Apa sich syaraf kejepit itu

yogaSaat dokter syaraf mengatakan ada syaraf tulang belakang yang kejepit dari melihat hasil rongsen dan memeriksa respon kakiku terhadap sentuhannya, berbagai pertanyaan berkelibatan dikepalaku. Pertanyaan besar pertama adalah, apa aku harus operasi, karena beberapa teman di kantor yang menderita syaraf kejepit solusinya dioperasi, meski katanya kemungkinan 50:50 tapi semuanya relatif berhasil. Pertanyaan besar berikutnya adalah apakah kelak saat menopause aku akan kena osteoporosis seperti dugaan dokter syaraf tersebut. Dan masih banyak pertanyaan berkelibatan.

olah ragaTapi langkah pertama yang mesti aku paham adalah soal syaraf kejepitnya itu sendiri. Setelah berhari-hari mencari info ke mbah google akhirnya aku nemu penjelasan yang sangat mudah dipahami orang awam sepertiku. Mudah-mudahan yang membaca blog inipun juga lebih mudah memahaminya.

Tulang punggung manusia itu sebenarnya tidak lurus secara harfiah. Ada sedikit lekukan tertentu di beberapa bagiannya. Sayangnya secara tidak tersadari sering sekali postur harian tubuh manusia bergerak ke arah yang berlawanan dengan lekukan alamiahnya. Pergerakan tersebut umumnya adalah membungkukkan tubuh ke arah depan. Sepintas terlihat santai dan nyaman. Namun berdasarkan bagan berikut bisa terlihat betapa buruknya efek membungkuk bagi postur manusia keseluruhan.

Postur  seperti ini akan membuat tekanan konstan pada bagian-bagian tertentu di sepanjang areal tulang punggung. Sakit pada bagian tengkuk, pinggang dan postur membungkuk adalah salah satu akibat nyata dari kebiasaan ini. Selain hal itu, pembungkukkan seperti ini memberikan tekanan yang berlebihan organ-organ yang dalam tubuh seperti paru-paru, jantung serta sebagian organ pencernaan.

Azka dan ArifNamun karena fokus pembahasan kali ini pada rasa sakit di bagian punggung khususnya untuk areal saraf sciatica (siatika), kita hanya akan menekankan pada akibat yang timbul dari postur ini ke pada bagian bawah tulang punggung (lumbar) manusia.  Karena pose membungkuk tadi tidak sesuai dengan bentuk alamiah keseluruhan tulang punggung.

Selain mempercepat proses pembungkukan areal kypho (hyperkhiposis) -seperti yang banyak dialami oleh orang lanjut usia- juga apabila digabung dengan gaya hidup yang buruk (pola makan, jenis makanan, stres, istirahat serta jarang berolahraga) ditenggarai pose bungkuk akan membuat tulang mudah terserang pengeroposan (osteoporosis)

Tulang punggung sebenarnya adalah sederetan ruas dengan dilengkapi bantalan seperti gel yang menjembatani di antaranya. Penampang gel tersebut berisikan inti bernama nucleus dan pembatas pinggirannya yang bernama annulus. Postur bungkuk yang buruk tadi  akan merusak keharmonisan antara kondisi ruas-ruas tulang. Di mana sisi depan mengalami penekanan lebih banyak  sehingga mempercepat terjadinya proses perusakan bagian cakram (gel) pelindung antar ruas. Di mana isinya dari arah yang tertekan pada satu sisi itu akan bergerak menggeser kebelakang kemudian merobek bagian annulus, lalu menekan sisi saraf yang berada di belakang ruas tulang punggung.

Kondisi ini yang biasa disebut orang awam dengan istilah ‘Saraf Terjepit’ atau Pinch Nerve, di mana saraf terjepit oleh tekanan inti gel yang keluar.  Tekanan saat membungkuk biasanya akan terjadi pada area ruas tulang punggung bawah (lumbar) ke lima dan ke empat (L5-L4) dan menekan saraf sciatica(siatika) yang merupakan saraf terbesar serta terpanjang dari seluruh struktur tubuh manusia. Panjang   saraf siatika menyusuri punggung bawah hingga bagian belakang paha, betis sampai ke telapak dan ibu jari kaki. Karena itu nama yang popular dari kondisi ini adalah sciatica.

Gejala yang umum dialami adalah rasa sakit (ringan hingga hebat) di bagian punggung bawah merambat ke paha belakang hingga ke jari-jari kaki. Kadang hanya berupa rasa menggelitik, kesemutan atau mati rasa. Namun pada tingkat tertinggi mampu menimbulkan ketidak leluasaan hingga ketidak mampuan untuk menggerakkan bagian kaki.

Semoga mudah dipahami.ayang-ayang

Iklan

17 thoughts on “Apa sich syaraf kejepit itu

    • purwatiwidiastuti Januari 27, 2011 / 12:16 am

      hehehe….ga lihat lg sebelum di posting jadi salah ya…ma kasih koreksinya mas faiz

    • MossackAnme™ Maret 28, 2011 / 9:05 am

      Ealah, judulnya syaraf, permalink-nya syarat 😀

      Sepertinya Mbak Pur ini terkena gejala ingatan kejepit 😛

      • purwatiwidiastuti Maret 29, 2011 / 2:41 am

        hehehe….

    • MossackAnme™ Maret 28, 2011 / 9:19 am

      Hyperlink commenter name ke blog saya salah, ini yang benar 🙂

  1. Tiyang Atmojo Desember 18, 2011 / 1:26 pm

    Terima kasih infonya, menambah wawasan saya.semoga bermanfaat.

    • purwatiwidiastuti Desember 19, 2011 / 12:44 am

      alhmdlh

  2. agan Oktober 7, 2012 / 6:53 am

    duh,saya lagi sakit pinggang.

    • purwatiwidiastuti Oktober 8, 2012 / 1:14 am

      agan
      semoga cepat sembuh
      salam sehat

  3. masLuki Oktober 15, 2012 / 1:06 pm

    Saya juga kena HNP bu. Tanggal 6 Sep 2012 sdh dioverhaul boyoknya. Sekarang tinggal pemulihan belajar jalan lagi…

    • purwatiwidiastuti Oktober 16, 2012 / 2:00 pm

      lho…sampai sebegitunya…..
      tiba2 kerasa ya…atau karena jatuh?
      semoga cepat pulih dan bisa jalan lagi
      salam sehat

  4. galuh Desember 30, 2012 / 6:19 pm

    terimakasih infonya.., saya juga pernah mengalami sakit punggung bagian bawah (pinggang) berhari-hari, ternyata menurut dokter disini jangan terus dibawa istirahat di tempat tidur, tapi dibawa bergerak sebisanya, dan jangan berlebihan plus memperhatikan ergonomi (cara mengangkat beban, posisi duduk, posisi berdiri dengan benar waktu mengerjakan pekerjaan rumah tangga) yg susah sekali diterapkan karena kebiasaan yg salah. Senam punggung dan yoga lebih dianjurkan drpd operasi, jk memungkinkan 🙂

    • purwatiwidiastuti Januari 2, 2013 / 12:57 am

      galuh,
      terima kasih banyak sharingnya
      semoga syaraf punggungku menguat dan membaik begitu juga syaraf punggung galuh. saya tunggu masukan yang lain tentang syaraf punggung ya
      salam sehat

      • ichaa Juli 1, 2013 / 7:54 am

        Solusi penyembuhan yg lain apa aja ya? Saat ini kakakku jg menderita sakit (yg katanya syaraf kejepit),. sampai sholat aja sambil tiduran krn tdk bisa bergerak. Sama dokter suruh oprasi pula. Apakah ada solusi selain oprasi?

      • purwatiwidiastuti Juli 1, 2013 / 2:17 pm

        mbak ichaa,
        pengobatan syaraf kejebit bisa dengan obat, olahraga (renang dan senam), fisioterapi ataupun operasi
        pengobatan yang diberikan oleh dokter akan tergantung pada tingkat keparahan dari syarat kejepit tersebut.
        sejauh mana sakitnya kakak?
        Dulu waktu pada saat kambuhnya syaraf kejepit saya, tidak hanya tidur dengan berbaring, untung memiringkan kepala saja tidak mungkin karena sangat sakit, tapi alhamdulillah dengan pengobatan, senam dan renang, penyakit itu sudah sangat jauh berkurang
        semoga sakitnya kakak bisa berkurang tanpa operasi
        salam sehat

  5. Beni Bakrie Juni 6, 2013 / 7:27 am

    Assalamu’alaikum,
    Ada informasi dari kawan yg telah menderita HNP bertahun-tahun.
    Dia berobat di sini … http://www.kliniksaraf.com
    Yang saya tahu klinik saraf di web ini memang baru tapi sudah tahun praktek di bogor dengan nama Anatomy System Syaraf dan sampai saat ini masih praktek.
    Mungkin bisa membantu dan lebih ringan tanpa harus di operasi.
    Terima kasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s