“Mbak, aku dah menerapkan minum jeruk nipis” kata kolegaku saat pengajian menyambut ramadhan kemarin

“Oya” responku dengan sedikit terkejut

“Ya, sudah enam bulan lho” sambungnya lagi

“Woouuw, trus gimana efeknya” tanyaku kemudian

“Ya, puji Tuhan, maagku sekarang sembuh” jawabnya dengan berbinar

Itu sekelumit percakapanku dengan seorang kolega yang menderita maag lumayan berat, karena kalau kumat, bisa tidak masuk kerja. Semula waktu aku sarankan untuk mengkonsumsi jeruk nipis (Citrus aurantifolia) dia menolak dengan keras karena khawatir lambungnya akan perih akibat rasa asam jeruk nipis. Akupun tidak mau memaksa, karena aku yakin tidak akan baik akibatnya kalau yang bersangkutan sudah menolak dulu, pasti tubuhnyapun akan bereasksi menolak, dan akibatnya bukannya maag membaik malah bisa terjadi sebaliknya.

Namun, ntah mendapat kekuatan darimana akhirnya kolegaku mau mencoba yang kusarankan untuk mengkonsumsi jeruk nipis (lime) saat bangun tidur dalam keadaan perut masih kosong. Tidak penting, kekuatan darimana yang lebih penting adalah maag kolegaku bisa sembuh.

Ya, jeruk nipis yang murah meriah ini memang ampuh menyembuhkan maagku beberapa tahun lalu. Maag yang sangat mengganggu, terutama kalau pas aku harus kerja diluar kota. Membuat kacau pekerjaan maupun mengganggu kolega kerjaku. Namun dengan mengkonsumsi jeruk nipis secara rutin dalam enam tahun terakhir, maagku sudah lari ntah kemana. Dan sejauh ini dia tak pernah datang, dan jangan sampai datang lagi dach.jeruk nipis

Jeruk nipis kaya akan kandungan Vitamin C yang biasa terdapat pada buah-buahan yang asam. Kekhawatiran orang bahwa rasa asam jeruk nipis akan menimbulkan rasa perih dilambung sebagai pengungkit kambuhnya maag memang bisa dipahami, karena memang lambung orang yang sudah kena maag akan sangat sensitif terhadap rasa asam. Namun banyak orang awam tidak mengerti bahwa rasa asam dalam jeruk nipis akan menimbulkan basa tubuh kita, sedangkan rasa asam dari sintetik vitamin C seperti juga lemak akan membuat tubuh kita asam. Karena rasa asam jeruk nipis membuat tubuh kita basa, maka jeruk nipis tidak berefek membuat asam lambung naik…ini salah satu sebab kenapa jeruk nipis aman bagi penderita maag, dan bahkan mampu menyembuhkan.

Tapi juga perlu diingat, bahwa keyakinan diri yang mengkonsumsi berpengaruh relevan terhadap efek penyembuhan dari jeruk nipis. Kata orang sich, keyakinan diri itu sudah 50% modal sembuh.

Semoga bermanfaat. Salam sehat

 

 

About these ads