“setelah minum jus kulit manggis, nyeri punggungku berkurang banyak” itu penggalan sms teman kuliahku mengenai manfaat kulit manggis yang mampu mengurangi kesakitan di punggung bawahnya karena syaraf kejepit.

“tapi sekarang sudah kuhentikan, habis mahal sich” nach itu lanjutan sms.nya.

Ya, memang jus kulit manggis siap konsumsi relatif masih mahal, baik buatan lokal maupun buatan luar negeri, apalagi kalau kita bandingkan dengan mengolah sendiri kulit manggis menjadi jus kulit manggis yang siap minum setiap saat.

Meski mahal, tapi lumayan worthed lhoo…mengingat pengobatan nyeri punggung bagian bawah kalau sudah harus operasi bisa menghabiskan biaya puluhan juta rupiah.

Beberapa manfaat kulit manggis berikut merupakan petikan dari artikel Trubus Oktober 2011.

Kulit manggis dan jantung koroner

Khasiat manggis mengatasi jantung koroner itu sejalan dengan riset Dachriyanus. Peneliti dari Jurusan Farmasi, Universitas Andalas, itu menunjukkan 30 mg ekstrak manggis per kg bobot tubuh mampu menurunkan 24,55% kadar kolesterol total darah mencit. Begitu Dachriyanus meningkatkan dosis menjadi 100 mg, kadar kolesterol turun 42,26%.

Menurut ahli jantung di Rumahsakit Omni, Pulomas, Jakarta Timur, dr Henry Pakpahan SpJP, penyumbatan pembuluh darah hingga 100% menyebabkan aliran darah yang mengangkut oksigen dari jantung ke organ tubuh terhambat. Akibatnya organ tubuh lain kekurangan oksigen sehingga terasa nyeri didada. Henry mengatakan penyumbatan itu akibat penumpukan lemak di arteri alias pembuluh darah jantung. Penyebabnya konsumsi makanan berlemak yang berlebihan.

Pengalaman George Leasa SH MH mantan dekan Fakultas Hukum Universitas Pattimura mengonsumsi jus kulit manggis 40 cc jus kulit manggis 3 kali sehari. Baru juga dua hari mengonsumsi, George merasa bugar. Napas tidak lagi tersengal-sengal dan nyeri di dada kiri juga hilang. Hasil pemeriksaan terakhir di sebuah rumahsakit di Surabaya pada 21 Agustus 2011 setelah mengkonsumsi jus kulit manggis sejak Mei 2011, menunjukkan penyumbatan pembuluh darah jantung bagian kiri berkurang menjadi 65% (semula 100%). Dua penyumbatan lain di jantung bagian kanan berkurang masing-masing 44% dan 45% (semula 70% dan 80%). Dokter menyarankan George agar rajin berolahraga dan menjaga pola makan. Mestinya ini senada dengan efek ke aliran darah menuju otak yang mengakibatkan stroke ya..

Kulit manggis dan kanker prostat

Kulit buah anggota famili Clusiaceae itu juga membantu kesembuhan Hardjono, pengidap kanker prostat pada 2010. Pensiunan pegawai negeri itu mengonsumsi 20 ml jus kulit manggis 2 kali sehari. Dua bulan kemudian, sakit mendera saat berkemih sirna. Ia kembali lancar berurine. Sayang, ia belum memeriksakan diri ke dokter. Jus kulit manggis yang membantu kesembuhan mereka-George dan Hardjono-memang banyak tersedia di pasaran.

Kulit manggis dan antikanker

Soal kulit manggis antikanker? Yukihiro Akao peneliti dari Institut Bioteknologi Gifu, Jepang, menyibak tabir itu. Menurut Akao alfamangostin berperan mengendalikan sel kanker dengan mekanisme apoptosis alias proses bunuh diri sel. Selain itu alfamangostin juga mengaktifkan sistem kekebalan tubuh dengan merangsang sel pembunuh alami yang bertugas membunuh sel kanker dan virus.

Menurut peneliti Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada, Dr Agung Endro Nugroho MSi Apt, manggis mengandung 50 senyawa xanthone. “Dari ke-50 senyawa itu yang paling banyak dilaporkan memiliki efek farmakologis adalah alfamangostin, gammamangostin, dan garsinon-E,” ujar Agung. Alfamangostin dan gammamangostin memiliki efek antioksidan.

“Alfamangostin dan garcinon-E menghambat proliferasi sel kanker dengan mengaktivasi enzim kaspase 3 & 9 yang memicu apoptosis atau program bunuh diri sel kanker,” ujar Agung. Pantas setahun belakangan kulit manggis menjadi buah bibir karena begitu hebatnya kandungan senyawa aktif itu. Akibatnya kian banyak yang memanfaatkan kulit manggis sebagai herbal. Selama ini kulit manggis di negeri produsen terbesar kedua itu kerap terbuang.

Ayooo kita manfaatkan kulit manggis untuk kesehatan kita.

About these ads