Daun sirsak untuk pengobatan

“Minggu kemarin aku ke dokter siap untuk melakukan operasi tumor payudara yang sudah kusepakati dengan dokter sejak bulan lalu”…begitu penggalan sms dari sahabatku…

“tapi betapa terkejutnya aku, karena setelah di USG benjolan itu sudah tidak ada lagi”…begitu sms lanjutannya

“yach, ternyata setelah aku rutin minum rebusan daun sirsak, benjolan itu hilang tak berbekas sehingga tidak terdeteksi dalam pemeriksaan dengan USG”

Sungguh-sungguh berita yang sangat menggembirakan sahabatku tidak perlu berhadapan dengan pisau bedah, hal itu tak lepas dari rutinitas dia minum air rebusan daun sirsak sejak divonis dokter untuk melakukan operasi tumor dipayudaranya.

Ini merupakan salah satu bukti nyata dialami orang dekat yang kusayangi, hal ini semakin memperkuat keyakinan akan khasiat daun sirsak sebagaimana yang telah banyak diutarakan dalam beberapa hasil penelitian sejak beberapa tahun lalu.

  • Penelitian Health Sciences Institute diambil berdasarkan kebiasaan hidup suku Indian yang hidup di hutan Amazon. Beberapa bagian dari pohon ini seperti kulit kayu, akar, daun, daging buah dan bijinya, selama berabad-abad menjadi obat bagi suku Indian. Graviola atau sirsak diyakini mampu menyembuhkan sakit jantung, asma, masalah liver (hati) dan rematik.
  • Sejak 1976, graviola telah terbukti sebagai pembunuh sel kanker yang luar biasa pada uji coba yang dilakukan oleh 20 Laboratorium independen yang berbeda dan dilakukan di bawah pengawasan The National Cancer Institute.
  • Suatu studi yang dipublikasikan oleh the Journal of Natural Products menyatakan bahwa studi yang dilakukan oleh Catholic University di Korea Selatan, menyebutkan bahwa salah satu unsur kimia yang terkandung di dalam graviola, mampu memilih, membedakan dan membunuh sel kanker usus besar dengan 10.000 kali lebih kuat dibandingkan dengan adriamycin dan terapi kemo.
  • Penemuan yang paling mencolok dari studi Catholic University ini adalah: graviola bisa menyeleksi memilih dan membunuh hanya sel jahat kanker, sedangkan sel yang sehat tidak tersentuh atau terganggu.
  • Graviola tidak seperti terapi kemo yang tidak bisa membedakan sel kanker dan sel sehat, maka sel-sel reproduksi (seperti lambung dan rambut) dibunuh habis oleh terapi kemo, sehingga timbul efek negatif rasa mual dan rambut rontok.
  • Studi di Purdue University membuktikan bahwa daun graviola mampu membunuh sel kanker secara fefektif terutama sel kanker : prostate, pancreas, dan paru-paru

Bagaimana cara mengkonsumsi daun sirsak

Untuk pencegahan: dapat dilakukan dengan mengkonsumsi secara teratur buah sirsak baik dengan cara dimakan langsung atau dalam bentuk jus buah.
Daun Sirsak Untuk Penyembuhan Kanker

Untuk penyembuhan: bisa dengan merebus 10 buah daun sirsak yang sudah tua (warna hijau tua) ke dalam 3 gelas air (600cc) dan direbus terus hingga menguap dan air tinggal 1 gelas (200cc) saja. Air yang tinggal 1 gelas dimimumkan ke penderita setiap hari 2 kali.
Efek meminum ramuan daun sirsak adalah perut akan terasa hangat/panas dan badan berkeringat deras.

Obat herbal yang berasal dari daun sirsak ini bukanlah obat instan, pasien memerlukan waktu 3 sampai 4 minggu dengan meminumnya secara rutin untuk dapat merasakan manfaat penyembuhannya.

Reaksi pengobatan

Reaksi pengobatan menggunakan daun sirsak olahan umumnya bereaksi setelah 3-7 hari setelah pengobatan secara teratur 3 kali sehari walaupun ada juga baru bereaksi setelah 1 bulan konsumsi secara teratur.

Jika tidak ada reaksi, periksa kembali secara detail, dari pemilihan alat dan bahan, teknik pengumpulan daun, pengolahan, teknik konsumsi bahkan apakah rutin atau tidak, karena semuanya merupakan kesatuan yang harus dipenuhi untuk hasil yang maksimal.

Memeriksa kondisi penyakit Anda sebelum pengobatan dan periksa kembali dalam dua minggu setelah perawatan untuk melihat sejauh mana reaksi terhadap perawatan dengan metode daun sirsak ini.

Untuk terapi dengan buah bagi penderita maag yang khawatir asam lambung meningkat konsumsi buah sirsak sedikit asam, harus mengkonsumsi buah 1 jam setelah makan. Bila menderita maag akut cukup, konsumsi buah dapat dilakukan dengan dikukus daging pertama sehingga kurang sirsak rasa asam.

Semoga bermanfaat

285 thoughts on “Daun sirsak untuk pengobatan

  1. NIna Januari 6, 2012 / 4:13 am

    Mba, saya pernah minum daun sirsak yang direbus, sebenarnya bagus karna tumor saya mengecil, tapi mba apakah kalau saya rutin minum rebusan daun sirsak ada efek sampinya untuk reproduksi saya, karna saya takut rahim saya kering, apa ada hubungannya antara daun sirsak bisa mengeringkan rahim saya, tolong penjelasannya.
    Thx

    • purwatiwidiastuti Januari 9, 2012 / 12:33 am

      mbak nina,
      informasi yang pernah saya baca, daun sirsak juga digunakan untuk meningkatkan kesuburan.

      • Nina Januari 9, 2012 / 2:16 am

        Thx ya mba penjelasannya,

    • admin khasiat Januari 9, 2015 / 3:16 am

      Semua yang berlebihan ga baik, kalau untuk kesehatan saja / pencegahan minum saja 2 hari sekali atau seminggu 2 kali…
      Buat yang butuh daun sirsak kering, saya jual daun sirsak kering

  2. purwatiwidiastuti Januari 10, 2012 / 12:41 am

    sama2 mba nina
    semoga mbak nina tetap fit dan bugar
    salam sehat

  3. siska Januari 16, 2012 / 3:10 am

    mba,saya sdng mencoba terapy meminum rebusan daun sirsak ini, karena ada benjolan dibag tengah dada saya,sdh semimggu saya rutin meminum sempat keluar cairan dan skrng mengecil, brapa lama ya saya konsumsi ini?ada yg bilang 2 bulan rutin,dan ada efek ke tekanan darah ga , karena tekanan darah saya rendah, makasih mba

    • purwatiwidiastuti Januari 16, 2012 / 4:35 am

      mbak siska,
      teruslah minum sampai sudah tidak terasa lagi,memang masing2 orang akan berbeda waktu untuk bisa merasakan manfaatnya.
      salah satu manfaat daun sirsak untuk hipertensi, maka mbak siska perlu cek tekanan darahnya agar tidak terlalu rendah.
      salam sehat

  4. siska Januari 17, 2012 / 4:27 pm

    Okee thanks mba atas infonya

  5. purwatiwidiastuti Januari 18, 2012 / 12:25 am

    sama2 mbak siska.
    salam sehat

    • purwatiwidiastuti Januari 19, 2012 / 2:25 am

      terima kasih hidup4belajar

  6. badewee Januari 21, 2012 / 3:39 pm

    Assalamualaikum wr.wb.,
    Moga semua tetap dalam keadaan sehat. Aamiin

    izin jadi follower di blog yang keren niee,
    inilah enaknya punya teman, saran dari pengalaman bisa berguna utk kita semua…
    selamat Berakhir pekan…

    • purwatiwidiastuti Januari 24, 2012 / 1:23 am

      wa’alaikum salam
      monggo pak bade
      semoga bermanfaat

  7. yani Januari 21, 2012 / 4:08 pm

    mba anak saya usia 2thn ada benjolan dilehernya kalo dr luar kelihatannya sbsar tablet obat sakit kepala, kira2 terapinya gimana? baiknya diminum sblm/sesudah mkn terus berapa bnyak bisa tidak kalo cuma 1 sendok mkn perharinya? mohon jwbnya ya mba tks

    • purwatiwidiastuti Januari 24, 2012 / 1:22 am

      mbak yani,
      sebaiknya putra mbak yani diperiksakan ke dokter dulu untuk mengetahui benjolan tersebut.
      setelah tahu dengan pasti penyebab benjolan barulah dilakukan langkah pengobatan yang tepat

      semoga anak mbak yani segera sembuh
      salam sehat

  8. helmi Januari 22, 2012 / 7:50 am

    salam kenal mbak..
    Saya terkena kista ukuran 2 cm di ovarium kanan dan kiri, ada saran utuk minum rebusan daun sirsak. saya mau tanya ttg cara merebus daunnya:
    1. apakah panci harus ditutup selama perebusan?
    2. setelah mencapai 1 gelas selama penginginan apakah juga boleh ditutup agar uapnya tdk keluar?
    3. daun sirsaknya bisa utuk dua kali rebus tidak mbak?
    trimakasih..

    • purwatiwidiastuti Januari 24, 2012 / 1:18 am

      mbak helmi,
      ditutup atau dibuka selama perebusan tidak masalah yang lebih penting adalah menggunakan panci selain logam/alumunium
      sekali rebus untuk minum 2-3 kali sehari gapapa mbak, dan tentu saja cara ini akan mengurangi tingkat kerepotan penyajian khan
      semoga mbak helmi tetap semangat

  9. mariza Januari 28, 2012 / 2:43 am

    mba, merebus daunnya kalau tidak dengan panci aluminium truz dengan apa???

    • purwatiwidiastuti Maret 24, 2012 / 11:40 pm

      mbak mariza,
      punya tembikar, keramik atau kuali/kendil dari tanah liat ga?
      itulah beberapa jenis wadah yang bisa digunakan untuk merebus pengganti panci alumunium

  10. christin margaretha Januari 30, 2012 / 3:53 am

    salam kenal mba
    saya christin,,saya tidak penyakit kanker atapun timor,,hanya tonsil yg meradang,,apakah bisa saya mengkonsumsi daun sirsak secara rutin???mba apakah daun sirsak bisa dikonsumsi bagi orang yang sehat( tidak menderita kanker/timor)???apakah daun sirsak bagus untuk diet??? mohon saranya mba…

    • purwatiwidiastuti Februari 1, 2012 / 1:03 am

      mbak christin,
      saya belum pernah membaca manfaat daun sirsak untuk diet, kalau mbak mau christin bisa mencoba dan ternyata bisa untuk diet, saya tunggu berbagi pengalamannya ya
      salam sehat

  11. christin margaretha Januari 30, 2012 / 3:55 am

    salam kenal mba
    saya christin,,saya tidak menderita penyakit kanker atapun timor,,hanya tonsil yg meradang,,apakah bisa saya mengkonsumsi daun sirsak secara rutin???mba apakah daun sirsak bisa dikonsumsi bagi orang yang sehat( tidak menderita kanker/timor)???apakah daun sirsak bagus untuk diet??? mohon saranya mba…

    • purwatiwidiastuti Februari 1, 2012 / 1:02 am

      mbak christin,
      salam kenal kembali
      daun sirsak kaya kandungan antioksidan dan berbagai zat gizi lainnya yang dibutuhkan tubuh manusia, sehingga mengkonsumsi daun sirsak bagi orang sehat bukanlah larangan, karena bisa untuk menjaga kesehatan dan menjaga stamina. Kolega saya minum rebusan kulit manggis juga digunakan untuk menjaga stamina dan dia senang bereksplorasi dengan mengkombinasikan berbagai bahan lain seperti daun salam (yang dipercaya bisa untuk menurunkan asam urat), sereh (bagus untuk mengurangi bau badan), dl.
      selamat mengkonsumsi dan mencoba berbagai variasi, yang penting sesuaikan porsinya dengan kondisi tubuh mbak christin. Kalau ada pengalaman yang berkesan, jangan lupa berbagai info ya mbak.
      salam sehat

  12. elly di jakarta selatan Februari 10, 2012 / 9:15 am

    mba apakah daun sirsak bisa mengobati darting?

  13. elly di jakarta selatan Februari 10, 2012 / 9:22 am

    Mba saya gampang sekali masuk angin dan timbul rasa mual …serasa ingin muntah tapi
    tidak bisa
    apakah dengan meninum rebusan daun sirsak dapat mengurangi rasa mual???
    apakah benar direbus dengan hitungan ganjil???

    • purwatiwidiastuti Februari 10, 2012 / 9:32 am

      mbak elly,
      salah satu manfaat daun sirsak untuk pencernaan, mudah2an masalah mual mbak elly teratasi dengan rebusan daun sirsak. Sejauh yang saya tahu, daun yang direbus berjumlah ganjil
      salam sehat

  14. Umar Fadloli Februari 12, 2012 / 2:36 am

    saya sering minum rebusan daun sirsak 7 lembar tiga gelas air lalu tinggal satu gelas lalu aku minum sekali menjelang mau tidur tapi kok sekarang asam lambung saya sering naik gimana solosinga

    • eza Desember 4, 2012 / 10:29 am

      Saya juga rutin minum, memang keras banget untuk lambung.
      Pertama kali minum lambung saya langsung perih lantas saya coba minum setelah makan supaya lambung tidak kosong alhasil aman ga perih lagi, tapi nafas saya langsung plonk (maklum saya perokok berat), kalau untuk diet lebih baik dipikir2 lagi soalnya semenjak rutin minum selera makan saya jd bertambah.
      Mohon dikoreksi jika ada yg salah, terima kasih & salam kenal

      • purwatiwidiastuti Desember 5, 2012 / 12:51 am

        eza,
        terima kasih sharing pengalamannya
        moga2 daun sirsak juga bisa menjadi penolong utk berhenti merokok ya
        apa mas esa mau mencobanya? dan hasilnya di sharing di blog ini, agar bisa diikuti oleh banyak orang
        salam sehat

  15. meetha Februari 12, 2012 / 7:01 am

    mba, apa daun sirsak bisa menyembuhkan keputihan? trims…

    • purwatiwidiastuti Februari 13, 2012 / 2:01 am

      mbak meetha,
      daun sirsak kaya antioksidan yang bagus untuk stamina tubuh,saya belum pernah membaca penemuan untuk mengatasi keputihan, tapi kalau stamina bagus gangguan tubuh menjauh, saya percaya itu
      semoga mbak meetha segera terhindar dari masalah keputihan

  16. merry sulistianto Februari 13, 2012 / 2:30 am

    mba,sya sudah mengkonsumsi rebusan daun sirsak selama 6 bulan tetapi benjolan yg ada di leher saya blum juga kunjung mengempes,sementara saya jga sedang proses untuk memiliki momongan,apakah tdk mempengaruhi kandungan sya mba (kandungan jdi mengering akibat byk minum rebusan daun sirsak)..

    trims

    • purwatiwidiastuti Februari 13, 2012 / 3:50 am

      mbak merry,
      menurut beberapa herbalis, tidak ada herbal tunggal untuk mengobati penyakit, seperti juga daun sirsak ini. Dan kita perlu juga berpikir bahwa namanya herbal hasilnya tidak akan secepat obat kimia.
      apakah benjolan dileher itu sudah diperiksakan ke dokter, dan apa diagnosisnya?
      saya belum yakin (mendapat referensi) untuk efek daun sirsak terhadap kekeringan kandungan.

  17. theresia Februari 21, 2012 / 4:17 am

    mbak apa daun sirsak bisa juga untuk mengobati keputihan??

    • purwatiwidiastuti Februari 23, 2012 / 7:55 am

      mbak theresia,
      coba nanti saya buka-buka lagi referensi saya ya
      salam sehat

  18. Nina Februari 23, 2012 / 1:28 am

    Hai mba pa kabar nih..
    mau tanya lagi nih mba, daun sirsak kan termasuk jarang ada di daerah saya, jadi suami saya pesan daun sirsak yang sudah siap pakai ( kering ), apa ada perbedaan daun yang sudah kering sama daun yang masih basah yah? soalnya kok tumor saya ga ada perubahannya ya.
    mohon penjelasannya ya mba.
    thx.

  19. purwatiwidiastuti Februari 23, 2012 / 7:54 am

    mbak nina,
    alhmdlh sehat mbak, mbak nina sehat2 juga khan
    menurut sepengetahuan saya ga beda sich mbak, yang membedakan ya kepraktisan proses dan penyajiannya. Kalau menurut herbalis,aku lupa namanya yang membedakan adalah ketahanan/kesesuaian dengan tubuh kita. Maksudnya karena herbal itu masuk dan berproses lewat pencernaan, mala yang lambungnya sensitif lebih cocok konsumsi yang kering sedang yang tak bermasalah dengan pencernaan sebaiknya konsumsi segar.
    Bukti lagi, kenapa tidak beda, khan sekarang banyak dijual daun sirsak dalam berbagai tampilan baik teh, kapsul maupun bubuk khan.
    Mbak Nina, sepengetahuan saya, pengobatan herbal tidak ada yang sim salabim, alias butuh waktu untuk berproses, dan penyakit kita tidak datang tiba-tiba sehingga sebaiknya dalam berikhtiar pengobatanpun kita sebaiknya disiplin, sabar dan konsisten, serta yang lebih penting adalah keyakinan diri.
    salam sehat

    • Nina Februari 24, 2012 / 2:20 am

      thx ya mba penjelasannya, iya sih baru mulai lagi 1 bulan yang lalu, memang alhamdulilah sudah tdk berasa sakit lagi cuma belum ada perubahan di benjolannya, wah kayanya obrolan disini cepat balasnya ya, nanti klo saya ada keluhan masih boleh tanya2 yah mba…
      thx lho sebelumnya.

      • Margo Maret 24, 2012 / 2:49 am

        Saya pernah baca, kalau tidak salah untuk yang kering akan sama khasiatnya asalkan proses pengeringannya tidak terjadi kerusakan, yaitu jangan dijemur langsung kena matahari sehingga daun menjadi gosong (renyah) tapi kering dg diangin-angin.

      • purwatiwidiastuti Maret 24, 2012 / 3:43 am

        pak margo,
        setahu saya juga begitu
        bahkan daun sirsak yang kita simpan dikulkaspun juga bisa mengering koq, persis seperti keringnya daun salam
        salam sehat

    • eza Desember 4, 2012 / 10:41 am

      Bagi2 pengalaman nih mba, kalo saya minum rebusan daun kering memang ada hasilnya tapi masih jauh banget dibanding yang basah.
      Dulu saya langganan daun yg kering tapi ribet dan males transfer2 rekening jd saya muter2 cari pohon na, Alhamdulillah dapet, bersyukurlah kepada Allah karena Dia taruh banyak senyawa antioksidan di pohon sirsak bukan di pohon merica atau cengkeh yg notabenenya pohon mahal…

      • purwatiwidiastuti Desember 5, 2012 / 12:53 am

        esa,
        alhmdlh daun sirsak bisa membantu pengobatan mas esa dan semakin sehat
        semoga pengalaman mas esa bisa membantu pembaca yang lain
        solusi sehat yang murah yaa…apalagi bisa dapat pohonnya
        salam sehat

  20. purwatiwidiastuti Februari 24, 2012 / 6:52 am

    mbak nina,
    sangat bahagia bisa diskusi ama mbak nina, tentu saja saya sangat berharap mbak nina mau sgaring pengalamannya disini, biar pembaca yang lain bisa mengambil manfaatnya
    salam sehat

    • Nina April 11, 2012 / 7:14 am

      mba pantangannya apa sih untuk tumor payudara ?
      Thx

      • purwatiwidiastuti April 11, 2012 / 7:57 am

        mbak nina,
        aku pernah dapat info dari teman yang kerja di rumah sakit, makanan kanker (yang harus dipantang) adalah: gula, pengawet, pewarna, penyedap, dan makanan tinggi lemak. Menurut saya, ya jalani gaya hidup sehatlah solusinya.
        salam sehat

  21. sri Maret 18, 2012 / 6:16 am

    mbk saya ada kista dihati sebelah kiri..jujur aja sy jd cemas takut menjdi kanker.. sebelumnya sya sudah minum rebusan daun sirsak selama 1.5 bln dan juice buah sirsak sehari sekali..sya bru tau ada kista stlh medical chek up.. ukurannya 1.69 cm.. apakah kista sy bs hlang kalo sy teruskan minum rebusan daunnya..dan selama minum bdan sy skit2 smua dan terasa panas pdhal suhu tbuh sy normal 36.5…..dan sy jg menderita radang tenggorokan yg kronis.

    • purwatiwidiastuti Maret 19, 2012 / 1:57 am

      mbak sri,
      saya juga punya kista diginjal, alhamdulillah dengan pola hidup sehat kista tidak berkembang sejak ditemukan 15 tahun lalu.
      yang penting jalani hidup dengan positif thinking, meski tidak mudah, saya juga sering up and down koq…
      mbak sri, sakit itu datangnya tidak tiba-tiba, sehingga kalau kita menjalani pengobatan, apapun caranya, kita juga harus sabar dan yakin akan upaya kita. tetap semangat ya mbak.
      dalam sehat

  22. Margo Maret 24, 2012 / 2:52 am

    Adakah yg pernah minum rebusan daun sirsak untuk pengobatan kanker serviks? apakah ada effek yg langsung, atau tahunya setelah diperiksa tida-tiba sudah hilang, atau hilangnya melalui proses keluarnya cairan dll?

    • purwatiwidiastuti Maret 24, 2012 / 3:42 am

      teman2 pembaca,
      silahkan sharingnya, ditunggu pak margo
      salam sehat

      • teguh budiono Februari 21, 2013 / 6:39 am

        mba istri sy ada kista kira2 5cm.prtm dgr shock jg.skrg sdg rutin minum rebusan daun sirsak.apa betul daun sirsak ampuh untuk obati kista?

      • purwatiwidiastuti Februari 21, 2013 / 7:13 am

        pak teguh budono,
        berdasar penelitian yang ada, daun sirsak efektik untuk pengobatan kanker dan juga kista
        semoga istri bapak sehat
        salam sehat

  23. Nina Juni 11, 2012 / 7:40 am

    Mba apa boleh orang yang sedang hamil minum daun sirsak mba, soalnya saya alhamdulillah sedang hamil muda, saya binggung tumor saya masih ada harus minum rutin daun sirsak tapi gimana dengan kandungan saya, ada pengaruhnya ga ya kalau saya tetap konsumsi daun sirsak, makasih .

    • purwatiwidiastuti Juni 12, 2012 / 12:33 am

      mbak nina,
      selamat atas kehamilannya, semoga lancar dan baik2 saja.
      untuk daun sirsak dan pengaruhnya pada kehamilan koq saya belum pernah baca risetnya ya.
      sebaiknya konsultasikan pada dokter kandungannya ya mbak, demi kesehatan bak nina dan sang baby.
      salam sehat

  24. Clair Betters Juni 20, 2012 / 9:06 pm

    I simply want to say I am just new to weblog and honestly liked your web page. Very likely I’m want to bookmark your website . You certainly come with amazing articles and reviews. Thanks a bunch for sharing with us your web page.

  25. Kunto Purnomo Juni 26, 2012 / 6:25 am

    Bu Purwati,

    Sebenarnya kalau harus memilih, untuk pengobatan kanker paru itu mana yg lbh baik/cespleng, apakah kulit buah manggis atau rebusan daun sirsak? Hal ini penting sebab ada beberapa produk yg mengatakan kulit nuah manggis lbh baik, tapi produk lain mengatakan kombinasi keduanya diklaim lbh baik. namanya iklan mk konsumen jadi bingung. Terima kasih (KP)

    • purwatiwidiastuti Juni 26, 2012 / 6:40 am

      Pak Kunto, baik daun sirsak maupun kulit manggis baik untuk mengobati kanker, namun saya belum pernah baca riset yang membandingkah khasiat keduanya dalam mengobati kanker terutama kanker paru-paru, sehingga saya tidak berani mengatakan mana yang lebih baik antara kulit manggis atau daun sirsak….sejauh yang saya pahami, khasiat daun sirsak sebagaimana kemoterapi yang membunuh sel kanker bedanya daun sirsak hanya membunuh sel kankernya sedang kemoterapi membunuh juga sebagian sel sehatnya…..sedangkan kuiit manggis punya sifat apoptosis dan antiproliferasi yang menyebabkan sel kanker bunuh diri dan menghancurkan dirinya…..sehingga saran saya, lebih baik ikuti kata hati pak kunto saja, kalau kata hati bilang daun sirsak ya jalani dengan penuh keyakinan dan keteguhan, begitu juga sebaliknya…..sekali lagi, keyakinan bapak sudah 60% obat bagi kesembuhan bapak…. semoga jawaban saya bisa sedikit mengurangi kebingungan pak kunto salam sehat

      • Fanessa Ciie Koembang Juni 30, 2012 / 4:06 am

        sbelum a sya mw brtnya,
        ghe mna sech cra mnyembuhkn pnykit asam lmbung scara alami ???

      • purwatiwidiastuti Juli 3, 2012 / 9:12 am

        fanessa ciie koembang,
        penyebab penyakit asam lambungnya apa? kalau saya dengan konsumsi segelas air hangat dengan jeruk nipis setiap bangun tidur. alhmadulillah maag saya melayang
        salam sehat

  26. salsa Juli 13, 2012 / 8:16 am

    mbak mau nanya,sebulan yg lalu suami saya divonis dokter kanker prostat .setelah saya mengetahui kalo daun sirsak bs menyembuhkan penyakit suami saya,lalu saya memberinya rebusan daun sirsak yg sdh kering dan sdh berjalan selama sebulan ini,tapi dokter menyarankan suami saya untuk operasi secepatnya.mbak yg saya mau tanyakan apakah sebulan sdh cukup untuk dpt mengetahui hasil selanjutnya?apakah harus operasi dulu kemudian melanjutkan kembali meminum rebusan daun sirsaknya?

    • purwatiwidiastuti Juli 14, 2012 / 7:49 am

      salsa,
      efek daun sirsak akan berbeda pada masing-masing orang, apa bu salsa merasa belum ada perubahan pada bapak, kalau belum silahkan di cek apakah cara mengolah sudah benar, apakah dosis sudah pas untuk kondisi bapak….
      Kalau dokter menyarankan operasi ya silahkan diikut,sebelum memutuskan sebaiknya ibu terlebih dahulu mencari secon opinion dari dokter yang lain untuk memperkuat diagnosis dokter yg sudah ada. Daun sirsak bisa diminum selama pengobatan dokter tentu saja dengan selang waktu, tidak bersamaan dengan minum obat.
      semoga suami cepat sembuh
      salam sehat

  27. putrieky Agustus 12, 2012 / 3:57 am

    Saya punya tumor kelenjar tiroid,saya baru tau 2week yg lalu,skrg saya sedang konsumsi air seduhan dr serbuk daun sirsak,baru 2hr minum tp ko tumor saya mlh keliatan ruam merah dan terasa panas?apa itu reaksi dr daun sirsaknya?mohon infonya mbak,mksh sebelumnya

    • purwatiwidiastuti Agustus 12, 2012 / 2:21 pm

      putrieky.
      salah satu efek mengkonsumsi daun sirsak adalah rasa panas. teruskan saja.
      bila 2 mgg belum ada perub, cek apa sudah benar dosis, cara konsumsi, cara olahnya.
      salam sehat

      • sry Agustus 20, 2012 / 3:51 am

        mbak.. Saya udah 8 bulan mengetahui ada benjolan di payudara saya… Tpi tidak sakit sama sekali… dri mulai juli saya mulai konsumsi daun sirsak selama 1,5 bulan sampe skrg, emg sich benjolannya tdk semakin besar. Tpi saya tdk mau periksa ke dokter mbak, krn takut dan stress.. Tpi saya optimis utk sembuh dgn daun sirsak…bgaimana mnurut mbak? krn sampai skrg sya tdk merasa sakit,krn itu saya tdk kedokter, apakah dgn keyakinan saya utk pcya bhwa obat daun sirsak dpt sembuh??? Tentunya dgn doa jga. Ditunggu balasannya. :)

  28. sry Agustus 20, 2012 / 1:13 pm

    mbak.. Saya udah 8 bulan
    mengetahui ada benjolan di
    payudara saya… Tpi tidak sakit
    sama sekali… dri mulai juli saya
    mulai konsumsi daun sirsak
    selama 1,5 bulan sampe skrg, emg sich benjolannya tdk
    semakin besar. Tpi saya tdk mau
    periksa ke dokter mbak, krn
    takut dan stress.. Tpi saya
    optimis utk sembuh dgn daun
    sirsak…bgaimana mnurut mbak? krn sampai skrg sya tdk merasa
    sakit,krn itu saya tdk kedokter,
    apakah dgn keyakinan saya utk
    pcya bhwa obat daun sirsak dpt
    sembuh??? Tentunya dgn doa jga.
    Ditunggu balasannya.

    • purwatiwidiastuti Agustus 22, 2012 / 4:59 am

      mbak sry,
      kalau itu sangat mengganggu pikiran sebaiknya tenangkan diri sambil ikhtiar, tetapi kalau nggak bisa, ya sebaiknya ke dokter untuk meyakinkan.
      ada dokter yang bilang dan saya juga percaya, bahwa keyakinan diri/motivasi/semangat itu sudah 50% penyembuhan
      salam sehat

  29. Sandra Agustus 23, 2012 / 1:34 pm

    Slm sehat
    Mbak lambung sy kn luka. Kira2 aman nggak ya klo minum daun sirsak ini?
    Dan klo bleh, mnta tips cr minumx brp kali & daunx pke brp lembar.
    Mksh sblmnya mbak
    bales ya :-)

    • purwatiwidiastuti Agustus 26, 2012 / 1:06 am

      sandra,
      saya belum baca artikel daun sirsak untuk luka lambung.
      kalau jumah lembar yang dipakai tergantung pada kondisi masing-masing, ada yang 5,7,9 bahkan 21 lembar sekali rebus
      rasanya pahit, efeknya terasa panas
      salam sehat

  30. Nay September 13, 2012 / 4:12 am

    mbak saya mau tanya, saya pernah mengalami keputihan yang sangat banyak dan awalnya tdk trasa gatal sama skali nah lama kelamaan kok terasa gatal sekali, akhirnya saya periksakan ke yayasan kanker wisnu wardhana surabaya, dan hasil tesnya yaitu human papilonia virus with fungal infection, nah si dokter blg (tp dokternya muda dan rasanya kurang berpengalaman) kl ada virus yang harus dmusnahkan, karena virus ini penyebab kanker serviks,nah caranya dengan pembakaran,saya kan belom menikah kata teman saya gak usah pake tindakan spt itu, krna dokter dia baca hasil tes saya dan berkata kl saya hanya terkena infeksi karna jamur saja,dan tdk perlu kwatir,nah akhirnya saya konsumsi teh daun sirsak tp ada yg bilang kl konsumsi daunnya langsung itu bisa membuat kandungan kering,apa itu benar?setahu saya sih kl yg membuat kandungan kering itu daun sirih ya, mohon infonya, terima kasih

    • purwatiwidiastuti September 13, 2012 / 10:00 am

      mbak Nay,
      wanita memang mudah terkena virus ataupun jamur untuk daerah itu, makanya kalau kita buang air kecil terutama ditempat umum harus sangat hati2 memperhatikan kebersihan tempatnya.
      baik daun sirih maupun daun sirsak punya manfaat utk menghilangkan jamur didaerah itu.
      sebaiknya baik daun sirih maupun daun sirsak dikonsumsi tidak terlalu lama (saat masalah teratasi konsumsi bisa dihentikan)
      salam sehat

      • Nay September 17, 2012 / 4:27 am

        jadi kalau sudah tidak merasa gatal saya sudah berhenti saja mengkonsumsi rebusan daun sirih?sementara ini sih saya masih keputihan tp hanya cuma sebelum dan sesudah menstruasi saja.

      • purwatiwidiastuti September 17, 2012 / 5:46 am

        mbak nay,
        saya juga mengalami lendir yang keluar dari vagina setelah menstruasi, sehari dua hari tapi tidak menimbulkan rasa gatal..dan itu hal yang biasa terjadi selagi wanita masih dalam usia produktif.
        salam sehat

      • Nay September 17, 2012 / 4:47 am

        maaf maksud saya rebusan daun sirsak

      • Nay September 17, 2012 / 10:15 am

        tapi ini lendirnya setelah sehari lendir putih transparan trs sekarang jd keruh

      • purwatiwidiastuti September 17, 2012 / 11:33 am

        Paling utama cek apa berbau dan menimbulkan rasa gatal. Bila tidak berarti itu terkait dg faktor hormonal…kalau ya sebaiknya periksa ke dokter utk mendapat pengobatan yg tepat

      • Nay September 18, 2012 / 3:37 am

        alhamdulillah kl berbau sih enggak mbak,tp sedikit agak gatal

  31. Dita Oktober 10, 2012 / 1:20 am

    Saya d vonis trkena pnykt kista d ovarium kanan dan kiri,kemudian d anjurkan dokter suntik tapros, kmdian sy lht artikel d intrnet utk meminum rebusan daun sirsak.kmdian sya mencobanya sudh hmpr 2bln in, apakah boleh stlah d suntik tapros kmdian minum rebusan daun sirsak.mhon penjlzn ny. Terima kasih

    • purwatiwidiastuti Oktober 10, 2012 / 3:43 am

      mbak dita,
      maaf saya tidak tahu apa itu suntik tapros..apakah itu sejenis kemoterapi?
      daun sirsak fungsinya seperti kemoterapi, dia akan membunuh sel kanker, kelebihan daun sirsak dari kemoterapi adalah kalau daun sirsak hanya membunuh sel kankernya saja, sedang kemoterapi ikut membunuh sebagian seh sehat di tubuh kita
      salam sehat

  32. erni Oktober 11, 2012 / 4:26 pm

    mb4k apa daun sirsak bsa mencegah atau menyembuh kan penyakit jantung?dan apa boleh di konsumsi orang hamil

    • purwatiwidiastuti Oktober 12, 2012 / 10:34 am

      mbak erni,
      sejauh yg saya pahami daun sirsak sejalan pengobatan dg kemoterapi…sebaiknya tidak diminum ibu hamil
      salam sehat

  33. nisa Oktober 16, 2012 / 9:55 am

    mb sblumnya saya minum rbusan daun sirsak q -+ 2bulan krn ad bnjolan d pd sya, tp trnyta sy hmil 3minggu dan brhenti minum. kira2 brdmpak buruk g ya mb ut janin sya, mhon blasanya. trmkci :)

    • purwatiwidiastuti Oktober 16, 2012 / 1:43 pm

      Mbak nisa,
      insya allah tidak, yg penting sekarang jaga keshtn, penuhi gizi dan nutrisi utk si janin ya
      selamat atas kehamilannya
      salam sehat

  34. ahur November 3, 2012 / 9:14 am

    tes

  35. ahur November 3, 2012 / 9:22 am

    mbak,
    saya mau tanya, rebusan daun sirsak bisa gk buat obat burut/hernia ,dan mrbusnya klo pake panci almnium apakah tidak apa2

    • purwatiwidiastuti November 5, 2012 / 12:27 am

      Ahur
      menurut saya kalau masalah bisa tidakny sich bisa, kalau mujarabnya yang saya belum pernah baca hasil risetnya. Untuk pengobatan sebaiknya direbus dalam wadah non alumunium.
      salam sehat

  36. rina November 29, 2012 / 1:52 am

    Mba mau tanya klo penderita kanker servik bisa minum air rebusan dau sirsak juga…mksih seblmnya

    • purwatiwidiastuti November 29, 2012 / 2:19 am

      mbak rina,
      daun sirsak baik untuk pengobatan kanker, termasuk kanker serviks
      salam sehat

  37. budi Desember 1, 2012 / 9:24 am

    sore mba.. sy mau nanya apakah berpengaruh minum daun sirsak bagi sy , yg habis operasi kista… terima kasih.

    • purwatiwidiastuti Desember 5, 2012 / 12:49 am

      pak budi,
      daun sirsak juga bisa digunakan utk pengobatan kista.
      mudah2an dg mengkonsumsinya pak budi makin sehat
      salam sehat

  38. Tunggul seto Desember 20, 2012 / 10:59 am

    Sebaiknya minum rebusan daun sirsak dalam seminggu diliburin 1-2 hari agar memberi kesempatan bakteri yg baik dlm pencernaan berkembang.Dan cara merebusnya bs dg panci stanlessteel ato tembikar.Bagi yg berminat mencari daun sirsat kering bs SMS sy. 085742145094.Trims.

    • purwatiwidiastuti Desember 21, 2012 / 12:53 am

      Tunggul setyo,
      terima kasih masukannya
      salam sehat

  39. Ryta Januari 9, 2013 / 11:31 am

    Salam sist apa kbr?
    Saya dari sabah tertarik hati untuk mengetahui lebih lanjut mengenai khasiat daun durian belanda atau sirsak.Begini sist saya menghidapi ketumbuhan fibroid atau mayoma ada 3 ketul,satu ketul sudah kena oprt dn mc ada satu ketul lagi yg tgl dlm rahim saya.oh ya yg seketul pula hilang gtu jk.Baru-baru ini saya telah minum daun sirsak 30 helai 9 gelas air sisa lepas mendidih 3 gelas setengah saya minum pagi,tengahari dn mlm.tapi saya merebusnya dalam periuk aluminium pertanyaan saya adakah khasiatnya sama seperti merebus dalam periuk tanah atau tidak?saya sudah masuk 15 hari minum air daun sirsak secara rutin dan satu lagi pertanyaan saya bolehkah minum air rebusan daun sirsak ini masa haid?mohon sist tolong jawap ya terima kasih sist.

    • purwatiwidiastuti Januari 10, 2013 / 12:57 am

      Ryta,
      kandungan daun sirsak akan dapat diambil maksimal untuk pengobatan apabila diporses/direbus dengan wadah/periuk tanah, keramik, stenlis. pemakaian periuk alumunium tidak disarankan karena akan mengurangi khasiat daun sirsak.
      salam sehat

      • Ryta Januari 10, 2013 / 3:32 am

        Terima kasih atas infonya,bagaimana jika masa datang haid atau mens boleh kah tidak minum air daun sirsak?

  40. Kirey Januari 21, 2013 / 7:31 am

    mbak,, saya mau minta saran nya.. bbrpa hari yg lalu saya test USG dan ternyata ditemukan kista di indung telur kiri dan kanan. saya syok dan khawatir mba karena 5 bulan lagi saya akan menikah. lalu dokter tersebut menyarankan saya untuk meminum susu kolostrum sapi sambil dilihat lagi nanti perkembangannya seperti apa. sudah 3 hari saya minum susu kolostrum itu sampai saya temukan sebuah link yg memuat bahwa ada yg terjangkit kista setelah 3bln meminum susu tsb. saya jadi sangsi lau saya berhenti mengkonsumsi susu itu.
    kemudian saya browsing2 lagi dan menemukan blog ini. apa betuk daun sirsak bisa menyembuhkan kista ovarium?kemudian yg ingin saya tanyakan lagi, kalau misalkan saya melakukan operasi pengangkatan kista.. apakah saya masih bisa mempunya keturunan. mengingat kista saya itu terdapat di kedua inding telur. Apakah beresiko terjadi pelengketan rahim?
    ditunggu saran nya mba.. terimakasih.

    • purwatiwidiastuti Januari 23, 2013 / 1:08 am

      Kirey yang sedang bahagia merancang mahligai rumah tangga,
      sejauh riset yang dilakukan terhadap daun sirsak, dia efektif utk pengobatan kanker dan juga kista.
      masalah bisa tidaknya mempunyai keturunan banyak faktor yang mempengaruhi maupun pelengketan rahim, silahkan komunikasi dg dokter kandungan.
      salam sehat

  41. amy Februari 5, 2013 / 7:49 am

    aq minum daun sirsak udh 2mingguan tp perut kok terasa agak mual yah,,,, apakah ini dikarenakan daun sirsak

  42. zee fabella Februari 16, 2013 / 4:45 pm

    Bahaya ngga klo herbal daun sirsak d konsumsi stiap hari?

    • purwatiwidiastuti Februari 18, 2013 / 2:07 am

      zee fabella,
      ada yang bilang sebaiknya pake jeda utk mengkonsumsi
      salam sehat

  43. any Februari 23, 2013 / 2:12 am

    mb,sya mengidap benjolan di pydra tp udh tk oprasi 1 tahun yang lalu tp skrg masih trasa sakit..dan saya juga juga punya benjolan diperut diluar rahim..apakah daun sirsak bs menyembuhkan?

    • purwatiwidiastuti Februari 23, 2013 / 2:17 am

      bu any,
      utk kejelasan penyakitnya sebaiknya dikonsulkan ke dokter
      daun sirsak, dalam berbagai penelitian efektif utk pengobatan kanker dan sudah banyak terbukti
      mudah2an cocok juga untuk bu any
      salam sehat

  44. mus Februari 24, 2013 / 9:00 am

    tess

  45. mus Februari 24, 2013 / 9:24 am

    mat sore mbak,
    mbak, saya menderita penyakit maaq akut, dan saat ini saya baru mencoba mengkumsumsi rebusan daun sirsak, saat pertama meminumnya terasa mual dan ga enak jg diperut,terasa sakit dan perih di bagian perut, apakah karna mengumsumsi rebusan daun sirsak penyebabnya, trus kalau maaq akut apakah boleh meminum rebusan daun sirsak mbak, kira2 aman ga mbak kalau saya komsumsi, minta tips cra meminumnya berapa kali sehari dan pake brapa lembar mbak,

  46. mus Februari 24, 2013 / 9:29 am

    mat sore mbak,
    mbak, saya menderita penyakit maaq akut, dan saat ini saya baru mencoba mengkumsumsi rebusan daun sirsak, saat pertama meminumnya terasa mual dan ga enak jg diperut,terasa sakit dan perih di bagian perut, apakah karna mengumsumsi rebusan daun sirsak penyebabnya, trus kalau maaq akut apakah boleh meminum rebusan daun sirsak mbak, kira2 aman ga mbak kalau saya komsumsi, minta tips cra meminumnya berapa kali sehari dan pake brapa lembar mbak, ditunggu jwb dan saran ya mbak, terima kasih sblnya mbak.

    • purwatiwidiastuti Februari 25, 2013 / 4:16 am

      Mus,
      sejauh yang saya baca daun sirsak bagus untuk pengobatan kanker
      kalau pengalaman pribadi saya, maag sembuh dengan megkonsumsi jeruk nipis
      sebagaimana saran dokter di kantor, dan jg pernah disarankan prof hembing di acara tv
      salam sehat

      • mus Februari 27, 2013 / 5:46 pm

        mbak kalau luka lambung apakah juga bagus buat jeruk nipis, kata doter lambung sya udah luka mbak…jadi kalau daun sirsak sebaiknya ga usah diminum dlu ya mbak…

      • purwatiwidiastuti Februari 28, 2013 / 5:27 am

        pak mus,
        kalau jeruk nipis untuk luka lambung saya kurang tahu bapak.
        yang saya tahu untuk asam lambung atau maag
        salam sehat

  47. Cecep April 18, 2013 / 4:35 am

    Mba kalau daun sirsak boleh diminum oleh ibu hamil.?

    • purwatiwidiastuti April 18, 2013 / 4:41 am

      Pak Cecep,

      sebaiknya daun sirsak tidak dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui

      salam sehat

  48. nisa April 19, 2013 / 2:01 am

    halo mbg
    mau nany apa air rebusan daun sirsak bisa mengobati gondokan (tyroid)

    dan gimana cara menggolahnya?
    kira2 berapa lembar daun sirsaknya?

    makasih y

    • purwatiwidiastuti April 19, 2013 / 2:44 am

      mb nisa, sy koq blm pernah baca hasil riset hubungan daun sirsat dan gondongan yaaa cuma klo pengalaman orang2 yg sy lihat dikasih buah noni
      salam sehat

  49. nisa April 19, 2013 / 2:04 am

    mbg mau tanya
    apa air rebusan daun sirsak bisa menyembuhkan gondokan (tiroid)

    dan gimana takaran dan cara menggolahnya yg baik ?

    mksh sebelumnya mbg

    • purwatiwidiastuti April 19, 2013 / 2:40 am

      mb nisa,
      sy koq blm pernah baca hasil riset hubungan daun sirsat dan gondongan yaaa
      cuma klo pengalaman orang2 yg sy lihat biasanya dikalungi buah noni
      salam sehat

      • nisa April 19, 2013 / 3:19 am

        apa buah noni ya?
        nyarinya dimana

      • purwatiwidiastuti April 19, 2013 / 5:21 am

        iya.
        dipasar tradisional ada khan
        kalau dikampung saya banyak sich
        salam sehat

  50. nisa April 19, 2013 / 3:38 am

    dikalungi buah mengkudu ya mbg

    • purwatiwidiastuti April 19, 2013 / 5:21 am

      iya mba
      itu juga pengalaman masa kecilku

      • vdhina April 19, 2013 / 12:54 pm

        mba sya terkena tyroid sdh beberapa tahun yg lalu wktu itu dkter mnyarankan untuk operasi tp sya msh optimis dgn obat herbal, sya sdh pernh pakai herbal tetapi tyroid sya blm jg hilang tp mmang sh ttyroid sya tidak mmbesar bahkan hilang timbul nah skarang sya sedang mncoba konsumsi rebusan daun sirsak,, 8 lembar daun sirsak yg sdh dicuci bersih direbus menjdi 3gelas mnggunakan panci stenlees mba n sya bru 3bulan menikah..yg ingin sya tanyakan
        1. apakah benar rebusan daun sirsak bsa mnggobati pnyakit tyroid?
        2. apakah cara mengolah n merebusnya sdh benar?
        3. bermasalah tdk ntuk rahim sya?
        sbelum n sesudahnya trma ksh
        slam hngat dina

      • purwatiwidiastuti April 22, 2013 / 12:24 am

        mbak vdhina,
        daun sirsak efektif untuk pengobatan kanker, kalau untuk kelenjar thiroid saya belum pernah baca hasil risetnya.
        perebusan daun sirsak sebaiknya tidak menggunakan bahan alumunium, jadi kalau mbak vdhina pakai stenless ya nggak papa, soal jumlah lembar tergantung pada kesesuaian kondisi tubuh kita
        apakah daun sirsak bermasalah dengan rahim mbal vdhina, saya tidak tahu mbak.
        salam sehat

  51. nisa April 20, 2013 / 11:27 pm

    kira2 brp bny buah yg d.kalungkan.

    apa msh utuh atau dibelah2 buahnya

    • purwatiwidiastuti April 22, 2013 / 12:20 am

      mbak nisa,
      satu buah kecil utuh
      salam sehat

      • marini Februari 12, 2014 / 8:26 am

        mbak boleh tidak merebus daun sirsak pakai teflon

      • purwatiwidiastuti Februari 12, 2014 / 8:40 am

        mbak marini,
        untuk mendapatkan hasil yang optimal direbus selain wadah berbahan alumunium.
        Lha teflon itu ada kandungan alumuniumnya ngga ya
        kalau tidak ada, ya ngga papa
        salam sehat

  52. ade April 23, 2013 / 8:51 am

    Mba ,ibu saya terkena kanker nasofaring , setelah beliau mengkomsumsi daun sirsak selama 3 hari ko efeknya muka dan mulutnya seperti bengkak ya mba? trims

    • purwatiwidiastuti April 23, 2013 / 8:57 am

      mb ade,
      selama ini koq belum pernah tahu ada yg berefek bengkak ya.
      apa ibu mengkonsumsi bersama dengan obat lain?
      kalau memang itu diyakini dari mengkonsumsi daun sirsak, sebaiknya hentikan sementara, dan cari tahu penyebabnya
      kalau sudah tahu dan teratasi penyebabnya baru mengkonsumsi lagi
      salam sehat

    • purwatiwidiastuti Mei 2, 2013 / 12:41 am

      ‘alaikum salam mbak tari

  53. nisa Mei 6, 2013 / 1:20 am

    mbg kalo minum daun sirsak lg skt infeksi pencernaan apa bisa mbg?
    mkash

    • purwatiwidiastuti Desember 31, 2013 / 6:26 am

      M Nisa,
      Berdasar review terhadap blog sy http://www.purwatiwidiastuti.wordpress.com, m Nisa telah memberi koment sejumlah 6.
      Terima kasih atas kepercayaannya terhadap tulisan2 saya, mohon tidak segan memberi saran ataupun sharing keberhasilan m Nisa mengkonsumsi daun sirsak
      Semoga sharing m Nisa membantu saudara kita yang lain yang memerlukan
      Salam sehat

  54. Rizki Mei 27, 2013 / 11:11 am

    selamat malam mbak, saya mengalami pembengkakan di bagian leher, saya 2 tahun yang lalu pernah mengalami sakit TB extrapulmonalis – tb di luar paru, nah, yang saya ingin tanyakan, apakah bisa air rebusan daun sirsak membunuh bakteri, atau menekan pertumbuhan bakter TB nya?

    • purwatiwidiastuti Mei 28, 2013 / 4:20 am

      mas rizki,
      menurut artikel yang pernah saya baca bisa
      salam sehat

      • thya Mei 29, 2013 / 5:42 am

        ass. mbak ciri-ciri gondok it sperti ap?? kbetuln ad benjolan d leher sy sebesar biji kapuk,,dan apakah saya bisa minum daun sirsak juga?

      • purwatiwidiastuti Mei 29, 2013 / 6:02 am

        thya,
        gondok pembesaran/benjolan di leher
        kalau tidak dalam masa kehamilan maupun menyusui rebusan daun sirsak bisa dikonsumsi.
        semoga sembuh
        salam sehat

      • kirey hikari Mei 29, 2013 / 6:44 am

        untuk mas rizki dan mba thya, menurut saya lebih baik diperiksakan ke dokter spesialis THT daripada berasumsi sendiri, karena pengobatan tidak konsultasi dengan ahlinya itu bisa membahayakan. saya juga minggu lalu sampai sekarang sedang berobat ke dokter THT untuk mengobat kelenjar di leher. kata dokter itu infeksi dari bakteri yg bisa masuk lewt makanan atau bahkan ketika berinteraksi dengan orang lain. Yang terpenting periksa ke dokter sedini mungkin dan jgn pernah berfikir negatif terlebih dahulu karena itu sangat mempengaruhi kondisi tubuh kita sendiri. Jadi jangan takut untuk ke berobat ke dokter, tetap semangat .. salam ..

      • purwatiwidiastuti Mei 30, 2013 / 12:47 am

        mbak kirey hikari,
        terima kasih tambahan advisenya
        semoga mas rizki dan mbak thya semakin mantab berobat dan cepat sembuh
        salam sehat

      • Rizki Mei 30, 2013 / 4:38 pm

        Terimakasih atas respon nya mbak, kalau boleh, bisa dapat link artikelnya atau keyword yang di gunakan untuk mencari artikelnya,,

        @kirey: iya, sebenarnya tidak tepat untuk berasumsi sendiri, tetapi berhubung 2 tahun yang lalu saya pernah mengalami pembengkakan kelenjar di leher, kata dokter tb extrapulmonalis, untuk berobat nya harus rutin diminum lebih dari 6 bulan,

        di bulan ke 6 efek samping dari terapi obat yang di berikan dokter mucul, yaitu gangguan saraf mata, mata saya jadi kabur, dan membuat saya berhenti bekerja.

        saya tertarik dengan informasi ekstrak daun sirsak ini karen menurut saya mungkin bisa menahan untuk sementara pertumbuhan bakteri nya, sampai saya bisa pulang untuk melakukan pengobatan ke dokter.

  55. thya Mei 30, 2013 / 3:24 am

    untuk mba kirey hikary,,sy mau nx cri2 penyakit kelenjar d leher it sperti ap??? soalx terkadang di leher sy nyut2,,rsax…tlong infox

    • kirey hikari Mei 30, 2013 / 11:59 am

      yang dileher ada kiri kanan kecil terus dibelakang telinga juga ada, tp ga sakit .. saya coba berobat dulu ke THT.. mudah2an sembuh .. amiin..

  56. erdima situmorang Juni 17, 2013 / 8:33 am

    salam kenal tante,
    saya mempunyai kakek ,dan kakek saya menderita penyakit kanker paru-paru
    tapi mbak kakek saya mempunyai sakit asam lambung
    jadi bagaimana mengatasi ya mbak?

    • purwatiwidiastuti Juni 17, 2013 / 8:38 am

      ibu/bapak/kakak erdima situmorang,
      satu yang harus diingat, pengobatan dengan herbal atau bahan alami hasilnya tidak instan
      daun sirsak bagus untuk penyembuhan kanker, berfungsi kayak pengobatan dengan kemoterapi tetapi lebih baik lagi hasilnya karena daun sirsak tidak membunuh sel sehat dalan tubuh
      asam lambung yang menyebabkan maag? bisa diatasi dengan jeruk nipis.
      salam sehat

      • rian Agustus 12, 2013 / 4:37 am

        salam kenal mbk, nama saya rian. adik saya menderita kista dan asam lambung sekaligus. pernah dia minum daun sirsak, tp asam lambungnya jadi meningkat. gimana solusinya ya mbk…

      • purwatiwidiastuti Agustus 15, 2013 / 2:48 am

        mas rian,
        kalau memang ga cocok ya jangan dipaksakan
        coba daun sirsaknya diganti dengan kulit manggis
        semoga cocok
        salam sehat

  57. Eny Juli 9, 2013 / 12:40 pm

    ass mbak, saya ada kista dan endometriosis di sebelah kiri, bbrp kali minum rebusan daun sirsak dan skrg saya konsumsi jus kulit manggis campur mengkudu, daun sirsak dan jambu biji dalam botol kemasan yang saya beli dari teman, yang saya mau tanyakan di boleh kah konsumsi rebusan daun sirsak bersamaan dgn minum jus yg campur2, lalu di saat datang bulan atau menstruasi boleh minum rebusan daun sirsak dan jus campur2? terima kasih wass

    • purwatiwidiastuti Juli 10, 2013 / 10:34 am

      Mba Eny,
      Daun sirsak bisa dikonsumsi dengan bahan lain, begitu juga dengan kulit manggis bisa dicampur dengan bahan yang lsin, tergantung dari tujuan mengkonsumsinya.
      Saat menstruasi tidak masalah mengkonsumsi daun sirsak maupun jus kulit manggis
      Salam sehat

      • Eny Juli 10, 2013 / 2:54 pm

        terimakasih banyak atas jawaban mbak, selamat menunaikan ibadah puasa

      • purwatiwidiastuti Juli 11, 2013 / 1:08 am

        Sama2 mbak eny….semoga puasa kali ini lebih baik dari tahun lalu yaa…

      • purwatiwidiastuti Juli 31, 2013 / 6:52 am

        sama2 mbak eny

      • vivin Juli 30, 2013 / 1:53 pm

        Mbak, daun sirsak kan mengandung zat tanin yang menyebabkan bab jadi keras, jadi bagaimana cara pasien yan menderita kanker usus untuk bisa bab kan buat keluarin racun ditubuhnya

      • purwatiwidiastuti Juli 31, 2013 / 6:54 am

        mbak vivin
        maaf saya belum tahu efhubungan ek daun sirsak dengan BAB pada penderita kanker khusus,
        segera setelah tahu akan saya posting
        salam sehat

      • iman September 4, 2013 / 9:03 pm

        Mbak,, saya ragu apa saya mgalami gangguan prostat atau ga,,,
        Tp kalo diwaktu berseni saya merasa ga tuntas mbak,,,,
        Saya mau cuba daun sirsak jg,,, tp bisa ga mbak kxi arahan yg jelas untuk jadwal minumnya,,,

      • purwatiwidiastuti September 5, 2013 / 12:32 am

        pak iman,
        berseni ga tuntas itu bisa macam-macam penyebabnya, termasuk diantaranya gangguan prostat.

        kalau mau untuk stamina bisa saja 3 lembar daun sirsak dg 2 gelas air sampai tinggal 1 gelas, diminum malam hari
        semoga bermanfaat

  58. lulu September 11, 2013 / 8:51 am

    mba, saya punya kista endometriosis sebesar 4,9 cm, dan sudah disuruh operasi. saya sudah mencoba minum sirsak kapsul selama 12 hari, tapi saya kok tidak merasakan efek panasnya ya. hanya saya merasa agak nyut nyut di bagian yang ada kista nya, yang mau saya tanyakan, apakah dengan kapsul khasiatnya gak semanjur yg rebusan, trims

    • purwatiwidiastuti September 18, 2013 / 6:48 am

      mbak lulu,
      menurut saya koq sama saja khasiatnya
      tinggal kemantapan hati mbak lulu dalam memilih
      salam sehat

  59. temi September 21, 2013 / 6:45 pm

    mba.. saya hamil 1 bulan.. lalu saya minum air rebusan daun sirsak,,, apakah mengganggu janin saya????

    • purwatiwidiastuti September 21, 2013 / 10:44 pm

      Mb temi,
      Sebaiknya rebusan air daun sirsak tidak dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui.
      Selamat atas kehamilannya.
      Smg kehamilan mb temi lancar dan terlahir bayi yg sehat. Aamin

      Salam sehat.

  60. temi September 22, 2013 / 5:27 am

    berarti saya sudah melakukan salah besar…. akankah saya akan keguguran karena rebusan air sirsak???? saya takut bu…

    • purwatiwidiastuti September 22, 2013 / 8:48 am

      Mb temi,
      Kalau cuma Sekali minum blm berefek banyak.
      Tenang dan selalu Berfikir positif maka kehamilan akan baik 2 saja
      Salam sehat

    • purwatiwidiastuti September 23, 2013 / 12:30 am

      mba temi,
      wech, kmrn sudah lgs sy balas via android koq pagi ini blm terpasang ya.
      mb temi, kalau baru sekali belum berefek banyak koq
      ga perlu cemas dan galau, yg penting tenang dan berpikir positif
      semoga kehamilannya lancar dan lahir bayi yg sehat
      salam sehat

  61. Tika September 27, 2013 / 7:58 am

    artikel yang sangat bermanfaat. mba ada whatsapp gak. sy boleh add.

    • purwatiwidiastuti September 30, 2013 / 1:22 am

      mbak tika,
      terima kasih kunjungan dan komenya
      semoha bermanfaat
      salam sehat

  62. agung Oktober 2, 2013 / 12:15 pm

    mbk saya menderita maag kronis..
    apkh bisa sembuh dgn rebusan sirsak?
    terima ksh .mhon djwb

    • purwatiwidiastuti Oktober 3, 2013 / 9:03 am

      Mas Agung,
      Saya dulu penderita mag, tapi sembuh dengan jeruk nipis.
      Kalau dengan rebusan sirsak, saya tidak ada pengalaman
      salam sehat

  63. soni Oktober 14, 2013 / 12:06 am

    salam mba..mau nanya klo kapsul daun sirsak dan kapsul kulit manggis diminum secara bersamaan bagus ga ya?
    makasih sebelumnya

    • purwatiwidiastuti Oktober 16, 2013 / 12:41 am

      mas soni,
      kalau untuk rebusan dan kulit manggis campur daun sirsak nggak papa, tapi kalau dalam bentuk kapsul saya belum pernah dengar efek/risikonya.
      salam sehat

  64. sari Oktober 30, 2013 / 5:22 am

    selamat siang mbk…sy ♏äώ tny mbak dikepala bagian belakang sy *Άϑά benjolan kecil, tapi sy tidak tahu itu penyakit apa. Krn sy tdk berani periksa ke dokter, takut ntar stress mbk, tp sy ikhtiar untuk minum rebusan daun sirsak, sbulan sudh sy konsumsi, tp sy sering merasakan panas dan skt nyutnyutan di benjolan itu, apakh itu merupakan reaksi dr daun sirsak yg sy minum, sebab benjolan dikepala sy ukuranny sudah sedikit mengecil.

    • purwatiwidiastuti November 5, 2013 / 10:38 pm

      Mb sari,
      Daun sirsak sudah bereaksi positif, lanjutkan sampai benjolan hilang.
      Positive thinking dan tetap semangat yaaa
      Salam sehat

  65. Alya November 9, 2013 / 1:55 am

    Mb apakah teh daun sirsak mempengaruhi kesuburan,tlong jwabannya ya soalnya saya dan suami pengen cepet dpt momongan

    • purwatiwidiastuti November 9, 2013 / 1:13 pm

      Mb alya,
      Yg pasti sebaiknya daun sirsak tdk boleh diminum oleh ibu hamil dan menyusui.
      Utk meningkatkan kesuburan perbanyak konsumsi tauge
      Salam sehat

      • Vina November 12, 2013 / 8:27 am

        Mbak, salam kenal
        Saya minggu lalu divonis ada kista sebesar 4.7cm di indung telur bag. kanan…pas baca2 bnyak yg saranin terapi daun sirsak dan buahnya..skrg lgi rutin mnum, udah sekitar seminggu minumnya, skrg lgi masa subur sy sbnrnya, tpi koq keluar bercak2 darah segar yah? trus indung telur bag. kanan agak nyut2an..trus malah skrg lgi gk enak badan demam, radang tnggrokan ama flu berat..ada hubungannya gak sih..info yah mbak klo ada pngalaman sperti ini..Terima kasih sblmnya

      • purwatiwidiastuti November 12, 2013 / 8:59 am

        mbak vina,
        masing2 orang punya reaksi yang berbeda-beda terhadap daun sirsak, bila ada perubahan terhadap kistanya berarti ada efek positifnya, Untuk efek negatif bisa diatasi dengan mengurangi dosisnya disesuaikan dengan kondisi mbak vina
        salam sehat

  66. Ade dyah November 15, 2013 / 2:31 am

    Apa ada efek buat kesuburan? Mslhnya sy lg progam hamil,tp dokter blang sy punya kista 3,7 cm…

    • purwatiwidiastuti November 15, 2013 / 3:09 am

      Mba ade dyah,
      Sebaiknya atasi dulu kistanya, krn klo hamil dan menyusui tdk dianjurkan mengkonsumsi daun sirsak
      Salam sehat

  67. purwatiwidiastuti November 15, 2013 / 4:29 am

    Mba ade dyah,
    Sy blm pernah mbaca hubungan/pengaruh daun sirsak terhadap rahim.
    Klo pertanyaan apakah punya kista bisa hamil, teman saya saat hamil justru baru tahu kalau punya kista. Ya kemudian kista diambil, kehamilan tetep lancar smp lahir bayinya yg skrg sudah berumur 4thn.
    Salam sehat.

  68. Jajat November 18, 2013 / 8:26 am

    Mbak Pur.
    Saya baru operasi, ginjal kiri saya diangkat karena kanker stadium 2. Lalu saya ada kista di ginjal kanan. Saya sedang konsumsi rebusan daun sirsak -+ 3 minggu. Apakah kista di ginjal kanan saya bisa hilang dengan minum daun sirsak..? Oh..ya.. bagaimana pengalaman Mbak Pur, yang katanya ada kista di ginjal..? Apakah sudah hilang..? Terima kasih

    • purwatiwidiastuti November 18, 2013 / 11:41 am

      Pak jajat,
      Alhmdlh, opersasi dah sukses ya pak jajat.
      Smg daun sirsak membantu kesembuhan bpk.
      Sy tdk pernah periksa kista sy sejak sakit tahun 1995. tp klo fungsi ginjal bagus.

      Dulu dokter saya berpesan kistanya ga usah dipikirin, jalani hidup sehat dan berpikir positif. Itu resep dokter yg coba sy patuhi pak.
      Smg sharing kecil ini bermanfaat.
      Salam sehat

  69. Putry trija November 28, 2013 / 12:24 pm

    Mba saya ada benjolan di leher sudah di priksa ke dktr katanya sejenis sjenis tbc apakah bisa saya menognsumsi daun sirsak?

    • purwatiwidiastuti November 28, 2013 / 1:17 pm

      Putry trija,
      Tentu saja bisa.
      Silahkan dicoba.
      Salam sehat

  70. Handoko Desember 6, 2013 / 3:22 am

    Ass,wr Wb
    Mbk Mau Tanya Ini ibuku kena penyakit kanker hati/hipatoma pembekakan pada hati apakah boleh mengkonsusmsi daun sirsak ini?apakah ada yang pernah berhasil mengobati kanker hati dengan ramauan daun sisrsak ini mbk?
    trimakasih atas erhatiannya..mohon untuk di jawab…

    • purwatiwidiastuti Desember 6, 2013 / 6:31 am

      wa’alaikum salam mas joko handoko,
      daun sirsak efektif untuk mengobati kanker.
      sejauh yang saya baca, saya belum pernah menemui testimoni.
      kalau mas joko meyakini, silahkan dicoba, semoga cocok untuk ibunda
      salam sehat

  71. SHutin Achmad Desember 19, 2013 / 4:28 am

    ass.. mba, sya shutin dari gorontalo…
    apa yg direbus hanya satu macam itu mba, ga, ditambah dengan daun yg lain..??

    • purwatiwidiastuti Desember 19, 2013 / 4:31 am

      Shutin Achmad,
      Wa’alaikum salam, bisa saja direbus dengan bahan herbal yang lain.
      silahkan dicampurkan sesuai dengan kebutuhan pengobatan
      salam sehat

  72. Rizki Januari 12, 2014 / 6:03 pm

    Mbak kok air rebusan daun sirsak yang saya konsumsi pahit ya….?

    • purwatiwidiastuti Januari 12, 2014 / 11:21 pm

      Rizki,
      Memang rasanya ada pahitnya
      Salam sehat

  73. Rusdi Januari 19, 2014 / 4:23 am

    Ass.mbak pur sy mau nanyak apakah bisa rebusan daun sirsak dapat menyembuhkan penyakit hernia

  74. Neni Februari 5, 2014 / 1:21 am

    mba apakah penderita penyakit maag boleh mengkonsumsi daun sirsak…??

    • purwatiwidiastuti Februari 5, 2014 / 4:01 am

      Mba neni,
      Yang dihimbau tidak mengkonsumsi daun sirsak itu terutama ibu hamil dan menyusui.
      Coba maagnya diobati dengan minum segelas jeruk nipis setelah bangun dipagi hari.
      Pengalaman saya, jeruk nipis efektif untuk mengobati maag.
      Salam sehat

  75. tiur April 4, 2014 / 9:03 am

    mba, temenny punya tumor segede apa yak? kan ukuran tumor pasti mmpengaruhi cepat atw lamanya proses. trus minum rebusan daun sirsak brp lama tmnnya smpe bsa sembuh? bagaimana dgn pola mknnya? mantang ga? soale sya skrg lgi kena tumor payudara (FAM) juga, sebesar telur puyuh. sy minum bubuk daun sirsak sehari 3 X 1 sdm. tp saya juga vegan. semnjak sya minum daun sirsak, sya diare dn kringetan terus (sdh 4 hari). tp katany memang gitu prosesnya. mhon pncerahannya yak.
    tks =~)

    • purwatiwidiastuti April 4, 2014 / 10:05 am

      Mbak tiur,
      Benar bahwa ukuran yang juga mengindikasikan awal mula atau lamanya kena tumor akan mempengaruhi waktu pengobatan atau penyembuhan.
      Dan efek samping seperti diare, keringatan pada setiap orang tidak sama, karena ada yg tidak merasakan efek samping sama sekali.
      Pola makan harus dijaga untuk tidak mengkonsumsi yang mengandung pengawet, pemanis, pemutih, pewarna, penyedap. Dan sebisa mungkin menghindari cara masak dibakar sampai gosong.
      Salam sehat

  76. hairunnisa April 18, 2014 / 4:43 am

    Mau nanya,apakah rebusan daun sirsak tidak boleh diminum wanita menyusui?kenapa?terima kasih bnyk atas jawabannya..

    • purwatiwidiastuti April 21, 2014 / 10:39 am

      Mbak hairunnisa,
      Sebaiknya daun sirsak tidak dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui karena dikhawatirkan akan mempengaruhi janin dan bayi.
      Salam sehat

  77. iyen tania Mei 24, 2014 / 8:54 am

    aku penderita kelenjar tiorid mba, apa benar dengan minum air rebus daun sirsak tiap hari benjolan di leher aku bisa sembuh? soalnya aku udh periksa rutin ke dokter selama 1 1/2 thn berobat tp gemetaran di tangan aku datang lagi dan benjolan di leherku masih ada

    • purwatiwidiastuti Mei 24, 2014 / 9:03 am

      Mbak iyen tania,
      Kepastian akan kesembuhan datangnya dari Allah swt, kita wajib berusaha, inshaa allah klo mbak iyen yakin, positive thinking, menjalani pengobatan kesembuhan akan datang.
      Salam sehat

  78. cucun novia Mei 28, 2014 / 7:48 am

    mba saya punya anak 8 bulan,kata dokter anakku terkena bronkitis tapi disaluran nafas yg kecilnya,bolehkah anakku minum daun sirsak?

    • purwatiwidiastuti Mei 31, 2014 / 12:08 pm

      Mbak cucun novia,
      Menurut artikel yg saya baca, daun sirsak bukan untuk konsumsi anak dibawah 1thn
      Salam sehat

  79. alya Juni 10, 2014 / 2:25 pm

    salam kenal mbk.
    mbk anak saya umur 5,5 th. dia di rongten hasilnya katanya terkena flek dan jantung agak membengkak sehingga naffasnya sesak. sekarang masih minum obat flek.
    tapi dokter tidak memberikan obat untuk bengkak jantungnya. kata dokter jantung bengkaknya diobati dari anaknya sendiri artinya anak saya tidak boleh kecapaian dan menghindari makanan yang banyak pengawet.
    tapi anak saya gak bisa diam jadi setelah bermain bahkan aktivitasnya biasa-biasa saja nafasnya langsung sesak.
    akhirnya saya beri rebusan daun sirsak sekarang ada kemajuannya.
    klo menurut mbak dosis yang harus diminum anak saya gimana dan sampai kapan mbak? trus aman untuk anak seusia dia gk?
    ada efek sampingnya gk mbak?
    apakah boleh minum rebusan daun sirsak dengan obat flek mbak?
    trimakasih mbak….

    • purwatiwidiastuti Juni 16, 2014 / 8:35 am

      Mbak Alya,
      Saya belum pernah membaca hasil penelitian tentang khasiat daun sirsak dan flek.
      Tapi kalau mbak Alya mau mencoba, silahkan dikonsumsi dengan jarak 2 jam setelah minum obat dokter.
      semoga putran mbak Alya cepat sembuh
      Salam sehat

    • purwatiwidiastuti Juni 30, 2014 / 10:44 pm

      Mbak alya,
      Saya belum menemukan artikel hub daun sirsak dan flek.
      Kalau sudah sembuh, konsumsi daun sirsak bisa dihentikan.
      Salam sehat

  80. Helda Agustus 3, 2014 / 3:45 am

    Ohh yaa mba apa kita bisa juga minum daun sirsak jika kita mengalami penyakit TBC dan kanker paru-paru

    • purwatiwidiastuti Agustus 3, 2014 / 3:52 am

      Mbak Helda,
      Bisa saja. Daun sirsak bagus utk mengobati kanker.
      Salam sehat

  81. Nonameya Agustus 7, 2014 / 2:11 pm

    Mba, apakah daun sirsak ini jg bisa utk mengobati kista di payudara? Klo iya brp dosis perhari nya yg hrus dikonsumsi? Mohon jawabannya. Terimakasih.

    • purwatiwidiastuti Agustus 8, 2014 / 12:52 am

      mbak nonameya,
      daun sirsak bisa untuk mengobati kista/tumor jinak
      salam sehat

  82. Andrian Agustus 18, 2014 / 4:32 pm

    Mba….anak saya baru berumur 1,5 tahun….,sekarang sudah terkena gejala sesak napas,,,apa bisa diminum daun sirsak,,,? dan jika bisa tolong dijelaskan takarannya untuk anak anak…thank q

    • purwatiwidiastuti Agustus 19, 2014 / 3:38 am

      Pak Adrian,
      daun sirsak sebaiknya tidak dikonsumsi balita dan ibu menyusui.
      salam sehat

  83. ninda Agustus 29, 2014 / 12:03 pm

    mba sy pernah oprsi fam 5th yg lalu tp skrg tmbuh lg di pd sy…dan skrg sy konsumsi kapsul daun sirsak udah ada 1 bulan tp blm ada prbahan..dan efek samping yg saya rasakan sring buang air kcil. .. tanda fam smbuh gmana ya?

    • purwatiwidiastuti September 15, 2014 / 2:40 pm

      Mbak fitri diana boru selian
      Sebaiknya ibu hamil, menyusui dan balita tidak mengkonsumsi daun sirsak
      Salam sehat

  84. myra bertdh September 25, 2014 / 11:04 am

    mba….dulu sy py kista endometriosis,dan sdh brobat kmna2 ttp susah hamil,lalu atas saran teman sy minum rebusan daun sirsak. Alhamdulillah kista sy mengecil dn sy bisa hamil. skrg anak sy sdh usia 7bln. akhir2 ini sy sering sesak nafas,prnh konsultasi ke dokter katanya gejala asma. yg sy mau tnyakan apa boleh ibu menyusui meminum rebusan daun sirsak? sebab yg sy rasakan dulu sewaktu masih meminum rebusan daun sirsak,badan terasa enak,tdk sering sakit2an.dulu dketika menstruasi jg perut sy selalu nyeri hebat,dgn mnum rebusan daun sirsak nyerinya sdikit hilang,lalu bgaimana skrg dgn peran ibu menyusui?
    mohon penjelasannya..
    terima kasih.

    • purwatiwidiastuti September 25, 2014 / 1:27 pm

      bu myra,
      terima kasih sharing pengalamannya mengkonsumsi daun sirsak untuk mengobati kistanya.
      daun sirsak sebainya tidak dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui
      salam sehat

  85. majid Oktober 15, 2014 / 5:56 am

    mbak saya kena paru paru basah saya konsumsi rebusan duan sirsak hari pertama perut saya sakit saya tau krna waktu itu saya belum makan dan hari kedua saya minum sesudah makan terasa panas di perut dan saya batuk batuk truz paginya saya muntah darah .. trus bagai mana mbak solusinya saya mohon infonya trima kasih

    • purwatiwidiastuti Oktober 15, 2014 / 12:02 pm

      Pak majid,
      Efek konsumsi daun sirsak memang ada rasa panas di perut, hanya kalau sampai muntah darah, sebaiknya bapak kurangi dosis sampai yang paling kecil/sedikit, baru kemudian bertahap ditingkatkan.
      Bila tidak berkurang, sebaiknya dihentikan
      Salam sehat

  86. budianto November 14, 2014 / 2:15 am

    mbak…apakah ibu menyusui boleh minum rebusan daun sirsak…thanks

    • purwatiwidiastuti November 14, 2014 / 7:30 am

      pak budianto,
      sebaiknya ibu hamil, ibu menyusui dan balita tidak mengkonsumsi rebusan daun sirsak
      salam sehat

  87. Kastanza Cherhy Desember 28, 2014 / 5:14 am

    ass
    aku lagi menyusui, umur baby baru 2 bulan,
    adakah obat herbal yg bisa menyembuhkan tumor payudara dan kanker serviks? untuk ibu menyusui?
    soalnya daun sirsak dan kulit manggis katanya nga boleh,
    jadi adakan info obat herbal lainnya yg bisa dikonsumsi?
    thanks

    • purwatiwidiastuti Desember 28, 2014 / 10:30 am

      Mbak Kastanza Cherhy,
      Betul mbak Kastanza, daun sirsak dan kulit manggis memang sebaiknya tidak dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui.
      Sebaiknya mbak Kastanza konsul langsung pada herbalis.
      Salam sehat

  88. Nurul Ramadani Desember 28, 2014 / 7:43 am

    maap saya boleh tanya. saya baru berumur 16th. dipojokan mata saya ada semacam daging tumbuh kira2 kalo saya minum teh daun sirsak terus secara teratur juga akan mengempes dengan sendirinya? tolong beri saya penjelasan. makasih.

    • purwatiwidiastuti Desember 28, 2014 / 10:27 am

      Mbak Nurul Ramadani,
      Saya manusia biasa tidak bisa menjamin. Kesembuhan datangnya dari Allah swt, namun sebagai manusia kita wajib berusaha.
      Silahkan mencoba dengan penuh keyakinan dan jangan lupa berdoa memohon kesembuhan.
      Salam sehat

  89. Nur Mini Januari 9, 2015 / 5:54 am

    Mbak….saya ada benjolan dipayudara. sekarang saya minum rebusan daun sirsak + kulit manggis kering yang sy rebus jadi 1. Sebaiknya minum rebusan daun sirsak aja atau yang sperti saya lakukan sekarang mbak ? Trus bolehkan direbusnya berulang,pagi direbus trus sore dipanasin lagi?

    • purwatiwidiastuti Januari 10, 2015 / 6:43 am

      Mbak nur mini,
      Kalau lebih seneng minum dalam keadaan hangat atau panas, tidak perlu disimpan didalam kulkas, biarkan saja pada tempatnya, dan dipanaskan kembali saat mau diminum.
      Salam sehat

    • purwatiwidiastuti Januari 10, 2015 / 6:44 am

      Mbak nur mini,
      Maaf ketinggalan jawabannya.
      Kulit manggis boleh direbus kembali 1x
      Salam sehat

      • titind Januari 16, 2015 / 12:40 pm

        mlm mba ,, saya darah rendah apakah bsa mengkonsumsi daun sirsak secara rutin ???

      • purwatiwidiastuti Januari 17, 2015 / 4:15 am

        Mba titind,
        Daun sirsak bisa untuk mengobati hipertensi, kalau mbah darah rendah sebaiknya mengkonsumsi sesuai kebutuhan dan dipantau tensinya
        Salam sehat

  90. Panji ashar Februari 20, 2015 / 2:26 am

    Mbak mau tnya untuk ibu yg sedang menyusui boleh tidak minum air rebusan daun sirsak?

    • purwatiwidiastuti Februari 20, 2015 / 3:03 am

      Panji Ashar,
      sebaiknya ibu hamil dan menyusui tidak mengkonsumsi air rebusan daun sirsak
      salam sehat

      • Panji ashar Februari 20, 2015 / 3:38 am

        terima kasih mbak

      • purwatiwidiastuti Februari 20, 2015 / 9:16 am

        Sama2 mas panji ashar

  91. Aryawan Maret 16, 2015 / 10:05 am

    maaf. kemarin sya merasa terkena penyakit kanker paru paru menurut ciri ciri yg saya alami. sya sudah rutin minum rebusan daun sirsak selama 2 pekan dengan merebus 15 daun + 3 gelas air dengan panci aluminium. dan akhir akhir ini saya sering buang air kecil dan merasa ada gangguan pencernaan. apakah ini efek positif dari daun sirsak dan apakah dosis.nya sudah cukup untuk saya? mohon jawaban.nya

    • purwatiwidiastuti Maret 16, 2015 / 12:13 pm

      Pak aryawan,
      Dosis sudah cukup.
      Besuk lagi kalau merebus daun sirsak sebaiknya tidak menggunakan panci alumunium yaa.
      Salam sehat

  92. yadidalank Maret 20, 2015 / 2:54 pm

    Assalamualaikum bu.. kemaren istri saya periksa ke dokter dan divonis infeksi kandungan dan diberi obat. apakah rebusan daun sirsak bisa mengobati infeksi kandunganbistri saya dan apakah tidak apa2 sambil minum obat dr dokter.

    • purwatiwidiastuti Maret 20, 2015 / 8:54 pm

      Wa’alaikum salam pak yadidalank,
      Pengobatan herbal seperti daun sirsak bisa beriringan dengan pengobatan medis, dikonsumsi dengan jeda waktu 2 jam.
      Namun ada pula dokter yang tidak mengijinkan, jadi pilihan pak yadi.
      Kesembuhan datang dari Allah medis maupun herbal hanya sarana, yang penting ikhtiar dan doa
      Semoga istri tercinra segera sembuh
      Salam sehat

  93. ika Maret 29, 2015 / 3:27 pm

    .mlm bak. Saya mau tanya d seblh seblh vegina sya ada sbuh bnjolan tp blum tau ap penyakitnya apa dngn cara mengkonsumsi rebusan daun sirsak bsa hilang? T0lng d jwb bak. Trimakash

    • purwatiwidiastuti Maret 29, 2015 / 10:26 pm

      Mbak Ika,
      Kesembuhan datangnya dari Allah, tp kita manusia wajib berusaha. Semoga dengan mengkonsumsi daun sirsak mjd jalan kesembuhan mbak ika
      Salam sehat

  94. fitri Mei 4, 2015 / 7:41 am

    siang mbak….
    sy mau tanya, boleh gk rebusan daun sirsak dikonsumsi saat lagi haid?
    tks sebelumnya….

    • purwatiwidiastuti Mei 4, 2015 / 7:45 am

      mbak fitri,
      rebusan daun sirsak bisa dikonsumsi selagi haid.
      salam sehat

  95. Maria Mei 11, 2015 / 8:05 am

    Siang mbak saya terkena kanker payudara tapi masih dini dan sudah dioperasi pertanyaan saya apakah selama saya minum obat dokter dan suntik hormon masih boleh minum daun sirsak?
    terimaksih

    • purwatiwidiastuti Mei 11, 2015 / 8:34 am

      mbak maria,
      sejauh yang saya tahu dari pengalaman teman dan kolega mereka tetap bisa minum rebusan daun sirsak dengan diberi jeda2 jam dengan obat medis
      salam sehat

  96. lenny Mei 26, 2015 / 12:34 am

    Pagi mba, dr hasil usg sy terkena kista payudara, bgmn takaran minum air rebusan daun sirsak, sehr brp kali dan apa bs di minum setiap hr. Trims mba bantuanx

    • purwatiwidiastuti Mei 26, 2015 / 4:36 am

      mbak lenny,
      rebusan kulit manggis bisa diminum tiap hari, bahkan untuk pengobatan memang diminum tiap hari.
      minum pagi dan sore masing-masing satu gelas ya
      salam sehat

      • lenny Mei 26, 2015 / 6:00 am

        Maaf mbak yg sy tanya daun sirsak bukan kulit manggis dan cara masakx daun brp lbr dan airx brp….

      • purwatiwidiastuti Mei 26, 2015 / 11:33 am

        Mbak lenny,
        Waduch maaf salah njawab yaa.
        Daun sirsak bisa 7 atau 9 lbr direbus dg 3 gelas air sampai tinggal 2 gelas, diminum pagi dan sore.
        Salam sehat

  97. kirana Juni 14, 2015 / 2:14 pm

    Mbaa. Saya ada luka gitu di betis kanan, tumben keringnya itu lama. Saya takut periksa ke dokter. Saya ngeri gula darah saya tinggi (diabetes). Saya baru coba minum rebusan daun sirsak 2 hari ini. Dengan takaran, 5 lembar daun + 3 gelas disusut 1 gelas. Diminum pagi dan malam. Nah, yang mau saya tanya:
    1. Betul gaa sih rebusan daun sirsak itu bisa untuk menurunkan kadar gula darah?
    2. Apa takaran saya sudah tepat?
    3. Apa aman diminum tiap hari? Karena saya baca komen di atas kok ada yang mbaa saranin untuk dijeda?
    4. Kenapa gaa boleh di rebus di panci alumunium mbaa? Segitu pengaruhnya kah?
    Makasih banyak yaa sebelumnya…

    • purwatiwidiastuti Juni 15, 2015 / 11:51 am

      Mbak kirana
      1. Ada hasil penelitiannya
      2. Ya
      3. Ya, selama 2minggu pertama, kemudian diturunkan frekuensi minumnya
      4. Karena akan mengurangi khasiat rebusan daun sirsak.
      Salam sehat

  98. Endang Juni 22, 2015 / 12:09 pm

    Mbak. saya Endang, saya mengalami benjolan di Ketiak dan di payudara. saya smpat konsumsi daun sirsak, tpi stelah mngonsumsi daun sirsak bahu kiri saya sering terasa pegal dan nyeri bahkan sampai ke Payudara. apa itu efek yg positif ? terimakasi . mohon dijawab

    • purwatiwidiastuti Juni 23, 2015 / 2:52 am

      nba endang,
      mungkin saja merupakan efek mengkonsumsi daun sirsak, namun saya belum pernah membaca yg efeknya seperti yg mbak endang rasakan
      salam sehat

  99. Endang Juni 23, 2015 / 1:20 am

    Pagi mbak. saya Endang berusia 18th
    Saya mngalami benjolan di Ketiak kanan saya, dan benjolan di PD kiri saya. Saya takut mmeriksa kedokter.
    Saya sudah mminum rebusan daun sirsak selama sminggu, ttapi stelah mnum rbusan daun sirsak lengan kiri saya sering terasa pegal” dan nyeri kadang sampai ke ketiak kiri dan payudaranya.
    Apa itu efek yg positif atau bagaimana ? Tolong pncerahannya. Terimakasihhh

  100. ardy Juni 23, 2015 / 1:51 pm

    Mau ikut sharing, kbetulan istri saya dulu ada mium di kandungannya sebesar telur ayam dan membuat kami agak menunggu utk pny momongan dan dikasih saran sm ibu saya utk mnm daun sirsak ini, kebetulan cara penyajiannya yg berbeda, yaitu daun sirsak dikeringkan dulu selama 1 hari lalu setelah kering di rajang kecil2, lalu diseduh dgn air panas, diminum setiap malam mau tidur, kurang lebih selama 1 tahun terapi ini di usg mium nya hilang, efeknya saat haid akan keluar seperti gumpalan2 kecil mungkin ini kenapa daun sirsak tdk boleh diminum oleh ibu hamil, sebelumnya istri sy slalu kesakitan saat haid hari pertama, Alhamdulillah skrg sdh tidak lagi

    • purwatiwidiastuti Juni 23, 2015 / 2:09 pm

      Mas ardy,
      Terima kasih sharingnya…semoga bermanfaat utk yg punya masalah mium

  101. WATI Juni 24, 2015 / 2:25 am

    akhrx ktmu blog yang brmnfaat dn cpat drespon prtnyaannya,,, :)
    mbk sy usia usia 23 th blm mnikah, sy sdh mrskan ada benjolan di pd sy sjak bru msuk kuliah, dn sring terasa panas smpe skrg,,
    kmrin puting pd sy smpt trsa gtal, sy garuk dn jdi nyeri,,
    sy cb minum air rbusan daun sirsk krn rmdhan sy minum skali sehari, efek yg sy rskan sring ke kmr kcil, dn stlh 2x minum putingx brhnti skit. Dn skrg sy ingin mmbeli tblet daun sirsak,,mna kira2 yg lbh baik rebus sndri atau dg minum tblet?
    mngingat sy sdg bkrja dn sring lupa utk mrebus daun sirssk trsb,wlpn alhmd di dpan rumah ada tmbuh phon sirsak jd sy bs ambil kpn sja,,
    trmksih

    • purwatiwidiastuti Juni 24, 2015 / 3:15 am

      Mba wati,
      Rebusan sama kapsul sama saja.
      Pilihan bisa krn ketersediaan daun sirsak atau krn kesibukan tak punya waktu.
      Klo sy pribadi suka yg rebusan, sambil memproses sambil berdoa…rasanya lebih mak nyessss :)
      Salam sehat

    • purwatiwidiastuti Juni 24, 2015 / 3:16 am

      Oyaa..krn pohon sirsak saya mati dan diganti tanaman delima, jadi biasanya minta daun sirsak ke tetangga :)

      • WATI Juni 24, 2015 / 8:04 am

        iya juga ya mbk,,,
        smbil nggu air rbusannya dngin smbil sy bcain slawat kmrin,,
        smga bs hilang pnykitnya smpai tuntas mbk,,
        trmksih bnyk infonya,,,,
        jd smngat dn ykin utk brobat pkai daun sirsakkk stlah bca blog ini,,, :)

  102. WATI Juni 24, 2015 / 8:01 am

    iya juga ya mbk,,,
    smbil nggu air rbusannya dngin smbil sy bcain slawat kmrin,,
    smga bs hilang pnykitnya smpai tuntas mbk,,
    trmksih bnyk infonya,,,,
    jd smngat dn ykin utk brobat pkai daun sirsakkk stlah bca blog ini,,, :)

    • purwatiwidiastuti Juni 24, 2015 / 1:21 pm

      Mbak wati
      Tetap semangat, tetap ikhtiar, tetap yakin Allah yg memberi penyakit Allah yg akan memberi kesembuhan
      Salam sehat

  103. WATI Juni 25, 2015 / 2:35 pm

    iya mbk,,trmksh motivasinya! :)
    Alhamdlulillah Allah menumbuhkan phon ajaib ini di depan rumah tnpa kmi sngaja menanamnya, dn ternyata ini bisa jd obat utk sy, sy tdk prnh brani priksakan kdokter, sy percya ini bs smbuh dg daun sirsak ini,, :)
    oh iya mbk, air rbusan daun sirsak ini bs than brp jam? Boleh g yg qt rbus hri ini mslhan utk jd 3 glas, nh yg sgelas dminum besoknya apa bisa bgitu?
    trmksh,,

    • purwatiwidiastuti Juni 30, 2015 / 6:06 am

      mbak wati,
      alhamdulillah punya pohon sendiri ya.
      air rebusan bisa disimpan di kulkas dan diminum untuk hari berikutnya
      salam sehat

  104. muliana Juli 13, 2015 / 12:58 am

    Assalamu alaikum wr.wb
    Saya didiaknosa memderita kelenjar getah bening inveksi paru2. Saat ini saya lagi hamil 2 buln. Apa meminum tebusan daun sirsak tdk mengangagu pertumbuhan janin ?
    Mohon penjelasannya.
    Terimah kasih

    • purwatiwidiastuti Juli 13, 2015 / 4:06 am

      Wa’alaikumusalam bu muliana,
      Sebaiknya daun sirsak tidak dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui.
      Salam sehat

  105. riska Juli 25, 2015 / 3:06 am

    <a href=" " siang

  106. putuyeni Agustus 5, 2015 / 5:33 am

    mbak anak saya ada benjolan dipayudara kanan sdh konsumsi rebusab daun sirsak slm 2bln tpi benjolannya masih apa bisa mengecil ya mbak?

    • purwatiwidiastuti Agustus 5, 2015 / 7:31 am

      bu putuyeni,’
      insyaallah bisa, dosis dan cara penyajiannya sudah benar khan
      salam sehat

  107. putuyeni Agustus 6, 2015 / 1:50 am

    slmt pagi mbak widia, dosisnya 15 lbr daun sirsak,menjadi 1 gls diminum 2x sehari pagi dan malam sy merebusnya dgn panci utk menanak nasi, apa bisa ya mbak? kadang2 anak sy merasa sakit di payudaranya apa dosisnya kurang mbak? sdh 2 bln konsumsi rebusan daun sirsak. mohon penjelasannya ya trim, mbak widia…

    • purwatiwidiastuti Agustus 6, 2015 / 5:44 am

      Bu putuyen, Kalau belum efek bisa karena dosis masih kurang dan yang jelas merebusnya bukan dengan wadah yang tepat. Untuk pengobatan daun sirsak tidak boleh direbus dengan wadah dari bahan alumunium. Paling bagus direbus dengan wadah dari bahan tanah liat/gerabah. semoga putrinya cepat sembuh salam sehat

  108. putuyeni Agustus 6, 2015 / 8:00 am

    mbak widia, sebaiknya berapa lembar daun sirsak yg sy pakai biar dosisnya tepat? makasi ya mbak …

    • purwatiwidiastuti Agustus 6, 2015 / 9:47 am

      Bu putuyeni, Dosis masing2 orang berbeda tergantung kondisi ybs. Utk putri ibu bisa 15lbr – 21 lbr. Direbus di wadah berbahan tanah liat paling bagus. Salam sehat

      • diah Agustus 27, 2015 / 12:25 am

        Salam Mbk pur
        Saya ibu diah, sejak mei dileher kiri saya ada benjolan KGB, trs saya merasa saya terkena kanker orofaring(letaknya didekat tonsil Dan tenggorokan). Tiap hari selalu batuk.
        Juni-skg saya rajin minum xamton dan minum jus buah Dan sayur. Alhamduliah benjolan semakin mengecil, tetapi tenggorokan saya tetap meradang.
        Kira2 kl saya tambahi dg rebusan daun sirsak, kira2 efeknya gmn ya kesaya?

      • purwatiwidiastuti Agustus 27, 2015 / 12:33 am

        salam Ibu diah,
        Syukurlah benjolan sudah mengecil berkat ikhtiar yang ibu diah lakukan.
        Dikombinasi dengan minum rebusan daun sirsak boleh saja. Kalau tidak salah ingat, kandungan dalam xamtom yg ibu konsumsi itu sudah ada daun sirsaknya. Coba dicek di label dalam botol.
        Tetap berpikir positif, ikhtiar dan berdoa ya bu.
        Semoga cepat sembuh.
        Salam sehat

  109. vitri Agustus 27, 2015 / 4:23 am

    untk penyumbatan tuba fallopi apa bisa meminum rebusan daun sirsak ea mbk…agat terbuka tuba fallopi nya….

    • purwatiwidiastuti Agustus 27, 2015 / 4:47 am

      Mbak vitri,
      Saya belum pernah membaca tentang hubungan atau manfaat rebusan daun sirsak dengan tuba fallopi. Nanti kalau menemukan artikelnya akan saya share.
      Maaf kalau nggak bisa menjawab memuaskan.
      Salam sehat

  110. diah Agustus 28, 2015 / 8:27 am

    Mbk pur yg ada campuran sirsatnya itu acmax, sedang xamton itu cm manggis aja.

    • purwatiwidiastuti Agustus 28, 2015 / 9:59 am

      Ooo….gitu yaaa….
      Ok, ma kasih infonya

  111. diah Agustus 29, 2015 / 12:19 am

    Maaf Mbk pur, kl blh saya tau Mbk pur sakit APA ya & bgmn pengobatannya, medis a to herbal. Trs pantangan makannya bgmn.

    • purwatiwidiastuti Agustus 29, 2015 / 12:24 am

      Mbak diah,
      Saya punya kista di ginjal…tapi kata dokter ga masalah
      Kalau minum rebusan daun sirsak atau kulit manggis lebih untuk stamina saja
      Salam sehat

    • purwatiwidiastuti Agustus 29, 2015 / 12:28 am

      Mba diah,
      Kalau pantangan sakit kanker, tumor, kista dan sejenisnya ya aneka makanan kimiawi atau artifisial seperti pemanis, penyedap, pewarna, pengawet, pemutih.
      Lebih baik makan minum yang natural dari alam dan dimasak dengan cara direnus atau di tim.
      Kurangi juga makanan berlemak.
      Rubah gaya hidup menjadi gaya hidup sehat.
      Memang pengobatan harus menyeluruh tidak sekedar fisik tapi juga psikis.
      Salam sehat

    • purwatiwidiastuti Agustus 29, 2015 / 12:31 am

      Mbak diah,
      Dan menurut saya, yang psikis itu yang lebih susah, karena wanita itu moody, gampang emosi, berubah mood.
      Sehingga yang harus dijaga adalah agar selalu punya mood positif…bila selalu positif, kita akan selalu optimis, melihat segala sesuatu dari sisi baiknya.
      Insyaallah ikhtiar kita yang diiringi doa akan memberikan hasil.
      Tetap semangat ya mbak diah
      Salam sehat

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s