Meningkatkan HDL yuuuk

streching during sunrise“Mohon do’anya agar operasi pemasangan sten teman kita berjalan sukses” demikian bunyi sms dari dr. Ary Sylvia Kepala Rumah Sakit Gatoel Jawa Timur saat mendampingi salah satu kliennya yang juga kolega dekatku untuk pemasangan sten di salah satu rumah sakit besar di Surabaya.
Mungkin ini salah satu tindak lanjut saat kolegaku ketika menelpon suatu sore dari Bandung karena merasa seluruh badan lemas dan sempat muntah-muntah. Ketika beliau sudah sehat, aku tanya
“Berapa kadar kolesterolmu?
“Kolesterol total 171 (dibawah 200), sedangkan HDL 27” jawabnya
“Wach HDLmu terlalu rendah tuch, mesti dinaikin” komentarku saat itu.
“Bagaimana caranya?” Tanyanya lebih lanjut.
“ Ntar tak nulis tentang naikin HDL” jawabku.

Setelah berburu artikel sana-sini, kupikir kondisi kolegaku inilah merupakan salah satu bukti bahwa HDL rendah (dibawah 40) mempunyai risiko tinggi kena jantung koroner, sebagaimana 2 kolegaku yang lain. Hal ini sering luput dari pembahasan, hampir semua artikel membahas bahayanya kolesterol tinggi. Maka kutulis artikel ini dengan melihat dari sudut kolesterol tinggi dan juga rendah serta bagaimana meningkatkannya bila kolesterol terutama kolesterol baiknya rendah.
Perlu kita pahami bahwa kolesterol dan lemak merupakan substansi yang berbeda. Satu makanan bisa tinggi lemak, tetapi bebas kolesterol, misalnya minyak zaitun. Makanan lain bisa rendah lemak tetapi tinggi kolesterol, seperti ginjal.
Kolesterol sebenarnya merupakan salah satu komponen lemak. Lemak merupakan salah satu zat gizi yang sangat diperlukan oleh tubuh kita disamping zat gizi lain seperti karbohidrat, protein, vitamin dan mineral. Lemak juga merupakan salah satu sumber energi yang memberikan kalori paling tinggi.

Kolesterol sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk membentuk dinding sel-sel dalam tubuh dan pembentukan hormon-hormon steroid.
Prof. DR. Made Astawan, MS, ahli teknologi pangan dan gizi dari IPB, mengatakan meskipun dianggap berbahaya, kolesterol tetap dibutuhkan tubuh. Manusia rata-rata membutuhkan 1.100 miligram kolesterol per hari untuk memelihara dinding sel dan fungsi fisiologis lain. Dari jumlah tersebut 25-40 persen atau sekitar 200-300 mg secara normal berasal dari makanan, selebihnya disintesis oleh tubuh.

Namun, apabila kolesterol dalam tubuh berlebihan, maka akan tertimbun di dalam dinding pembuluh darah dan menimbulkan suatu kondisi yang disebut aterosklerosis yaitu penyempitan atau pengerasan pembuluh darah. Kondisi ini merupakan cikal bakal terjadinya penyakit jantung dan stroke.

Bagi Anda yang berusia lebih dari 20 tahun, National Cholesterol Education Program merekomendasikan beberapa hal: streching
•    Total kolesterol kurang dari 200 mg/dL
•    Kadar kolesterol HDL lebih dari 40 mg/dL
•    Kadar kolesterol LDL kurang dari 100 mg/dL
•    Kadar trigliserida kurang dari 150 mg/dL.

Setiap peningkatan 10 mg / dl LDL-C menaikkan 10 % resiko penyakit jantung koroner, sementara peningkatan 5 mg / dl HDL-C sebaliknya menurunkan 10 % resiko. Maka kita harus melihat komposisi kolesterol itu sendiri, tidak sekedar total kolsterol serta berapa besaran rasio kolesterol total dengan HDL dan rasio LDL dengan HDL.

Kita meski waspada, walaupun total kolestreol rendah tetapi HDL juga rendah, seperti yang dimiliki kolegaku tersebut, tetapi kalau dihitung rasionya, memang rasio total kolesterol terhadap HDL ketemu  6,33 (idealnya dibawah 5), katakan LDLnya 120, maka rasio LDL terhadap HDL ketemu 4,44 (idealnya dibawah 3).

Apabila kolesterol total normal, (kurang dari 200 mg/dL), kolesterol LDL yang tinggi (diatas 100) atau HDL yang rendah (dibawah 40) justru akan meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Itu sebabnya, penting untuk mengetahui seluruh angka-angka kolesterol.

Tetapi, kenapa sich koq kita perlu meningkatkan HDL?

High density lipoprotein (HDL) bertugas membawa kolesterol dari darah kembali ke hati yang kemudian akan diuraikan lalu dibuang ke dalam kandung empedu sebagai cairan empedu.
HDL berisi lebih banyak protein dibandingkan proporsi protein LDL. HDL membawa sekitar 20% sampai 30% cholesterol dalam darah.

Tidak seperti LDL, pekerjaan dari HDL adalah untuk menghapus kelebihan cholesterol dari sel dan dinding arteri dan kemudian mengantar cholesterol kembali ke hati untuk dibuang. Dalam operasinya ini, seperti dikutip dari situs Yayasan Jantung Indonesia, HDL membersihkan kelebihan kolesterol dari dinding pembuluh darah dengan mengangkutnya kembali ke hati. Sebab itu, HDL kemudian disebut sebagai kolesterol baik.

strechingSemakin banyak HDL yang kita miliki, maka akan semakin banyak kelebihan kolesterol yang mampu kita buang. Secara keseluruhan, HDL adalah “baik” karena bisa memperlambat atau bahkan membalikkan perkembangan aterosklerosis. Ketika aterosklerosis terjadi pada arteri koroner (arteri yang memasok darah bagi jantung), lama kelamaan otot jantung jadi kekurangan darah kaya oksigen dan nutrisi.  Jika dibiarkan, otot jantung bisa mati dan timbullah serangan jantung. Seperti pada kasus kolegaku diawal artikel ini, makanya perlu dipasang sten untuk memperlancar aliran darah ke jantung.

Tetapi tidak selalu HDL rendah trus kena serangan jantung lho ya, karena ada bukti temuan lebih 25 tahun lalu. di Desa Limne Sul Gardia, Italia Utara, kendati rata-rata penduduknya rendah saja kadar HDL-nya, kejadian penyakit jantung koronernya tidaklah banyak. Mengapa? Ternyata kedapatan jenis protein khusus di dalam HDLnya. Partikel protein ini yang memiliki kemampuan mengerok plak karat lemak dari dinding pembuluh darah. Berhubung kita tidak bisa yakin daerah kita atau Negara kita ini seperti Desa Limne Sul Gardia, di Italia itu, ya sebaiknya kita ambil cara aman dengan mengusakahan HDL yang tinggi.

Yuuk kita tingkatkan HDL agar hidup lebih menyenangkan.

25 thoughts on “Meningkatkan HDL yuuuk

    • purwatiwidiastuti Mei 5, 2009 / 11:59 pm

      silahkan…semoga bermanfaat ya mas.

  1. phanoet Mei 20, 2009 / 11:06 am

    tulisan ini sangat bagus menambah wawasan sy ttg kolesterol,
    tengkyu

    • purwatiwidiastuti Mei 21, 2009 / 2:38 am

      sama2

  2. rudin malah Juli 30, 2009 / 5:07 am

    thank’s tulisannya sangat bermanfaat, isinya padat namun jelas…menambah wawasan saya dalam menaikan HDL dan menurunkan LDL saya …….

    • purwatiwidiastuti Juli 30, 2009 / 2:02 pm

      ma kasih mas rudi
      semoga kolesterolnya segera normal ya

  3. Low Cholesterol Foods September 1, 2009 / 6:57 am

    […]Low Cholesterol Foods. When you first learned that your cholesterol level is too high, you might start to imagine the illnesses you will have to suffer if you cannot reduce the cholesterol level in your blood[…]

  4. maryadi Oktober 25, 2009 / 12:42 pm

    terimakasih, informasi ini sangat bermanfaat, dan gak pernah aku dapat sebelumnya.

    • purwatiwidiastuti November 1, 2009 / 2:26 am

      sama2 mas

  5. afi Januari 4, 2010 / 5:30 am

    mbak,
    tx infonya…
    punya info cara menaikan hdl gmn?…aku hdl nya 34, LED 23
    jd hdl low, led high…menurut dokter darah mengental…aku sedih sekali, bisa spt ini…takuuut…emang sich aku akui kurang olah raga…selain olah raga…ada pantangan makanan dan better makan apa ya?…penasaran…kepala aku pusing, melayang, amat sangat ga enak rasanya…

    terima kasih sblmnya mbak :)

    • purwatiwidiastuti Januari 4, 2010 / 5:53 am

      baca artikel “tips untuk meningkatkan hdl” disitu ada beberapa tips.
      semoga berhasil.
      yang penting, sadari bahwa semuanya yg natural bukan kimia itu butuh proses untuk menunjukkan hasil seperti yang diharapkan
      jadi sabar ya.

  6. gupik yogya Oktober 7, 2010 / 3:15 am

    Mbak,
    artikelnya sangat menarik trims banget. Sebaliknya setelah baca artikel muncul sedikit rasa takut mengingat hasil lab terakhir, kondisiku mirip dengan apa yang dicontohkan dalam artikel: beresiko serangan jantung…wuih ngeri.
    Hasil labku bln Januari 2010:
    kholesterol: 157,1
    Trigliserida: 78,8
    HDL : 33,6
    LDL : 114,8
    Mohon sarannya…Trims.

    • purwatiwidiastuti Oktober 14, 2010 / 10:19 am

      tingkatkan HDL dengan olahraga dan konsumsi makanan yang lemak baiknya tinggi seperti alpukat

  7. Milyono Oktober 7, 2010 / 4:45 am

    Turunin LDL yuuu

    aku telah di cek darahnya LDL nya 123 … HDL 44 Total Colesterol = 186 , Trigliserida = 153 gimana cara turunin LDL ya… ako coba makan gorengan langsung kepala pusing.. gimana caranya turunin LDL, agar kita bisa sehat..

  8. muzetta rayna Juli 5, 2011 / 3:40 am

    makanan yg bisa meningkatkan HDL contohnya apa ya mbak?
    makasih…

    • purwatiwidiastuti Juli 22, 2011 / 8:12 am

      paling ampuh meningkatkab hdl adalah buah alpukat mbak ratna, tapi jangan lupa tanpa dibarengi olahraga hasilnya tidak akan maksimal

  9. Wong Tengger Agustus 9, 2012 / 12:33 pm

    tanks mbak wid artikelnya pass sekali buat saya

    • purwatiwidiastuti Agustus 10, 2012 / 1:10 am

      wong tengger,
      sama2 mas.
      salam sehat

  10. Hariadi September 30, 2012 / 5:55 am

    Mb hdl saya 29 clstrol 215 makanan apa aja ya biar hdl saya normal

  11. Hariadi September 30, 2012 / 6:00 am

    Mb hdl saya 29 clstrol 215 makanan apa aja ya biar hdl saya normal serta malam saya susah tidur trimakasis mbak

    • purwatiwidiastuti Oktober 8, 2012 / 1:20 am

      hariadi,
      karena HDl bapak masih perlu banyak didongkrak, satu hal prinsip yang harus dipegang bahwa upaya ini tidak instan alias harus menjadi gaya hidup pak hariadi.
      peningkatan HDL bapak bisa dilakukan dengan kombinasi olah gerak dan olah makan, sehingga selain mengkonsumsi bahan pangan sahabat HDL (alpukat, kacang-kacangan) juga harus dibarengi dengan gerak untuk meningkatkan efektivitas penyerapan bahan pangan tadi.
      salam sehat

    • purwatiwidiastuti Oktober 8, 2012 / 1:32 am

      pak hariadi,
      maaf ketinggalan, untuk masalah sulit tidur, coba konsumsi pala sebelum tidur bisa dalam bentuk manisan pala, aneka sup dengan ditambah bubuk pala, atau sapi lada hitam dengan diperbanyak unsur palanya, atau menu lainnya yang disuka
      mengkonsumsi pala untuk mengatasi masalah tidur sudah merupakan resep warisan leluhur yang efektif sampai dengan sekarang, saya juga memanfaatkannya semoga bermanfaat juga untuk pak hariadi
      salam sehat.

  12. Rismanto Januari 5, 2013 / 8:21 am

    Mbak Mau tanya, HDL Saya 29, kolesterol total 134, LDL 76, trigliserida 227, keluhannya kepala sering pusing, kadang2 terasa seperti melatang hilang keseimbangan, sebulan belakangan ini saya rutin jogging/ jalan pagi hari minimal 1/2 jam, tapi HDL malah turun jadi 29 dari sebulan sebelumnya 35, apa solusinya ya mbak terima kasih

    Rismanto, Jogja

    • purwatiwidiastuti Januari 10, 2013 / 1:05 am

      rismanto,
      kandungan kolesterol total sudah bagus, HDL perlu dinaikkan menjadi minimal 60, sedang trigliserid juga harus diturunkan
      joging bagus untuk olahraga, yg perlu diupayakan kemudian adalah gaya hidup sehat dengan kombinasi pola gerak (olah raga), pola makan dan pola istirahat yang sesuai untuk kondisi bapak
      salam sehat

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s