastuti April 14, 2015 / 2:44 am

      mas farik akbar,
      untuk diet kalau saya boleh menyarankan pakai jeruk nipis lebih afdol
      salam sehat

      • m. farik akbar April 14, 2015 / 5:17 am

        Cara nya bagaimana.. Soal nya ini untuk kawan cewek saya. Diaa kls 1 Sma..
        Kalo mau pake daun sirsak gimana mbak ??? Sebelum apa sesudah makan ???

        Maaf ya mbak banyak tanya. Takutnya salah
        Mhn di balas mbak

      • m. farik akbar April 14, 2015 / 5:33 am

        Kalo pake jeruk nipis di konsumsi berapa kli mbak ??
        Dan kalo pake daun sirsak di konsumsi sebelum apa sesudah mkn ???
        Mohon bantuannya mbakk.. Lagi butuh bnget.

        Salam sehat

      • purwatiwidiastuti April 15, 2015 / 2:20 am

        mas farik akbar,
        jeruk nipis efektif diminum saat bangun tidur sebelum makan atau minum apapun.
        rebusan daun sirsak dikonsumsi sesudah makan
        salam sehat

      • purwatiwidiastuti April 16, 2015 / 1:03 pm

        Mas farik akbar,
        Jeruk nipis cukup sekali bangun tidur saja
        Daun sirsakpun juga sekali sehabis makan malam
        Salam sehat

      • purwatiwidiastuti April 16, 2015 / 1:04 pm

        Maaf telat,2 hari nggak sempat baca notifikasi

      • m. farik akbar April 21, 2015 / 5:31 pm

        Iya gk apa2 mbak..
        Berapa lama ngonsumsi jeruk nipisnya mbak ???
        1 bulan atau berapa lama ??

      • purwatiwidiastuti April 21, 2015 / 10:08 pm

        Mas m farik akbar, Begitu minum langsung ngefek. Untuk berapa lama dan berapa kg bobot tubuh yang susut akan beda masing-masing orang, tergantung pada olahraga dan makanan lain yang dikonsumsinya. Makin teratur olahraga dan makanan sehat yang dikonsumsi makin cepat mencapai bobot yang diinginkan dan bertahan pada bobot tersebut. Salam sehat

  58. Jujuimas Jujuimas Mei 2, 2015 / 7:27 am

    Slm kenl mba sya punya tumor jinak sudah 10 taun apa bisa di sembuh kn dengn minum rebusan daun sirsak dan kulit manggis cra y gmna ..klau daun sirsak ya kering bisa engg karna sya ada di taiwan jdi nunggu kirimn dri indo kasiya at ya sma engg makh ..trus berpa lember ..minum y 2x sehri atau bgai mna mksh

    • purwatiwidiastuti Mei 2, 2015 / 7:46 am

      Jujuimas jujuimas,
      Daun sirsak kering ga masalah. Bisa baca tulisan sy yg lain tentang daun sirsak segar atau kering.
      Bisa mengkonsumsi daun sirsak atau dicampur dengan kulit manggis.
      Karena di taiwan susah daun sirsak maupun kulit manggis, bisa konsumsi dalam bentuk kapsul.
      Daun sirsak dan kulit manggis adalah sarana, kesembuhan datangnya dari Allah swt, jadi tetaplah berusaha dan berdoa. Semoga Allah memberikan kesembuhan. Aamiin.
      Salam sehat

  59. Jujuimas Jujuimas Mei 2, 2015 / 8:50 am

    Amiiin mksh mba …sya tiap mau tidur jg minum obt her bal mastin sirsk dn manggis tpi ttp az engg ada reaksi y…ingin meyoba minur air ya mksh …..mksh byk ats jwaban ya mba

    • purwatiwidiastuti Mei 2, 2015 / 2:01 pm

      Jujuimas jujuimas,

      Sama2. Semoga cepat sembuh.

  60. Rusnaini Mei 13, 2015 / 2:22 am

    Slm kenal mbak,anakku umurx10 th.ada bencolan dileherx ,aku ngga tau apakah itu tumor atau kanker.apakah bisa aku kasi minum rebusan daun sirsak tersebut.dan brp takaranx untuk usia sprtix.makasih.

    • purwatiwidiastuti Mei 13, 2015 / 5:46 am

      Bu Rusnaini,
      sebaiknya di kontrolkan ke dokter untuk mendapatkan kepastian apakah tumor atau kanker. Anak usia 10 tahun bisa mengkonsumsi rebusan daun sirsak, dengan dosis setengah orang dewasa.
      salam sehat

  61. Rusnaini Mei 13, 2015 / 11:08 am

    Mba,aku biasa rasakan nyeri ssekali dibagian payudara disekitar bawah ketiak,setelah aku raba 2 disekitar tersebut ngga ada juga benjolan aku dapat,cuma dibagian punggung belakang tulang agak terasa kayak habis kerja keras biasa ngilu juga,apakahmba itu merupakan awal gejala kanker payudara.akhirx aku coba minum rebusan daun sirsak tersebut ,meskipun blm periksa kedokter,cuma untuk menghindari jangan sampai kena kanker payudara tersebut.

    • purwatiwidiastuti Mei 13, 2015 / 11:35 am

      Mb rusnaini,
      Saya juga tidak tahu apakah itu kanker atau bukan, sebaiknya periksa dokter baru tindakan pengobatan yg dipilih.
      Salam sehat

  62. liliss Mei 13, 2015 / 3:18 pm

    bak saya lilis,,saya ade benjolan dipayudara ukurnny 5cm,,uda 3 tahun lebih kata dokter tumor jinak,,apakah bisa komsumsi daun sirsak jg,,

    • purwatiwidiastuti Mei 14, 2015 / 12:19 am

      Mbak liliss,
      Duchh kemarin sy sudah jwb lewat laptop, koq ga masuk yaa…
      Bisa saja konsumsi rebusan daun sirsak mbak. Sabar yaa. Semoga sembuh.

  63. Rusnaini Mei 16, 2015 / 3:12 pm

    Mba ,baru 2hari ini aku minum rebusan daun sirsak tenggerokanku sakit(sariawan) apakah itu efek dari minum airrebusan daun sirsak tersebut,atau terlalu banyak dosisx 10lbrdaunx 3gls airx jadix sisa 1gelas ,pagi danmlm.saya minum,apakah masih bisa saya lanjutkan untuk minum,meskipun sariawan blm sembuh.mks,wsl.

    • purwatiwidiastuti Mei 16, 2015 / 10:13 pm

      Mb rusnaini,
      Sejauh pengetahuan dan pengalaman pribadi maupun teman koq ngga ada yg efeknya sariawan ya.
      Minum rebusan daun sirsak tetap bisa dilanjutkan.
      Salam sehat

  64. Rusnaini Mei 17, 2015 / 9:55 am

    Mba nanya lagi nih,soalx banyak keluhan dibadan.ngini,suami saya sering BAK sedfikit 2.jadi saya hanjurkan minum.rebusan daun sirsak,pertamax dia ngga merasakan nyeri,tapi setelah kian hari diaminum rebusan daun sirsak dia merasakan nyeri pada saatBAK.akhirx ia stop minum dulu.karena hari 1,2,3dst dia ngga merasakan nyeri.mba.apakah masih bisa ia lanjutkan untuk minum,dan apakah cocok untuk bagi orang yg sering sakit pinggang bisa mengkomsumsi rebusan daunsirsak tersebut dan takarax bgm,Dan reaksi apakah kira 2 yang dialami suami sy tersebut,mohon bantuanx mba,mksh.wslm.

    • purwatiwidiastuti Mei 17, 2015 / 12:28 pm

      Bu rusnaini,
      Sebaiknya dibawa ke dokter dulu untuk mengetahui penyebab bak yg sedikit2 itu. Kalau sudah tahu penyebabnya baru dicari pengibarab yang cocok.
      Salam sehat

  65. Rusnaini Mei 17, 2015 / 11:46 pm

    Mba,bisakah rebusan daun sirsak dikomsumsi Advan ebagai awal penjegahan.dan dosisx brp klu boleh,wslm.

    • purwatiwidiastuti Mei 18, 2015 / 7:04 am

      bu rusnaini,
      maaf siapa atau apa yg dimaksud advan ya

    • purwatiwidiastuti Mei 19, 2015 / 9:28 am

      Bu rusnaini,
      Maaf Advan itu apa maksudnya ya? Itu nama atau apa, maaf saya tidak paham

Berikan Balasan

