sop cekerBegitu banyak iklan susu yang mengedepankan kandungan omega 3 dan omega 6, bahkan suplemen makananpun menjamur. Tapi semua makanan yang diklaim mengandung omega 3 dan omega 6 pasti membuat kita merogoh kocek lebih dalam. Ya, kini semua orang sadar akan kesehatan dan membangun kecerdasan otak sejak masih anak-anak, peluang ini ditangkap oleh para produsen makanan dan minuman.

Tidak adakah makanan dengan kandungan lemak omega 3 dan juga omega 6 yang tidak membuat kita merogoh kantong lebih dalam lagi. Ternyata, makanan itu tersedia banyak disekitar kita bahkan harganya jauh sangat murah dibandingkan dengan yang makanan yang banyak diiklankan di media cetak maupun media elektronik. Apakah makanan itu? Jawabnya adalah ceker ayam. Koq bisa ya.

Dalam artikelnya tabloid senior mengungkap kandungan omega 3 dan omega 6 dari ceker ayam sebagai berikut:

Bukan hanya ikan laut, ceker ayam juga kaya akan omega-3. Kandungan omega-3 dan omega-6 dalam ceker ayam cukup tinggi, masing-masing 187 mg dan 2.571 mg per 100 gramnya.

Omega-3 dan omega-6 merupakan golongan asam lemak tak jenuh ganda yang sangat penting bagi kesehatan tubuh. Menurut Sizer & Whitney (2008), peran omega-3 dan omega-6 bagi tubuh adalah untuk: (1) pertumbuhan otak; (2) rileksasi pembuluh darah, sehingga dapat mengurangi tekanan darah; (3) mendukung atau membantu sistem imunitas tubuh.

Walaupun tidak mengandung daging, ceker ternyata merupakan bagian dari tubuh ayam yang paling gurih. Ceker ayam terdiri atas komponen kulit, tulang, otot, dan kolagen.

Komponen-komponen inilah yang menyebabkan ceker berasa gurih dan kenyal. Jika dimasak, ceker akan mengeluarkan kaldu yang lebih pekat dan kental dibandingkan dengan kaldu dari bagian tulang lainnya.

Selamat mengkonsumsi ceker ayamceker

 

About these ads