Aduuuch……sakitnya bunionku

wpid-20141001_191509.jpgSetelah berdiri didepan di kelas selama 8 jam pelajaran, kakiku sangat-sangat lelah dan bahkan membuatku kesakitan, saat kubuka sepatu, terlihat dua benjolan didekat jempol kakiku berwarna merah jambu, warna yang indah untuk dipandang tapi sakit dirasakan. Ya, kedua bunionku meradang setelah 8 jam berjalan mondar mandir dikelas dengan sepatu hak tinggi. Kini, aku tidak mau lagi memakai sepatu hak tinggi, kecuali untuk acara yang tidak bisa tidak harus pakai sepatu hak tinggi. Aku tidak ingin ”bergaya” tapi tersiksa…..ampun, nyerah dech.

Akupun mencari info kesana kemari, termasuk mengirim sms ke pangasuh rubrik pilihan anda di tabloid gaya hidup sehat untuk mengulas tentang bunion. Dan kemarin kutemukan artikel tentang bunion dimuat dengan catatan diatas artikel berbunyi ”menjawab kebutuhan pembaca yang meminta artikel tentang bunion, nomor telepon xxx”  Ma kasih ya pengasuh, aku jadi tambah ngeh nich.

Dalam artikel tersebut dijelaskan bahwa bunion (aku lebih seneng menulis bonion, padahal salah ya) merupakan benjolan yang terdapat diantara tulang jempol dan mettarsal kaki. Tepatnya bunion terdapat dipangkal tulang kaki. Bunion berisi cairan dan bisa menyebabkan radang serta nyeri jika sering tergesek. Sekilas mirip kapalan, tapi sebenarnya berbeda. Bunion hanya muncul dikaki dan terjadi akibat gesekan antara kaki dan alas kaki, sedangkan kapalan bisa muncul juga ditangan terbentuk akibat tekanan.

Menurut DR. Nicolaas C Budhiparama dari RS PIK jakarta, bunion berkaitan dengan kelainan bentuk tulang kaki yang disebut hallux valgus. Kelainan ini merupakan kelainan letak tulang ibu jari kaki, yakni persendian jempol melebar dan berbelok tidak normal masuk kearah jari telunjuk. Akibat desakan ini akhirnya muncul benjolan berisi cairan yang dikenal sebagai bunion.bunion

67% bunion disebabkan faktor genetik dan sisanya karena pemakaian alas kaki yang tidak tepat. Setelah dipikir-pikir merunut kemasa lalu, aku jadi ingat waktu kelas 6 SD, aku suka sekali pakai sepatu terbuka bagian depan dan ada bunga diatasnya serta haknya. Rasanya kalau sudah pake sepatu itu aku merasa cantik dan percaya diri. Kebanggan yang tidak bertahan lama, tetapi derita yang kutanggung tak pernah selesai sampai sekarang. Sebaiknya jangan beri anak-anak kita yang masih dalam masa pertumbuhan dengan sepatu yang menyempit didepan, apalagi pakai hak. Jangan ulang dech, kesalahan dan kebodohanku dimasa anak-anak.

Tidak semua penderita bunion merasakan nyeri, bagi yang disertai rasa nyeri segera lepas alas kaki dan ciptakan rasa dingin, bisa dengan menempelkan kelantai atau bahkan dikompres dengan es. Rasa dingin ini bisa menciutkan pembuluh darah yang meradang dan akan mengurangi rasa nyeri. Jika nyeri terus berlanjut, beri ganjalan/penahan berbentuk U yang diletakkan diantara jempol kaki dan jari telunjuk agar jempol tidak nyosor menekan telunjuk. Alat ini sangat mudah ditemukan ditoko-toko dibelahan Eropa atau Amerika, mungkin karena kasus ini banyak terjadi di belahan bumi itu. Karena di Indonesia tidak banyak penderitanya maka alat ini tidak mudah ditemukan dipasaran, atau mungkin belum ada ya, karena aku belum pernah melihat tuch.

Tindakan operasi diambil bila bunion sudah menyebabkan nyeri yang mengganggu dan membuat penderita tidak bisa beraktvitas. Salah satu kolegaku yang menjalani operasi ini mengatakan, ini termasuk operasi besar dan butuh waktu recovery yang lama (5-8 minggu), dan tidak enaknya setelah operasi bunion inipun nongol lagi, mirip kasus operasi ambien yang juga bisa nongol lagi setelah operasi. Makanya kebanyakan dokter menyarankan operasi kalau penderita sudah merasa terganggu dengan bunionnya dan tak mampu lagi menahan rasa nyeri yang ditimbulkannya. Kalau masih kuat bertahan mending tidak dilakukan operasi, apalagi kalau cuma untuk alasan kosmetik…ech..tapi boleh-boleh saja kalau emang uang tersisa banyak dan penghasilan kita banyak bertumpu pada kecantikan kaki…kira-kira ada nggak ya? Kalau ada, profesi apa ya???

Operasi bisa dilakukan dengan beragam tehnik, tergantung kondisi, gaya hidup serta aktivitas pasien. beberapa tehnik bisa digunakan untuk memperbaiki kondisi tulang ini:

  1. Memotong sisi tulang yang menonjol. Tulang yang berlebih akan dibuang sedikit dan benjolan serta cairan bunion dibuang, tetapi bentuk tulang jempol tetap tidak akan lurus kembali. Pada kasus ini, jika dokter yang menangani kurang ahli, bunion akan muncul lagi
  2. Memotong bagian tulang lalu menggeser dan menyambungnya hingga lurus. Tulang bagian atas yang disebut leher tulang akan dipotong dan dibuat celah agar bisa digeser masuk ke tulang lainnya.
  3. Mengikis sendi jempol kaki pasien untuk menghilangkan gesekan. Setelah dikikis, tulang jempol akan terasa longgar tetapi tidak masalah karena pasien tidak merasa sakit lagi
  4. Menyatukan sendi.

Nach pilihan ada dikita sendiri mau dioperasi atau tidak. Karena aku takut operasi, ya kupilih berteman dengan bunion saja dech.sepatu untuk kaki bunionku

22 thoughts on “Aduuuch……sakitnya bunionku

  1. nurul Juni 18, 2011 / 7:05 am

    salam kenal mba Pur, saya juga mengalami bunion , awalnya saya berfikir itu memang genetik dan tdk bisa dihindari, ternyata masih bisa dicegah atau diminimalisir penyebabnya, kira-kira sepatu yang bagaiman yang sesuai untuk mencegahnya ya, teima kasih

    • purwatiwidiastuti Juni 20, 2011 / 7:04 am

      salam kenal juga jeng nurul…..
      sejauh yang kuketahui berdasar wawancara kecil2an dengan beberapa penderita bonion itu akibat pemakaian sepatu yang salah diwaktu kecil, yaitu sepatu yang cenderung menyempit didepan, ini tidak bagus untuk perkembangan tulang, sehingga sebaiknya selagi masih dalam masa pertumbuhan tulang memakai sepatu yang lebar didepan dan empuk (model sepatu olahraga) bukan menyempit didepan (model stiletto)

      • Marie Fransis Februari 23, 2012 / 1:28 pm

        mbak kakiku jempol menyerong tidak ada tumbuh apa2 tapi tulang yang nongol itulah yg menekan sepatu yang akhirnya sakit tidak nyaman dan kalau pakai sepatu yang menongolkan tulang supaya terhindar dari sakit orang2 pada liat sepertinya kakiku paling aneh,kalau sudah gt aku tinggal jawab kakiku memang cacat

      • purwatiwidiastuti Februari 24, 2012 / 12:05 am

        mbak marie francis,
        saya bisa memahami sakitnya kaki pake sepatu, sayapun juga begitu, makanya saya selalu nyari sepatu yang empuk dan kalau busa yang ada lubang untuk bonionku, kalau ada yang ngomentari kubilang saja “kakiku kaki ratu tapi kantong babu” kurang lebih ratu perlu ekstra perhatian sedangkan kakntong babu ya duitnya ga cukup, hahaha…….
        don’t worry be happy mbak marie fransis
        salam sehat

  2. Nita November 23, 2014 / 11:35 am

    Aku baru umur 16 th juga sudah ngerasain gmana sakitnya bunion itu:( tiap malem pasti ngerasain nyeri di kaki kanan ku. Ga tahan sbnrnya cuma mau gmna lg huhu sepatu udh beli yg longgaran tp msh ngerasain sakit klo udh jalan berjam-jam. Kalo diliat2 juga makin lama bunion ini makin membesar aku jd tkuttt 😦

    • purwatiwidiastuti November 23, 2014 / 12:42 pm

      Mbak Nita,
      Ita bunion memang sakit..apalagi pake sepatu dan jalan ber jam-jam.
      Biar tidak makin sakit, klo tidur malam diantara jempol dan telunjuk dikasih sekat bisa pakai kain..agar jempol tidak makin menghimpit telunjuk.
      Trus pasang busa tipis yang dilubang kayak donat dibunion saat memakai sepatu, fungsinya agar bonion tidak bergesekan langsung dengan sepatu
      Salam sehat

  3. ani maryanih Desember 2, 2014 / 5:02 am

    aku juga penderitapenyakit ini memamng amat menderita dan malu karna kakiku beda dari oranglain, klo aku lebih kecendurngan genetik, cuma gimana agar bunion itu hilang darikaki ku

    • purwatiwidiastuti Desember 2, 2014 / 7:53 am

      mbak ani maryanih,
      iya sich,sampai sekarangpun kadang juga malau kalau kakinya dilihatin orang.
      Cuma disiasati dengan sepatu model bukaan di tulang jempol (biasanya bentuk depan kayak berpita) dan bahan lembut malah bisa tampil gaya.
      kemarin ketemu sepatu B**, model yang diinginkan…eeee….malah banyak teman yang tertarik dengan sepatu itu..mereka tidak memperhatikan bahwa ada tulang menonjol dicelah sepatu itu.
      Semoga bisa memberi ide untuk mencari sepatu yang mampu menyembunyikan kelemahan kita yang berbunion ini
      tapi kalau mau menghilangkan ya harus dioperasi, tidak ada cara lain..dan itu juga tidak menjamin tidak tumbuh lagi
      Salam sehat

  4. Riska Mei 19, 2015 / 6:36 pm

    Umurku 18tahun, akhir akhir ini aku ngerasa tulang kaki (bunion) ku sakit dan ngilu, aku coba ketuk dgn tangan juga ngilu, padahal aku baru beberapa kali pakai high heels jika ada acara tertentu saja, biasanya hanya pake flatshoes. Tapi bunion ku memang sudah ada dari dulu, dulu aku tidak merasakan apa2, baru baru ini saja merasa sakitnya, kira kira sepatu yang cocok itu apa ya? Terus beli pelindung bunion itu dimana? Pelindung yang ada di foto diatas yang seperti perban. Thanks 🙂

    • purwatiwidiastuti Mei 20, 2015 / 2:01 pm

      Mbak Riska,
      Kalau sudah ada bunion memamg sebaiknya hindari highheel karena akan menyakitkan.
      Pelindung itu beli diluar sana, kayaknya di indonesia belum ada.
      Salam sehat

      • Riska Mei 21, 2015 / 5:20 am

        Kalo pelindung bunion yang bagus itu yang seperti apa? Saya mendapatkan 2 pilihan model pelindung bunion di toko online tapi saya bingung mana yang lebih menjamin

      • purwatiwidiastuti Mei 25, 2015 / 1:13 am

        mbak riska,
        sebenarnya menurut saya yang pas itu yang model kayak permen polo, jadi bunionnya masuk ke lubang ditengah itu..cuma kemarin nggak nemu jadi beli seperti yang di foto itu
        model yang di toko online kayak apa sich

  5. Riska Mei 21, 2015 / 5:23 am

    Lebih bagus yang gel pelindung atau yang seperti perban? Kalau di toko online namanya good night bunion. Thanks info nyaa 🙂

    • purwatiwidiastuti Mei 25, 2015 / 1:13 am

      mbak riska,
      saya belum pernah nyoba yang gel pelindung, mungkin itu untuk mengurangi rasa sakit akibat tekanan alas kaki yaa

  6. emil Oktober 13, 2015 / 2:34 am

    Sedih banget yah liat kaki bunion n gak bs oake higheels lagi. Gak adakah terapi utk menyembuhkan? Apa cuma operasi jalan satu satunya?

    • purwatiwidiastuti Oktober 16, 2015 / 5:45 am

      mbak emil,
      setahu saya kalau tidak terlalu menyakiti bisa tetap memakai high heel…

  7. Emil Februari 29, 2016 / 4:10 pm

    Dear All
    Apakah ada rekomendasi dokter yang bisa mengukur atau membuat sepatu khusus kaki yang menderita bunion.
    Pls info yah. Siapa tau sepatunya bisa dibuat gak nyakitin tp tetap eksis. Hehe
    Makasih yah…

    • purwatiwidiastuti Februari 29, 2016 / 4:38 pm

      Siapa yang tahu yaaa….saya jadi ikutan pingin ngerti niiih

  8. Elizabeth Juli 28, 2016 / 3:31 pm

    Ternyata banyak yah yang punya bunion. Saya juga mb… dulu sih gak ngerasain apa2. Sampe 4 tahun terakhir ini sering sakit kalo pake high heel.jadi skrg gak pernah pake high heels,. Tapi terakhir2 ini pake flat shoes atau bahkan pake sepatu kets yg nyaman n longgar pun sering sakit. Saya 3 bulan ini mulai olahraga aerobic,tiap hari aerobic, dan tiap malam juga tersiksa. sakit nya nggak cuman di bunion doank mb, tapi udah sampe ke belakang dengkul juga..sempat terlintas mau ke dr bedah tapi kok serem. Efektif nggak ya mb pake alat yg buat ganjal2 gitu…soalnya skrg sudh mulai menganggu nih..ada sarankah mb?

    • purwatiwidiastuti Juli 28, 2016 / 10:27 pm

      Mbak Elizabeth,
      Sedih yaa cewek ga bisa bergaya pakai high heel…tapi yaa dari pada sakit…mau gimana lagi
      Tapi aku dah ada solusi utk tetap bisa bergaya…pilih sepatu yang ada “jendela”nya dilokasi bunion…dan ternyata kalau kita fokus mencari itu nanti ketemu sandal ataupun sepatu yang cantik-cantik koq.
      Untuk keseharian saya pakai flat shoes, untuk bergaya pakai wedges.
      Ganjal dibutuhkan kalau kita tetap pingin pakai model tetutup atau pantofel.
      Olahraga saya pilih yang tidak fokus tumpuan di kaki yoga pose tertentu, senam punggung, peregangan dan renang.
      Alhamdulillah, meski bunion makin membesar tetapi aktivitas tetap ok.
      Sepatu ataupun sandal pilihanku ada di pic di beberapa postingan koq. Silahkan dilihat.
      Semoga ceritaku bisa menginspirasi mbak elizabeth.

  9. prisca November 7, 2016 / 3:32 pm

    Hai.. Aku juga ada bunion..dulu ga brasa sakit. Skr umur 33th, dan tiap hari nyeri. Padahal seringnya pake sandal japit. Dan ga kuat banget jalan lama2.. Hiks sedih ya. Belakangan tulang jempol yg menonjol klo dielus2 aja..kok timbul ngilu gitu yaa.. Tapi cuman kaki kiri..yg kanan ga sakit. Tolong sarannya..

    • purwatiwidiastuti November 28, 2016 / 3:30 am

      mbak prisca,
      yaa begitulah rasanya punya bonion.
      kita yang harus menyesuaikan dengan kondisi bunion kita.
      kalau terlalu lama berdiri atau berjalan kemudian istirahatkan kaki kita
      upayakan alas kaki yang tidak menekan bunion kita, sandal jepit itu pilihan yang bagus

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s