wedang kulit manggis“saya pernah menderita penyakit paru – paru kronis n saya pernah dioprasi tahun 2008,,,, 3 th saya ditangani oleh dokter sepesialis paru – paru didenpasar, tiga bln lalu saya disaranin konsusmsi kulit manggis,,, sudah tiga bulan saya tidak konsumsi obat kimia lagi n penykit saya dapat disembuhkan……… selama 3 bln saya konsumsi 2kali pagi dan malam”

Itu cuplikan komentar salah satu pembaca blogku dipostingan kulit manggis, amankah dikonsumsi. Ya sejak menteri kesehatan beberapa saat lalu meninggal karena kanker paru-paru yang dideritanya aku jadi tertarik untuk menulis tentang kanker paru-paru. Kali ini saya kaitkan dengan manfaat kulit manggis. Salah satu ragam buah eksotis dari negeri kita tercinta Indonesia yang kaya buah-buahan ini.

Ada beberapa manfaat kulit manggis yang diperoleh dari Xanthone bagi kesehatan seperti:

  • mengobati kerusakan sel akibat radikal bebas
  • menghambat proses penuaan
  • mencegah penyakit generatif
  • meningkatkan sistem imun
  • sebagai antibitoka alami
  • anti jamur
  • anti bakteri
  • anti virus
  • anti radang
  • anti kanker (kanker payudara, kanker darah/leukimia, kanker paru-paru dan kanker hati/sirosis)
  • artritis
  • asma
  • alzheimer
  • alergi
  • dispepsia (gangguan pencernaan)
  • jerawat
  • eksim

Dalam artikel trubus bulan januari 2012 juga ada tulisan yang memuat tentang kulit manggis untuk pengobatan paru-paru.Kulit manggis mampu membasmi kanker karena merupakan antioksidan super yang membantu sel-sel sehat tidak cepat rusak dan membantu meregenerasi sel-sel yang rusak serta berfungsi sebagai immunomodulator yang pada akhirnya meningkatkan kekebalan tubuh. Banyak riset telah membuktikan keampuhan kulit manggis terhadap kanker.

jus kulit manggisKulit manggis bisa dikonsumsi dalam bentuk jus kulit manggis, air rebusan kulit manggis, bubuk kulit manggis maupun kapsul kulit manggis.

Begitupun kulit manggis ini bisa dikonsumsi dalm bentuk simplisia atau kulit manggis segar maupun dalam bentuk kulit manggis kering. Apapun pilihannya tergantung pada kesukaan masing-masing dan juga kondisi kesehatan maupun kondisi penyakitnya.

Pada contoh pengalaman pembaca blog ini mengkonsumsi kulit manggis tanpa campuran, namun herbalis Paulus yang juga seorang dokter menyarankan mengkonsumsi kulit manggis dicampur dengan herbal lain seperti keladi tikus, sambiloto dan mahkota dewa yang dikonsumsi 3 kali sehari @ satu gelas.

Yang perlu juga dilakukan kemudian adalah meninggalkan pola hidup lama. seperti merokok, begadang, minum minuman keras menjadi pola hidup sehat dengan menjaga keseimbangan antara pola makan, pola gerak dan pola istirahat.

Semoga bermanfaat, salam sehat

