Apasaja sich kandungan buah sirsak yang lagi naik daun itu

Pohon sirsakkuBeberapa saat lalu aku baca manfaat buah sirsak di milist yang kuikuti, namun karena belum begitu tertarik kulewatkan begitu saja artikel itu, sampai kemudian aku ikuti beberapa topik di beberapa milist tentang buah sirsak, maka aku tergugah untuk menanyakannya pada mbah google yang pandai itu, dan memang sangat banyak kutemukan artikel tentang buah sirsak.

Buah sirsak ternyata mempunyai banyak nama tenar dibelahan dunia ini, contoh misalnya nangka sabrang kata nenekku, Soursop (Inggris), Corossol atau Anone (Perancis), Zuurzak (Belanda)  guanábana (Spanish), graviola (Portuguese), Brazilian Paw Paw, Corossolier, Guanavana, Toge-Banreisi, Durian benggala, Nangka blanda, and Nangka londa.

Kandungan Gizi  buah sirsak adalah sbb:

  • Buah sirsak terdiri dari 67,5 persen daging buah, 20 persen kulit buah, 8,5 persen biji buah, dan 4 persen inti buah.
  • Setelah air, kandungan zat gizi yang terbanyak dalam sirsak adalah karbohidrat. Salah satu jenis karbohidrat pada buah sirsak adalah gula pereduksi (glukosa dan fruktosa) dengan kadar 81,9 – 93,6 persen dari kandungan gula total.
  • Buah sirsak mengandung sangat sedikit lemak (0,3 g/100 g), sehingga sangat baik untuk kesehatan. Rasa asam pada sirsak berasal dari asam organik non volatil, terutama asam malat, asam sitrat, dan asam isositrat.
  • Vitamin yang paling dominan pada buah sirsak adalah vitamin C, yaitu sekitar 20 mg per 100 gram daging buah. Kebutuhan vitamin C per orang per hari (yaitu 60 mg), telah dapat dipenuhi hanya dengan mengkonsumsi 300 gram daging buah sirsak. Kandungan vitamin C yang cukup tinggi pada sirsak merupakan antioksidan yang sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan memperlambat proses penuaan (tetap awet muda).
  • Mineral yang cukup dominan adalah fosfor dan kalsium, masing-masing sebesar 27 dan 14 mg/100 g. Kedua mineral tersebut penting untuk pembentukan massa tulang, sehingga berguna untuk membentuk tulang yang kuat serta menghambat osteoporosis.
  • Selain komponen gizi, buah sirsak juga sangat kaya akan komponen non gizi. Salah satu diantaranya adalah mengandung banyak serat pangan (dietary fiber), yaitu mencapai 3,3 g/ 100 g daging buah.

Ternyata sirsak ini juga ada yang berjenis masam dengan berlimpah air sebagaimana kita temui dipasar, biasanya enak kalau di jus, adapula yang manis dengan sedikit air dan sedikit biji, jenis ini jarang dijumpai dipasar, jenis ini enak langsung dimakan, kalau dijus kurang terasa manisnya. Kebetulan dirumahku aku punya yang jenis kedua, dan sudah kusemai untuk kubagi pada sanak kerabat yang berminat. Kini aku menyemai lagi setelah buahnya mulai lebat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s