Apa pentingnya menurunkan trigliserida?

Among tamu3Orang sering dan bahkan kebanyakan membahas tentang kolesterol dan menganaktirikan trigliserida, padahal mereka itu seperti saudara sekandung. Keduanya baik kolesterol maupun trigliserida adalah ukuran lemak darah. Biasanya orang yang kolesterolnya tinggi atau LDLnya tinggi, trigliseridanya juga tinggi, meski itu tidak selalu terjadi, contohnya aku sendiri, meskipun total kolesterol dan LDLku tergolong tinggi tetapi trigliseridaku masuk ukuran normal.

Setelah bertahun-tahun dianaktirikan kini para periset menemukan kadar trigliserida tinggi kemungkinan menjadi indikator bermakna untuk stroke dan penyakit jantung, berapapun total kolesterolnya.

Masih ingat tulisanku tentang trigliserida khan? Trigliserida merupakan salah satu fraksi lemak yang terdapat dalam makanan maupun darah kita. Orang kegemukan, trigliseridanya dalam bentuk “gajih” bisa berbobot puluhan bahkan ratusan kilogram, tetapi bagi orang kurus kelebihan trigliseridnya disimpan dalam darah alias hipertrigliseridemia.

Kelebihan trigliserida sama tinggi risikonya dengan kelebihan kolesterol. Sama-sama berisiko terhadap penyakit jantung koroner. Bedanya, kelebihan trigliserida bisa mengganggu kerja kelenjar ludah perut alias pankreas, sehingga bisa muncul keluhan nyeri ulu hati alias maag, karena lokasinya yang berdekatan. Jadi wajar jika keluhan ini diobati dengan obat maag tidak akan menyelesaikan masalah.

Apabila trigliserida tinggi, kurang olah raga, maka kelebihan trigliserida ini akan diubah menjadi kolesterol, baik LDL mapun HDL. Apakah akan menjadi LDL atau HDL, tergantung pada asam lemak yang dikandungnya. Bila kandungan lemak jenuh, maka akan diubah menjadi LDL, begitupun sebaliknya, bila kandungannya lemak tak jenuh akan diubah menjadi HDL.jalan sehat

Berapa sich kadar ukuran trigliserida? Ada beberapa kategori  yang dijadikan acuan. Aku biasa memeriksakan lemak darah tiap akhir tahun, dua institusi yang berbeda mempunyai acuan angka yang berbeda. Meski tidak begitu signifikan menurutku. Namun secara umum kadar trigliserida digolongkan dalam kriteria:

  • Ideal        < 150 mg/dl
  • Batas tinggi    150 – 199 mg/dl
  • Tinggi        200 – 499 mg/dl
  • Sangat tinggi    >= 500 mg/dl

Apa pentingnya kita mengetahui kadar trigliserida kita dan menurunkannya? Ada tiga alasan:

  • Studi terkini yang diterbitkan American Journal of Clinical Nutrition menemukan, jika kadar trigliserida tinggi, maka kita berisiko dua sampai tiga kali lebih tinggi terkena penyakit jantung dan stroke, kendati kadar kolesterol kita rendah. Trigliserida salah satu unsur pembentuk sumbatan pembuluh darah
  • Obat penurun trigliserida mempunyai efek samping serius. Itu sebabnya American Heart Association menganjurkan obat hanya dipertimbangkan sesudah tatalaksana alamiah untuk menurunkan kadar trigliserida gagal
  • Diet yang baik untuk menurunkan kadar trigliserida menunjukkan risiko stroke dan kematian mendadak cardiac sampai hampir separonya.

Untuk meminimalkan risiko secara total, usahakan untuk mendapatkan angka dibawah 150 mg/dl.

Tetapi harap diingat, tingginya kadar trigliserida tidak datang tiba-tiba sehingga kalau berniat ataupun berusaha menurunkannya jangan berharap akan langsung turun drastic kecuali dengan obat-obatan, sehingga kita harus telaten, disiplin dan sabar untuk menjalani upaya penurunan trigliserida.

36 thoughts on “Apa pentingnya menurunkan trigliserida?

  1. Luhkito Hadisoemarto Desember 23, 2009 / 6:09 am

    Minggu lalu, saya cek up. Kebetulan memang lagi kurang enak badan. Hasilnya seperti yg diduga, Trigliserida 400, Colesterol dan gula pas digaris maximum, yang lain-lain normal, rata-rata ada digaris tengah antara minimum dan maximum. Usia saya 60th, berat 82 kg, tinggi 170 cm.
    Apa ada resep khusus untuk menormalkan trigkiserida tsb. selain olahraga yg teratur obat/suplemen apa yang bisa dikonsumsi. Thanks

    • purwatiwidiastuti Desember 23, 2009 / 6:29 am

      kalau resep ataupun obat sebaiknya minta dokter pak luhkito.
      secara umum, gaya hidup (pola makan, pola gerak dan pengelolaan stres) berpengaruh pada tgl
      coba mulai mengurangi konsumsi karbohidrat.
      semoga bapak sabar berusaha menurunkan tgl, karena tgl tinggi bukan seketika sehingga menurunkannyapun perlu waktu
      gitu ya bapak. semoga membantu

      • asianto marsaid Januari 11, 2010 / 12:33 am

        belum jelas pantang makanan apa yang dijalankan untuk menurunkan tridliserid. mohon maaf, saya tdk yakin pantangannya adalah karbohidrat. terimakasih.

  2. agus Januari 2, 2010 / 12:13 pm

    Terima kasih semua infonya. Sangat berguna banget info ini bagi saya. Sore ini saya cek trigliseri tinggi.
    saya bingung banget Alhamdulillah ada info ini.

    • purwatiwidiastuti Januari 4, 2010 / 3:31 am

      smg bisa membantu ya.

  3. Asngadi Januari 16, 2010 / 3:45 pm

    Saya memiliki hasil test dari UPTD Dinas kesehatan bahwa kolesterol saya 201 padahal 2 minggu lalu saya test di dr.praktek dengan menggunakan strip kolesterol total saya 240. selama 2 minggu belakangan ini saya rajin minun jus mengkudu 3 kali seminggu campur jus wortel, namun HDL saya masih 33 (kayaknya harus dinaikin). saya bekerja sering lebur hingga jam 3 pagi belakangan ini.
    pertanyaan saya:
    -apakah penurunan kolesterol saya pengaruh dari minum jus mengkudu+wortel tadi, ataukah hasil test tadi yang kurang valid?
    – makanan apa saja yang dapat meningkatkan HDL

    • purwatiwidiastuti Januari 18, 2010 / 2:29 am

      bisa jadi penurunan kolesterol dari 240 ke 201 karena rajin minum jus. konsumsi serat ikut membantu pembuangan lemak dari tubuh.
      untuk meningkatkan HDL bisa memperbanyak konsumsi buah dan dikombinasi dengan olah raga ritmis seperti renang, jalan kaki, naik sepada, senam. pilih olah raga yang sesuai dengan usia.
      untuk lebih jelasnya bisa baca artikel tentang tips meningkatkan HDL
      semoga berhasil

  4. Aya Februari 24, 2010 / 4:06 am

    Terimakasih utk infonya. Saya bbrp hari ini ngeluh ulu hati spt sesak. Ternyata hasil lab tadi pagi trigliserida 326, cholestrol total 190. Berarti pantang nasi, kentang, roti ya?

    • purwatiwidiastuti Februari 24, 2010 / 5:31 am

      porsinya dikurangi saja baik jumlah maupun frekuensi, tidak perlu menghindari….

  5. suyoto Maret 13, 2010 / 9:33 am

    saya umur 39 th trigliseril saya 424,colesterol224,aktifitas saya,banyak duduk didepan kompuer,olah raga tidak teratur,untuk menurunkan sebaiknya saya harus olah raga apa,terus makanan yg dianjurkan apa ? yang tidak boleh apa/?
    Mohon penjelasan .Trims

    • purwatiwidiastuti Maret 23, 2010 / 9:22 am

      olah raga apa saja boleh, yang lebih penting adalah menyukainya sehingga bisa berjalan lama dan berlaku sebagai gaya hidup, bukan hanya dilakukan saat TGLnya tinggi
      pengendalian makan yang paling utama adalah karbohidrat, cara mudahnya ya mengurangi nasi. Pak Suyoto bisa baca artikel saya untuk menuunkan TGL

  6. Agus Dragerhil Agustus 24, 2010 / 6:45 am

    Hari ini Tgl 24 Agt 2010 Triglyserida saya 427 mg/dl, Cholesterol 213 mg/dl, Berat Badan 96 Kg, Umur 34 Tahun.
    Olahraga apa yang cocok saya lakukan ?
    Makanan apa yang saya harus kurangi atau hindari sma sekali ?

    • purwatiwidiastuti September 16, 2010 / 2:41 am

      mas agus masih muda,
      oolahraga apa saja bisa dan boleh koq, yang penting tidak memforsir diri dan rutin dilakukan
      untuk TGL kurangi karbohidrat seperti nasi
      untuk Chol kurangi lemak2
      saya pikir ga perlu mengindari sama sekali, tetapi konsumsi sesedikikit mungkin biar tidak tersiksa atau balas dendam makan kalau lagi emosi, ok? :)

    • suprayogi Oktober 14, 2010 / 6:55 am

      Masalah trigersida dan kolestrol saya berhasil berkurang , dengan mengatur pola makan dan menurunkan berat badan,
      usahakan BB menuju standart sehat proposinal dengan tinggi badan. Untuk Jus manggis ini berguna utk stamina dan penangkal radikal bebas walaupun baru sekali mengkonsumsinya.
      Untuk yang ingin turun trigresida dan kolestrol bisa sharing dengan saya japri…

  7. ragini retnosayekti September 22, 2010 / 2:11 am

    saya periksa hasil trigliseryd saya 254. bagaimana menurunkannya dengan herbal tidak dengan obat2an. kata orang rebusan sledri, daun salam dan mahkota dewa dapat menurunkan trigliserid ? benarkah…………?

    • purwatiwidiastuti September 22, 2010 / 12:24 pm

      setahu saya sledri untuk nurunin tensi, rebusan daun salam untuk nurunin gula, sedang mahkota dewa banyak diklaim untuk berbagai keluhan, tapi saya belum pernah menggali info lebih jauh tentang hal itu

  8. Teguh Desember 15, 2010 / 5:35 pm

    saya umur 28, laki2.
    chorestrol total 191
    LDL : 40
    HDL: 22
    trigliserid :1667
    asam urat 8,5

    bagaimana menurunkan trigliserid saya?
    pantangan apa yg harus saya lakukan, dan makanan apa yg boleh saya makan?
    serta obat apa yg bisa saya konsumsi.
    mohon petunjukknya.

    • purwatiwidiastuti Desember 27, 2010 / 8:39 am

      untuk mengurangi TGL coba kurangi porsi nasinya dan juga gorengan ya
      moga2 sukses
      sebaiknya tidak berharap langsung turun karena tingginya juga tidak langsung koq
      jadi harap sabar, mudah2an tanpa obat bisa terkendali

  9. JON LAND Januari 12, 2011 / 2:29 am

    saya umur 23 th tgg 173 berat 77,,,,
    hasil check lab t
    TGL158
    HDL 45.4
    LDL 102
    CHOL 169

    bagaimana cara agar trigliserid bsa normal…ma kasih banyak …..

  10. JON LAND Januari 12, 2011 / 2:30 am

    saya umur 23 th tgg 173 berat 77,,,,
    hasil check lab t
    TGL158
    HDL 45.4
    LDL 102
    CHOL 169

    bagaimana cara agar trigliserid bsa normal…ma kasih banyak …

    • purwatiwidiastuti Januari 12, 2011 / 10:46 am

      coba kurangi porsi nasi putih, perbanyak sayur ya pak

  11. hendrik Maret 28, 2011 / 2:39 am

    umur saya 29 thn,,knapa ya kalo tglrida saya..tidak bisa stabil ,5 bln yg lalu tglrida sya 345,stlh diet,olahraga,minum obat2n dan minum rempah2n slama 1bln TGLRD turun smpe 100 ,skrg dicek udh jd 300 lg,,trus apakah Trglsida tinggi penyebab utama sumbatan pembuluh drh jantng?kalo bnr butuh brapa lama trigliserida tinggi dpt menyebbkn sumbatan.

    • purwatiwidiastuti Maret 28, 2011 / 7:17 am

      coba konsul dokter ya, mungkin berkaitan dengan organ lain, setahu saya penyumbatan itu butuh proses yang panjang, ayah saya sampai dengan divonis penyumbatan 5 titik itu membutuhkan waktu 20 tahun sejak tanda awal PJK

  12. hendrik April 1, 2011 / 2:40 am

    terima ksih ats jwbnya,,kolestrl saya normal cuma 95 ,,klo blh tahu biasanya trigliserida tinggi kelainan dari organ apa?

    • purwatiwidiastuti April 1, 2011 / 4:59 am

      bisa pankreas bisa hati, coba di cek lab

      • hery Oktober 5, 2011 / 5:33 pm

        umur saya 37 th,hasil lab :tgl 210,ldl,hdl dan total klsterol normal utk sgpt 170
        apakah ada kaitanya antara hasil lab tsbt
        selama ini badan sering merasa lemas,pusing,cenderung nggliyeng
        mohon petujuk apa yg harus sy lakukan,selain rutin minum obat dari dokter
        terima kasih.

  13. jimmy November 28, 2012 / 9:22 am

    saya pria dengan umur 39 thn, tinggi 165 cm dengan berst bsdsn 75 kg. Tanggal 26 Nov 12 hasil lab menunjukkan LDL 109, HDL 31, total kolesterol 197, trigleserida 410, asam urat 8,7 dan lapid total 788. Selain mengurangi konsumsi nasi, dan rajin berolah raga, makanan atau obat herbal apa yg bs mendukung agar trigleserida saya bs turun, thx

    • purwatiwidiastuti November 29, 2012 / 2:25 am

      pak jimmy,
      nilai tinggi memang di TGLnya ya…tapi untuk menurunkan memang tidak bisa instan sehingga yg harus dijalani adalah perubahan gaya hidup menuju gaya hidup sehat…sejauh bapak rajin olah raga dan menerapkan pola makan, pola istirahat yg benar, TGL bapak akan terkendali dengan sendirinya.
      salam sehat

  14. Neneng Februari 7, 2013 / 12:37 am

    Trimakasih informasinya dttg ya info lainnya krena ini sangat bermanfaat.

    • purwatiwidiastuti Februari 12, 2013 / 7:22 am

      Neneng,
      sama2
      salam sehat

  15. wira November 4, 2013 / 5:38 pm

    Info sangat membantu. Saya 36 thn. Berat 84kg. Tinggi 175cm saat 2 bulan lalu tes lab, hasil saya: total kolestrol 276, ldl 177, hdl 55, tgl 216. Setelah menjaga makanann, meningkatkan aktifitas dan olahraga, 2 mgu lalu tes: berat 82, total kolestrol 215, ldl 142, hdl 41, tgl 223. Jelas perubahan yg saya kerjakan ada hasilnya. Tp yg saya heran trigeselirida malah naik. Walau sedikit. Ada saran atau penjelasan yg bisa membantu kebingungam saya? Terimakasih.

    • purwatiwidiastuti November 5, 2013 / 10:43 pm

      Mas wira,
      Prestasi yg bagus, silahkan lanjutkan
      Juga cek makan, apakah nasinya masih banyak? Nasi bisa meningkatkan tgl.
      Utk hdl nya, Lakukan olahraga yg repetitif spt sepeda, jalan kaki, joging aerobik bukan games spt basket, sepakbola, tenis dll dan konsumsi lemak baik spt apokat
      Salam sehat

      • Heribertus Suparno November 10, 2013 / 11:55 pm

        kurangi nasi..kira porsinya seberapa bisamakn nasi, cukup 5 sendok makan, atau 10sendk makan setiap kali makan… kan tiga kali makan sehari.

      • purwatiwidiastuti November 11, 2013 / 1:33 am

        Herobertus Suparno,
        Tidak sebegitunya kali.
        Klo biasa makan 2piring ya sekarang jadi 1, 5 atau 1 piring sekali makan.
        Makan tetap 3x sehari
        Salam sehat

Berikan Balasan

