Jus bit…mau donk

jus bit - kulit manggisDulu saat aku sering tugas luar dengan bossku almarhum yang mengidap penyakit jantung koroner, beliau selalu mengkonsumsi jus bit dengan apel malang. Aku tidak tahu, kenapa harus apel malang, beliaupun saat kutanya juga tidak tahu alasannya. Yang jelas, aku melihat efeknya selama bertahun-tahun beliau mengkonsumsi jus bit dan apel malang itu membuat kulitnya terlihat lebih cerah dan wajah beliau terlihat lebih muda.

Karena efek itu, maka jadi penasaran untuk mencoba mengkonsumsi jus bit. Waktu aku nyoba membuat jus buah bit untuk pertama kalinya, ternyata rasanya tidak enak dan berbau tanah. Maka sekarang aku mengkonsumsi bit tidak semata-mata jus buah bit, tetapi selalu kucampur dengan buah yang lain agar enak dan segar. Dan akhirnya kutemukan artikel menarik tentang bit di http://blogs.unpad.ac.id/aditiaseptiani/2010/06/11/keluarga-sehat-dengan-buah-bit-merah/

SALAH satu khasiat jus bit adalah menambah pasokan energi. Di samping itu masih banyak manfaat lain dari mengasup bit dengan cara dibuat Jus. salad, atau sup.

Tanaman bit yang lebih dikenal mempunyai khasiat kesehatan adalah umbinya. Bit mengandung karbohidrat dalam bentuk gula dengan sedikit kandungan protein dan lemak. Banyak cara menyantap akar bit. antara lain dibuat jus. direbus sebentar untuk salad, dibuat pure (dihaluskan) untuk sup. dan lain-lain. Yang perlu diperhatikan, apabila pada buah-buahan kulitnya dianjurkan untuk disantap, pada akar bit, kulitnya sebaiknya dibuang.

Ada yang beranggapan bahwa Jus bit adalah Jus yang terbaik untuk kesehatan karena mengandung gula alami, sodium, potassium, fosfor. kalstum. magneslum, sulfur, klorin, lodlne, zat besi, copper, vitamin BI, B2. C dan P. Kandungan bit menyeimbangkan kadar basa dan asam, sehingga sangat bagus bagi keseimbangan tubuh kita. Walaupun mengandung karbohidrat, kalorinya rendah.

Bit berisi antioksidan penting yang membantu tubuh menghindari penyakit. Sistem getah bening yang merupakan sistem pertahanan utama tubuh terhadap infeksi dapat diperkuat oleh bit, terutama jika dikonsumsi sebagai jus.
Khasiat:
1. Membersihkan dan menetralkan racun di dalam tubuh.
2. Memperkuat sistem peredaran darah dan sistem kekebalan.
3. Memperkuat fungsi darah dan mengatasi anemia.
4. Melawan infeksi dan radang serta mengatasi masalah batu ginjal.
5. Memberi tenaga dan menyeimbangkan tubuh.

Selamat minum jus buah bit.

4 thoughts on “Jus bit…mau donk

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s