Gejala Penyakit Jantung

nyeri dadaSetahun lalu kolega kerjaku terkena serangan jantung pada saat mengendarai mobil, karena dipikirnya hanya sesak nafas biasa yang akan segera hilang kalau sudah diobati dan istirahat, maka alih-alih menuju rumah sakit tetapi beliau memutuskan pulang kerumah untuk beristirahat. Seampai dirumah beliau meminta pembantu rumah tangganya untuk membeli obat di warung. Karena rasa sakit tak juga hilang maka kemudian diputuskan untuk dibawa kerumah sakit, namun sayang Tuhan berkehendak lain, dalam perjalanan menuju rumah sakit yang hanya berjarak kurang lebih sepuluh menit beliau menghembuskan nafas yang terakhir. Baca lebih lanjut

Jagalah mata

azkaTidak kusadari bahwa pekerjaanku yang setiap hari menuntutku untuk memelototi layar komputer harus kubayar mahal dengan bertambahnya minus penglihatanku. Hanya dalam 2 tahun terakhir minusku berubah dari 1 menjadi 2 setelah kumulai berkacamata minus 1/4 sejak 15 tahun lalu. Baca lebih lanjut

Tindak preventif mencegah penyakit jantung

yogaAku masih sering terbayang kejadian/serangan jantung yang menimpa salah satu kolegaku saat sedang menyetir mobil. Apalagi saat aku menyadar bahwa tingkat kolesterolku berada pada ambang batas tinggi, aku menjadi merubah banyak gaya hidup, pola makan dan pola olahraga, karena aku tidak mau inden (istilah yang selalu kugunakan kalau berbicara tentang investasi sehat di depan kelas) penyakit jantung dan stroke karena kolesterolku yang diambang batas tinggi. Baca lebih lanjut

TBC versus Asma

senjaTanpa tanda-tanda yang jelas tiba-tiba suatu pagi aku batuk uhuk-uhuk yang lumayan kenceng, kupikir aku masuk angin, karena salah satu gejala kalau aku kena masuk angin adalah batuk, maka ketika tiga hari batukku tidak kunjung reda, kuambillah minyak gosok untuk kerokan dan kemudian kuoleskan didada agar terasa hangat sehingga malam itu aku bisa tidur nyenyak. Baca lebih lanjut