“berapa sich dosis mana mengkonsumsi daun sirsak”

“berapa lama saya harus mengkonsumsi daun sirsak”

“apa efek samping mengkonsumsi daun sirsak”

Itu 3 dari beberapa pertanyaan yang berkelebatan dikepala saya, begitu mendengar ampuhnya daun sirsak atau graviola untuk pengobatan kanker beberapa waktu lalu, dan ditemukan bahwa daya kerjanya 10.000 kali lebih kuat dalam memperlambat pertumbuhan sel kanker dibandingkan dengan Adriamicin dan terapi kemo (kemoterapi) yang biasa di gunakan.

3 Pertanyaan ini berkelabatan lagi saat pagi tadi duduk diteras sambil mengamati 3 buah sirsak yang masih kecil bergelantungan di pohon sirsak yang luruh daunnya dalam 2 bulan terakhir.

Dosis yang pas dan aman bagi seseorang akan berbeda satu dan lainnya, karena dosis ini dipengaruhi oleh kondisi tubuh, jenis penyakit dan stadium penyakitnya.

Ada herbalis yang menyatakan 7 lembar, karena beliau memang penganut angka 7, sehingga ramuannya selalu memakai 7, seperti 7 lembar daun, 7 buah, ataupun 7 butir.daun sirsak

Namun ada juga yang menggunakannya beragam dari 7, 10, 15, 20, 21, 30 lembar daun sirsak dan bahkan 31 lembar daun sirsak dalam sekali perebusan.

Ada herbalis yang menyarankan diminum 1 gelas sehari, ada 2 gelas sehari, dan ada yang 3 gelas sehari. Cara minumpun berbeda-beda, ada yang menyarankan segelas langsung habis, tapi ada yang menyarankan dosisnya dalam satu hari sehingga mau diminum segelas atau seteguk dua teguk nggak masalah.

Satu hal yang penting diketahui bahwa kondisi tubuh masing-masing orang berbeda-beda, sehingga satu gelas dari merebus 7 lembar daun sirsak bagi seseorang pas, tetapi bagi orang lain tidak pas karena dia membutuhkan 10 lembar untuk direbus jadi satu gelas. Sehingga yang lebih penting diketahui adalah seberapa pas dan aman dosis yang harus dikonsumsi dengan keondisi tubuh kita, bukan kondisi tubuh orang lain, meski tidak menutup kemungkinan bahwa 7 lembar daun sirsak direbus dengan 3 gelas air menjadi satu gelas lebih banyak cocok untuk sebagian besar orang.

Berapa lama waktu untuk mengkonsumsi air rebusan daun sirsak, inipun juga beragam, ada yang 2 minggu sudah menunjukkan hasil yang positif, namun ada juga yang 3 bulan mengkonsumsi belum menunjukkan efek pengobatan dengan daun sirsak ataupun tanda-tanda penyembuhan ataupun peningkatan kesehatan seseorang, dan karena merasa terlalu lama kemudian berhenti mengkonsumsi. Hal ini bisa terkait dengan dosis yang mungkin kurang, pas atau bahkan berlebih.

Menurut beberapa herbalis, herbal tidak mempunyai efek seperti obat-obatan kimia, namun ada juga yang setelah mengkonsumsi kemudian mual, pusing ataupun sesak napas. Apabila ada efek tersebut, maka sebaiknya dosis dikurangi atau dinetralisir dengan akar pohon sirsak, atau berhenti bila tidak mampu mengatasi keluhan.

Daun sirsakSelamat mengenal diri dan menentukan dosis yang pas untuk kondisi tubuh, tentu saja tidak lupa berkonsultansi pada ahlinya.

Salam sehat

About these ads